Menjadikan BlackBerry sebagai Modem di PC/Laptop Windows

Untuk BlackBerry yang memiliki fitur 3G, apalagi sebentar lagi bakal ada BlackBerry Tour, maka fungsi BlackBerry sebagai modem akan menjadi lebih menarik.

PERINGATAN
Sebelumnya perlu diketahui, bahwa prosedur yang dilakukan ini akan dikenakan biaya GPRS normal, alias di luar biaya bulanan Blackberry yg sekitar 150rb itu.

Tahap2nya:
1. Install BlackBerry Desktop Manager ( utk Storm harus versi 4.7 )
2. Jalankan aplikasi BlackBerry Desktop Manager, dan jangan pernah ditutup selama proses ini
3. Konek BlackBerry dengan kabel data (usb) ke PC / laptop.
4. Tunggu hingga proses deteksi new hardware selesai, dan pastikan PIN BB muncul di Desktop Manager
5. Desktop Manager bisa di-minimize tapi tidak boleh ditutup
6. Buka Control Panel – Phone & Modem Options, nanti akan muncul modem baru yg namanya “Standard Modem” … klik Properties – Advanced
7. Lalu Masukkan kode seperti ini, di bagian Extra Initialization:
at+cgdcont=1,”IP”,”APN_Operator_KAMU”
Contoh utk telkomsel:
at+cgdcont=1,”IP”,”internet”
Untuk APN operator lain bisa cek ke situs resmi masing2 operator😉
8. Kemudian buatlah koneksi internet melalui:
Start -> Connect To -> Show all connections -> Create a new connection -> Next -> Connect To The Internet -> Set up my connection manually -> Connect using a dial-up modem -> pilih Standard Modem -> ganti nama jd BlackBerry Modem -> Phone Number *99# -> Username & Password sesuai setting masing2 operator.

Udah deh tinggal konek!😉

Contoh Setting utk Telkomsel:
apn: telkomsel
username: wap
password: wap123

Contoh Setting utk XL:
apn: http://www.xlgprs.net
username: xlgprs
password: proxl

Sisanya cari sendiri aja ya …

10 Comments Add yours

  1. kandria says:

    mas…great info..
    sy punya masalah di javelin sy..sy sedang online dengan menggunakan speedy..sambil browsing sy kemudian mencolokkan BB sy ke laptop yg sedang berada dlm kondisi online..dengan maksud memasukkan beberapa file..lalu setelah bb saya cabut..browser kemuadian agak bermasalah dengan muncul tulisan ‘http error 401’..lalu setiap browsing atau chatting..pulsa sy tersedot seperti menggunakan option WAP telkomsel..sy bingung..thanks bos!

    1. @kandria: coba restart bb nya … trus coba register ulang host routing table nya …

  2. iyan says:

    Trim’s utk sharing soal biaya GPRS-nya, aku kirain kl udah bayar 150rb perbulan bisa internetan unlimited termasuk utk digunakan sbg modem di PC.

  3. jae says:

    ah pler!

  4. iche says:

    thank’s y bg ata informsiny !!!
    aq pengen nanya ni bg.
    aq pny hp BlackBerry 8320.
    tp buat akses internetan itu ngk bsa
    kan sekrng lg zmnny FB

    1. @iche: udah langganan layanan bb nya ? (BIS)

  5. mellisa rolys says:

    harus download bb pc suite ya ?
    susah amt kirim data ke laptop lwt bb

  6. madison says:

    Mas, kalo pake APN operator bukannya ntar kena pulsa GPRS ya? Kalo mau pake BB sbagai modem,tapi ga kena pulsa GPRS gmana? APN-nya pake APN blackberry.net ya? THX.

    1. @madison: gak bisa … baca lagi rules nya BIS …

  7. syahrum says:

    informasi nya bagus bro,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s