Review #2 HTC Snap (GSM)

Kali ini ingin ngebahas HTC Snap berdasarkan pemakaian selama hampir 1 minggu …
Spek lengkap:
http://www.gsmarena.com/htc_snap-2770.php
htc-snap

Dikarenakan HTC Snap ini masih menggunakan Windows Mobile Standard (Smartphone) 6.1 dan fitur yang kurang lebih “standard” … yaitu: GPS, HSDPA, WiFi, Kamera … jadi fitur2 ini gak jauh beda dengan Samsung Blackjack atau Motorola Q series.

Spek yang benar2 dirasakan berbeda adalah Processor Snapdragon dari Qualcomm yang “katanya” didesign utk kecepatan tinggi dgn konsumsi power yg rendah utk mendapatkan waktu pemakaian/konsumsi batere yg lebih lama.

BATERE
Batere dari HTC Snap ini tidak bisa dibilang kecil karena berdasarkan GSMarena … kapasitas batere nya Li-Ion 1500 mAh. Dan hasil penggunaan dgn WiFi always on (dengan setting WiFi tidak mati jika dalam kondisi layar mati) dan aplikasi yg menyala adalah SEVEN (1 account email), Slick dengan YM, Opera (bukan Mini) membuka 1 page, PockeTwit … sangat tidak mengecewakan … kurang lebih 24 jam full menyala dan itu pun belum sampe mati total, tapi alert low bat mulai annoying …

Dari kondisi full bar indicator hingga turun 1 bar ini (total 3 bar) dirasakan sangat cepat sekitar 4-6 jam, sedangkan kondisi 2 bar ini terasa sangat lama bisa sampe 12-16 jam.

Sedangkan di hari yang lain, dicoba untuk menggunakan 2 jam GPS dengan GARMIN Mobile XT, plus GPRS 3G utk Slick YM saja … ini pun bisa 1 harian dalam kondisi tersisa 2 bar.

3 hari terakhir ini saya hanya sempat nge-charge tidak sampe full total tapi jika dilepas charger, indikator menunjukkan 3 bar dan ini hanya sesekali digunakan utk GPS dan Slick bbrp kali dan hanya sebentar … dan ini bisa bertahan sekitar 2,5 hari.

Berdasarkan pengalaman dengan Windows Mobile Standard seperti Samsung i600, i607, i617, dan Motorola Q9H … batere lifetime si HTC Snap ini memang mengagumkan …
Apalagi baru2 ini mencoba Samsung i780 dengan WiFi always on, terasa sangat boros … nyaris gak sampe 12 jam.

Dan waktu yg dibutuhkan utk ngecharge pun tidak lama … relatif sangat singkat (charging dgn AC power) … dgn waktu charging sekitar 15 menit, bisa menghasilkan pengisian hingga 2 bar yang mampu utk standby tanpa aktivitas berarti selama 8 jam.

PROSESOR
Sedangkan untuk performa si processornya sendiri … dengan banyak aplikasi berjalan berbarengan performa terasa masih cukup snappy … tidak terlalu banyak LAG. Aplikasi yang cukup membuat LAG adalah Garmin Mobile XT.
Secara umum, prosesor Snapdragon ini memuaskan terasa mampu menutupi “kelemahan” dari OS WinMo yang terkenal lambat dan boros resource.
Kasarnya … dengan SnapDragon … WinMo terasa se-snappy BlackBerry… Berlebihan ? Mungkin …😉

Untuk memutar multimedia dgn Media Player standard … HTC Snap paling unggul dibanding WinMo Standard yg pernah saya coba, biasanya nyetel mp4 ukuran gede di WinMo suara dan gambar gak sinkron dan patah2 … sedangkan di HTC Snap terasa sangat cepat dan halus.

ROM
Ada catatan tersendiri, beberapa aplikasi tampaknya tidak cukup stabil utk dijalankan cukup lama … contohnya Slick. Ini bisa saja disebabkan versi Slick terbaru atau mungkin hal lain. Bbrp kali HTC Snap ini nge-hang dan terpaksa cabut batere. Padahal waktu pake Blackjack ini agak2 jarang terjadi … tapi waktu pake Motorola Q9H dengan ROM asli (WM5) emang sering juga. Jadi kemungkinan besar semua problem ini disebabkan oleh ROM resmi yg masih buggy.

Bug lain yg ada di ROM resmi bawaan si HTC Snap adalah Internet Sharing nya, saya coba bbrp kali saat execute Internet Sharing, sistem nge-hang … dan title bar malah menunjukkan aplikasi Outlook, kl kita cek di Task Manager nampak ada process Internet Sharing, tetapi kl kita switch application kembali cuman tampilan sebelumnya dengan title bar Outlook. Kemungkinan problem ini bisa diperbaiki dengan meng-copy binary Internet Sharing dari Windows Mobile 6.1 Standard nya BlackJack atau lainnya.

KAMERA
Hasil jepret dari HTC Snap lumayan bagus, terutama utk di siang hari …
Secara umum kualitas kamera HTC Snap hampir sama dengan Samsung i780 tapi sedikit di bawahnya … sama2 gak ada Flash nya juga, dan hasil akhir dari i780 lebih tajam gambar dan warnanya.
Tetapi kelebihan dari HTC Snap adalah kualitas video yang dihasilkan tidak pake patah2 dan cukup jernih ;))

KEYBOARD
Setelah digunakan selama bbrp hari, memang tombol TAB yang berada di sisi kiri tombol huruf A sangat mengganggu … mencet A jadi Tab, mencet S jadi A dst … bener2 mengganggu ;))
Juga masalah penempatan Alt dan Shift yang biasanya Alt di bawah dan Shift di atas nya …. di HTC Snap ini dibalik, Shift nya di bawah Alt … cukup mengganggu saat harus mengetik cepat.
Untuk posisi karakter yang lain sih tidak ada masalah berarti biarpun kadang harus mencari letak simbol/karakter tertentu yg posisinya belum hafal.
Tetapi dari sisi kenyamanan fisik, tombol2nya sangat nyaman dan enak dipencet … betah juga utk lama2 dipencet2 …

GPS
GPS dari Samsung Blackjack 2, i780 dan si HTC Snap ini bisa dikatakan sama … kemampuan locking signal satelit hampir sama. Hanya saja di ROM bawaan i780 dan HTC Snap sudah dilengkapi dengan aplikasi extendedGPS yang dapat membantu mempercepat proses locking signal tersebut.
Setting nya pun tidak ribet, sama dengan setting di Blackjack dan i780.
Sayang aja Nav n Go iGo 8 tidak dapat berfungsi dengan baik di HTC Snap, krn didesign utk TouchScreen / WinMo Pro.

Sekian sepertinya review saya ttg HTC Snap … kesimpulan …
HTC Snap adalah produk paling unggul dibanding WinMo Standard yang ada di pasaran saat ini.
Jangan berharap lebih dari HTC Snap, krn kelebihan dia hanya lebih cepat dan irit batere saja, sisanya masih gitu2 aja karena dia masih pake WinMo Standard 6.1 :p

Untuk pecinta WinMo Standard … inilah henpon yang ditunggu2 … semua fitur ada dan performa juga OK!

7 Comments Add yours

  1. GPS Garmin says:

    Mas Bisa Install Garmin softwarenya dari mana yah, kok saya gagal terus install garmin ^_^ thanks mohon bantuannya😀

  2. Mulky says:

    CMIIW mas dicky, tapi bukannya Qualcomm Snapdragon (MSM8500) itu speed nya 1GHz? AFAIK yg resmi dah launch pake proc itu baru tsunagi (Toshiba TG01), selain upcoming HTC Leo sama Acer F1. kayanya HTC Snap masih pake proc default ‘langganan’ HTC, MSM72XX alias kelas 528MHz

  3. mulky says:

    http://www.htc.com/sea/product/snap/specification.html

    CMIIW mas dicky, kayanya Snapdragon (Qualcomm MSM 85XX @1GHz) sejauh ini baru dipake sama tsunagi (Toshiba TG01), selaen upcoming super power device laen HTC Leo sama Acer F1. sampe sejauh ini sih kayanya device HTC yg beredar masi biasa pake ‘good old’ (kalo ga bisa dibilang HTC pelit :p ) MSM 75XX/72XX @528MHz

    1. @mulky: sepertinya anda benar😀 agak sedikit terjebak dengan pemberitaan pre-release en sama2 prosesor qualcomm msm nya ;))

  4. mulky says:

    aduh maap banget diatas jadinya repost, net nya emang dudul dari kemaren, pls ignore ya .. (ini delete comment ga ada ya)

  5. frostnouva says:

    klo di bandingin ama nokia e71 gimana?
    khan e71 juga ada pembahasannya di blog ini.
    lebih prefer kemana ya ?

    1. @frostnouva: tergantung suka nokia ato winmo … sama2 full features

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s