Tips Hidup Sehat ala @pelaricupu

Hidup Sehat?

Kayaknya kalimat yang sederhana, sepertinya mudah untuk dijalan, keliatannya simple… tapi apakah sebenarnya apa sih?

Saya bukan dokter, ahli gizi, ato atlit… Saya mencoba berbagi pengalaman saya, terutama 2 tahun terakhir ini, yang saya rasakan luar biasa manfaatnya pada diri saya. Dan saya rasa, saya perlu berbagi pengalaman ini kepada orang lain, dengan harapan, yang membaca dan mencontoh pengalaman saya ini, bisa merasakan manfaat yang sama, yang saya rasakan.

Baiklah… mari kita mulai ttg bagaimana saya menjalani hidup sehat…

1. Tidur yang Cukup dan Teratur
Hal yang paling sederhana, dan paling sulit dilakukan di era super sibuk saat ini adalah tidur yang cukup dan teratur.
Tidur yang cukup adalah jumlah jam tidur nyenyak (pulas) di malam hari tanpa terbangun2. Perhitungan tidur yang cukup utk dewasa adalah 7-9 jam. Apakah kamu sudah tidur nyenyak selama ini?
Tidur yang teratur adalah usahakan awali jam tidur itu sebelum jam 23.00 atau 11 malam.
Contoh: Jadi kalau kita ingin menjaga 7 jam tidur dan ingin bangun jam 5 pagi, artinya kita harus tidur dari jam 10 malam.
Pertimbangan dari 2 hal ini adalah secara biologis dan natural tubuh kita membutuhkan istirahat, dan metabolisme yg terbaik adalah terjadi pada waktu-waktu tersebut, tubuh melepaskan hormon-hormon yang berfungsi meregenerasikan sel-sel dalam tubuh kita.
Artikel referensi utk hal ini bisa dibaca di link ini:
http://www.amazine.co/39295/lama-waktu-tidur-malam-agar-metabolisme-tetap-normal/

Bagaimana dgn tidur siang? Ato ditambah tidur siang dgn total 7 jam?
Tidur siang memang bisa membantu menghilangkan kantuk dan membuat badan lebih segar, dan memang dibutuhkan secara wajib apabila kita kurang tidur atau habis begadang. Akan tetapi, tubuh secara biologis tetap menghasilkan hormon-hormon yang dapat menyembuhkan sel yang sakit itu hanya pada malam hari. Jadi selalu usahakan untuk tidur teratur dan cukup di malam hari ya!

2. Makan dan Minum yang Sehat dan Teratur
Perkembangan jaman sudah mengubah pola makan kita, dan makanan yang tersedia pun semakin beragam varian, banyak makanan instan yang bertujuan membuat hidup kita lebih praktis dalam kesibukan sehari2, tapi hal ini yg akhirnya membuat kita lupa, apa sih yg disebut dengan makanan / minuman sehat??
Makan dan Minum Sehat ala @pelaricupu:
* hindari makanan instant yang menggunakan pengawet atau bumbu penyedap
(contoh: indomie, bubur instan, taro, chiki, chitato, tango, dll)
* hindari makanan berkolesterol
* seimbangkan konsumsi sayur dan buah-buahan
* kurangi konsumsi gula dan garam
* minum air putih secukupnya
* sarapan itu perlu dan wajib!
* makanlah sblm lapar bgt, dan berhentilah makan sebelum kekenyangan
* usahakan makan paling terlambat sebelum jam 7 malam
* apabila gak sempat makan sblm jam 7 malam, perbanyak porsi protein dan kurangin porsi karbohidratnya, jika perlu makan protein saja.
* jangan menunda makan, usahakan disiplin pada jam makan, dan sesuaikan jam makan sesuai kebutuhan tubuh masing2
* ngemil itu tidak haram, yang penting ngemil lah yg sehat
* sesekali makan “enak” yg melanggar semua aturan makan sehat itu perlu! Tapi perlu diingat, harus dijaga porsinya agar tidak berlebihan. Dan jaga jarak antara makan “enak” pertama dan berikutnya, jangan berturut-turut makan enak, kalau bisa sih lebih dari 1-2 minggu jaraknya. Usahakan “bersihkan” tubuh segera dari makanan “enak” itu, dengan cara olahraga dan makan sayur + buah2an.

PS: Hindari bukan berarti tidak memakan sama sekali, tetapi kalau memang bisa menolaknya, usahakan untuk selalu menolak dan memilih yang lebih sehat. Kalau memang lapar dan tidak ada makanan lain, ya dimakanlah yg ada dl, tapi berusahalah untuk berjuang mencari alternatif yg sehat.

3. Olah Raga Teratur
Kalau makan, minum, dan tidur sudah sehat dan teratur… alangkah sempurna nya tubuh kita kalau diimbangi dengan olah raga yang teratur.
Fungsi olah raga secara umum dalam rangka hidup sehat ini adalah membantu proses metabolisme tubuh.
Contohnya?
Dengan berolahraga, dapat membantu kita mendapatkan tidur yang berkualitas. Stamina jauh lebih baik dibandingkan tidak berolahraga, artinya kita tidak mudah lelah dan lebih berenergik dalam beraktivitas sehari-hari.
Cadangan energi yang diperoleh dari makanan, bisa dibakar dgn berolahraga, nah kalo kita gak berolahraga, maka energi yg berlebih dari makanan yg dikonsumsi akan diubah menjadi lemak.
Kolesterol, gula darah, asam lemak relatif turun dibandingkan tidak berolahraga.
Jantung pun ikut lebih sehat.
Olahraga yang saya jalani saat ini adalah berlari. Lari tidak perlu cepat tetapi diperlukan durasi yang cukup dan disiplin agar rutin. Saran saya: usahakan lari atau jogging dengan pace 8′-12′ selama 40-60 menit, dgn frekuensi minimal 2x dalam seminggu.  Lakukan dengan rileks: melangkah dengan rileks, tidak perlu bertenaga, usahakan postur tubuh juga rileks dan bernafaslah dengan rileks, terutama fokus pada nafas yang nyaman.
Berdasarkan pengalaman saya, lari spt yg disebutkan di atas akan langsung terasa manfaatnya pada saat itu juga, dan menimbulkan rasa ingin mengulangnya lagi.
Mengapa lari?
* Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
* Tidak perlu alat.
* Cukup dengan sepatu yang nyaman, tidak perlu mahal, kalau perlu nyekerpun bisa.

 4. Perbanyak Waktu Bersama (yg berkualitas) dgn Keluarga
Hidup sehat akan lebih lengkap jika kita habiskan waktu kita lebih banyak bersama dengan keluarga, beraktivitas bersama, bercanda bersama, dan diskusi.
Aktivitas bersama ini bukan berarti semua orang berada di satu tempat yang sama dalam waktu cukup lama tetapi masing-masing sibuk dengan kegiatannya.
Lebih baik waktu yang singkat, tetapi semuanya “enjoy” beraktivitas bersama, seperti bareng-bareng merapihkan tempat tidur, diselingi dengan becandaan.
Yang paling penting dari kegiatan ini adalah semua orang tersenyum dan menikmatinya.

5. Perbanyak Senyum dan Berpikir Positif
Sudah disinggung sedikit di poin sebelumnya, mengenai senyum.
Selain tubuh yang sehat, tidak lengkap kalau tidak memiliki jiwa yang sehat.
Yang saya lakukan untuk mendapatkan jiwa yang sehat, saya selalu berusaha berpikir positif. Melihat segala sesuatu yang negatif atau buruk terjadi pada saya, sesungguhnya adalah hal positif, hal yang akan memperkaya hidup, segala sesuatu terjadi pasti atas ijin Allah, yang tentunya pasti ada maksud baiknya bagi diri kita.

Perbanyak senyum, karena senyum melepas hormon endorphin, hormon yang membuat rasa bahagia/senang, dan kalau kita sudah merasa bahagia, maka kita dapat berpikir dengan lebih jernih dan menyenangkan.

Silahkan dibuktikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s