Blackberry – Beda PIN nyangkut ama PIN Suspend ?

April 5, 2009

Beda PIN nyangkut ama PIN suspend ?
Bahaya yg mana ?

Yang perlu diingat …. 2 kondisi ini beda jauh …
yang harus diperhatikan terutama itu adalah PIN Suspend!

Kita flash-back dulu …
Apa sih PIN itu ?
* PIN di BB itu adalah penanda unik yang membedakan BB milik kita dengan BB milik orang lain.
* PIN itu hampir sama kayak IMEI …
* PIN itu hampir sama kayak YM id … bisa dipake utk ngobrol dengan PIN BB yg lain

Buat apa sih PIN itu ?
* PIN dan IMEI BB adalah sama seperti “Username” dan “Password” kita untuk LOGIN atau CONNECT …
* LOGIN / CONNECT ke mana ? Ke “blackberry.net” alias ke RIM … servernya Blackberry … yang kita bayar harian / mingguan / bulanan … yang bisa gratis internetan itu tuh …
* Kl bisa LOGIN / CONNECT … maka tulisan di BB bukan “GSM / gprs kecil / edge kecil” …. tapi “GPRS / EDGE”
Nah kl yg udah 3G sih … ada tulisan 3G + logo BB … kl cuman 3G doank tanpa logo BB, itu belum konek jg.
* Untuk berinternet dari BB saja (browsing, chatting), PIN “tidak perlu” didaftarkan ke [[operator]].blackberry.com ….
* Pendaftaran PIN + IMEI ke [[operator]].blackberry.com itu untuk PUSHMAIL saja …

Nah sekarang apa sih, efek nya:
1. PIN NYANGKUT … artinya PIN dan IMEI masih terdaftar di [[operator]].blackberry.com …
Artinya ?
* PIN en IMEI masih terdaftar atas nama pemilik sebelumnya
* BB masih bisa nginternet … Browsing, chatting … en kadang terima email dari pemilik sebelumnya.
Lalu ?
* Ya kl gak butuh PUSHMAIL nya sih, ya cuekin aja ;))
* PIN nyangkut ini, bisa minta tolong ke Customer Service Operator yang kita gunakan untuk dibantu proses “PELEPASAN” PIN … atau istilahnya “PIN RELEASE”

Cara ngecek PIN sudah RELEASE atau belum ?
* Masukkan SIM card yg udah aktif layanan BB nya
* Buka [[operator]].blackberry.com dari BB/PC atau pilih icon “Email Settings” di BB
* Pilih “Create New Account”
* Lalu Masukkan PIN dan IMEI
* Kl sudah RILIS, nanti akan masuk ke menu … tp kl belum RILIS, akan muncul popup kayak gini …
picture-2

2. PIN SUSPEND … artinya kita gak bisa LOGIN / CONNECT ke “blackberry.net” … alias gak bisa nginternet dengan langganan harian/mingguan/bulanan Blackberry …
* BB msh bisa buat nginternet, tapi kayak henpon biasa … kena tarif GPRS
Caranya: Setting di “Options – Advanced Options – TCP” … nah tinggal masukin APN – Username – Password sesuai Operator masing2
* BB msh bisa buat nelpon or SMS …

Apa sih Penyebab PIN Suspend ?
1. BB diketahui diperdagangkan secara “ilegal”
2. BB dilaporkan sebagai barang curian … biasanya pemilik sebelumnya laporan kl BBnya hilang/kecurian.
3. alasan lain yang dianggap oleh RIM emang perlu utk me-suspend PIN

Cara ngecek PIN SUSPEND ato gak ?
* Masukkan SIM card yg udah aktif layanan BB nya
* Buka [[operator]].blackberry.com dari BB/PC atau pilih icon “Email Settings” di BB
* Pilih “Create New Account”
* Lalu Masukkan PIN dan IMEI
* Kl sudah AMAN, nanti akan masuk ke menu … tp kl SUSPEND, bakal muncul pop yg berkata kurang lebih “PIN is Suspended” …. sorry belum bisa bikin screenshot nya …

Solusinya ?
* Jangan beli yg PIN SUSPEND !!!
* Kl mau beli, pastikan ada garansi PIN nya gak SUSPEND, atau bisa tukar kl sampe PIN nya ternyata SUSPEND
* PIN Suspend cuman bisa dibuka langsung dari RIM, jadi silahkan coba kontak lsg si RIM
* Jangan kontak Customer Service Operator … karena gak ada guna nya … mending marah2 ama yg jualan
* Jangan pernah lakukan solusi “ilegal” untuk memperbaiki PIN Suspend … karena bisa merugikan BB milik orang lain, dan ini juga gak jaminan solusi permanen … karena bakalan di-SUSPEND lagi ama RIM nya, begitu ketauan.

195 Responses to “Blackberry – Beda PIN nyangkut ama PIN Suspend ?”

  1. Dian P Says:

    mas,, kalo tulisannya ky gini:

    “Invalid PIN or IMEI format: please retype your PIN and IMEI. The information you provide is incorrect.

    Please try again.”

    gitu gmn mas??
    itu suspend ato nyangkut,,
    mohon bantuannya mass,…


    • mungkin salah ketik PIN ama IMEI nya …

      • Ramdhan PAscal Says:

        mas saya juga mengalami hal yg di atas PIN ama imei udah betul banget saya ketik, tapi mucul nya terus seperti yg di atas …. dan sampai sekarang BB saya ga bisa di Pake BBMan mohon pencerahan nya Gan saya newbie

        THX

  2. akbar Says:

    Mas Dicky,

    Do you know what is BB Storm pin = null ?
    Is BB 9530 compatible for GSM & CDMA network?
    Do you have any info about how to unlock BB here in Indonesia? and then cost estimated?
    Thank you


  3. Salam kenal buat Mas Dicky,saya mau tanya bagaimana caranya memperbaiki PIN yang
    SUSPEND,dan harus diperbaiki kembali dengan menggunakan Progaram apa? dan bagaimana cara memperbaiki dan menggunakannya.Sekedar Informasi disalah satu Mall di Jakarta,sudah ada yang dapat mengkalkulasi Imei dan merebuild PIN Yang SUSPEND,serta dapat merubah IMEI pada Handphone Blackberry type apa saja.PIN yang SUSPEND tersebut dapat dibuat kembali, dan dapat diterima diserver Blackberry.Terima Kasih,Jujur saja saya buta tentang Handphone Blackbery.

  4. andy Says:

    Saya mendapatkan sebuah BB 8900 dari hadiah sebuah bank dan tertera BB8900 TELKOMSEL

    saya baru pertama kali menggunkan BB dan SIM belum perah terdaftar
    setelah saya coba masukan SIM saya(kebetulan menggunakan Provider TELKOMSEL)
    saya mengalamin sedikit masalah.
    Saya dapat menerima dan mengirim SMS dan dapat melakukan panggilan keluar
    Masalah yang saya alami BB saya tidak dapat menerima panggilan(seolah oleh sibuk/dialihkan)

    mohon penjelasannya
    terima kasih


    • coba cek …
      1. teken tombol dial (telpon ijo)
      2. klik menu (logo bb)
      3. pilih options
      4. cek call barring ama call forwarding

      kl tetep bingung jg, coba call aja CS nya telkomsel

  5. herry Says:

    Mas dicky, klo sudah berhasil daftar email di email setting, sudah bs bikin user name and pswdd di email setting, apa sudah aman pinx? Sy blm pernah dari creat new acc. Thanx

  6. Johnny Says:

    Mas Dicky mau nanya nih.. Sewaktu saya beli 8320 seken saya masukin kartu yang udah didaftar lalu di handphone saya masuk menu Email setting langsung muncul menu utk isi Email dan password dan bisa diisi, tidak ada disuruh daftar pin dan imei.. Apakah BB saya ini normal/aman..
    Thanks..

  7. aan Says:

    mas dicky,
    mau nanya nih….
    BB saya sekarang dah bisa buat internetan.Kebetulan saya pake langganan indosat yang bulanan.terus saya juga udah dapet alamat email dengan menggunakan XXX@indosat.blackberry.com.
    apakah itu artinya BB saya sudah aman dari penjelasan mas dicky soal “PIN NYANGKUT” & “PIN SUSPEND”.
    Thank’s….

  8. johnny Says:

    Mas dicky. Mau nanya lagi nih. Saya pernah dengar cerita/rumor dari teman ada BB yang hanya bisa connect rim untuk 14hari aja. Udah itu tak bisa lagi.
    Gimana tanggapannya Mas Dicky benar nggak?? Teman2 ada yang pernah alami enggak yach??
    Ngeri juga sih… Enak2 terima email tiba2 putus hubungan.He….he…

    Ditunggu masukan2 dari Mas Dicky n teman2.

  9. aydi Says:

    mas dicky mau tanya ya? saya baru beli bb 8310 second, semuanya lancar, tapi selalu ada email nyasar, udah di wipe sekalipun. mohon saran nya ya mas?

  10. andi rachman Says:

    mas dicky, numpang nanya

    kok di blekberi saya sering masuk email nyasar yah???

    walopun udh di wipe, tp msh dateng aja tuh email nyasar

    thanks


    • kemungkinan registrasi account yg lama masih “nyangkut” di database nya RIM … bukan PIN nyangkut ya …
      emang sering kejadian kayak gini … belum pernah coba ngoprek sih … tp kl ketemu, bakal dishare di sini ;)

      • Siti Badriyah Says:

        Saya punya permasalahan sama Mas..ada email nyasar untuk freddy.cafc@hotmail.co.uk isinya ga penting..bilang telah merubah password email google. ada sapaan sperti spam ke freddy juga masuk ke twitter saya. Tapi semua email dan tweet notifikasi hanya ada di bb. Kalau saya buka email di laptop tidak ada. Padahal bb saya baru.
        kenapa ya?
        mungkin bisa bantu.
        makasih..

  11. WILLIAM Says:

    alooo mas dicky,

    hp sy BB bold..
    sudah 3 hari operator saya co mintain tolong tapi ga da efek ma sekali..
    jadi keluhannya pada IMEI sama PIN ga bis log in trus di blackberry internet servicenya,
    mungkin ga kesalahan pada HPnya, yg da ke daftar PIN sama IMEInya..

    thx bgt yaaaaaaaaa

  12. mario Says:

    tlg tanya mas Dicky, kl logo gprs huruf kecil, apakah sdh pasti PIN SUSPEND ?
    soal nya kl di cek di xl.blackberry.com kluar nya “Cannot create account:

    An account already exists for this BlackBerry® device. Please log in or contact vodaid
    at 0062-21-579 59 818 or customerservice@xl.co.id. ”

    terima kasih

  13. gita Says:

    pagi mas… mau nayak neh, aku baru beli BB 9000 Bold seken,trus aku daftarin ke indosat IM3 untuk langganan yang 1 bulan, sudah berhasil, nah masalahnya sinyal di BB ku masih gprs kecil dan pada saat CS nya mau create account selalu ga bisa,trus dia coba pindahkan kartu ku ke BB nya indosat, muncul tu sinyal GPRS huruf besar.. jadi apa yang salah ya mas… saya posisi di palembang dan mungkin masih banyak counter yang kurang paham dengan BB di sini, jadi waktu aku bawa ke counter BB nya lg, mereka juga ga bisa kasih solusi… apa mungkin PIN nya masih nyangkut? gimana cara ngeceknya? tolong aku ya mas… bingung neh… terimakasih sebelumnya… :)

  14. octarendra Says:

    Cannot create account:

    This BlackBerry® device is registered with a different carrier. Please register this
    device and verify that URL of the current website matches the one provided by your
    carrier.

    To register:

    1. In the Application list on your device, click Options, or click Settings Options.

    2. Click Advanced Options > Host Routing Table.

    3. Click the Menu key and click Register Now.
    gmana tu boss mohon pencerahan

  15. firdaus.b Says:

    Mas, klo tuk laporin bb yg ilang supaya diblok kemana ya? Mang bsa blok pin?

  16. konco Says:

    Mas dicky…
    salam kenal,

    awal kata, kemarin BB saya kecurian (8310 pake XL pascabayar)
    saya sudah call XL center untuk blokir nomer

    dan hari ini saya sudah dapatkan SIM card baru dengan nomer lama

    yang jadi pertanyaan saya, apakah BB saya yang dicuri PINnya suspend?

    info dari XL center adalah IYA,
    karena PIN di lock ke nomer saya dan nomer itu telah di blokir

    pertanyaan berikutnya, apabila saya beli BB lagi dan saya masukkan SIM card saya, apakah nomer XL saya bisa dipakai di BB baru yang notabene PIN baru?

    mohon pencerahannya. atas bantuannya banyak terima kasih

  17. Andy Says:

    mas dicky mau tanya, boleh ga tau gimana caranya nge reset angka2 di it policy, makasih atas data2nya, saya sangat terbantu oleh websitenya, thanks

  18. rudy Says:

    mas, saya barusan beli BB 8310, tapi masi terdaftar email orang yg lama, cara ganti email gimana ya? mau saya ganti email saya. dan kalo pin bisa dirubah juga? terima kasih sebelumnya. MAJU TERUS!

  19. Andy Says:

    ada temen saya beli bb, katanya baru tp dicurigai 14 days, di check pakai buyr emang si datanya 0, saya curiga apakah bisa di reset, kata teman saya tidak mungkin dan tidak bisa, apakah mungkin di set, tq

  20. mario Says:

    saya mau tanya apakah apabila saya beli bb di galeri indosat , lalu saya ganti sim card nya dengan operator lain seperti telkomsel akan hilang garansi nya ????

    terima kasih pak.


    • biasanya beli bb di indosat, dikunci khusus utk indosat aja … ganti kartu gak ngilangin garansi … tp kl diunlock supaya bisa operator laen, itu ngilangin garansi

  21. mario Says:

    malam pak, sekali lagi saya mau menanyakan , bagaimanakah caranya apabila saya suka mendownload applikasi banyak, akan tetapi dapat di save di memory card bukan device ( karena setahu saya apabila memory device penuh secara otomatis akan menjadi lambat semuanya apabila di HP biasa)

    terima kasih sekali lagi pak dicky.

  22. rgs Says:

    mohon petunjuk, saya memasang password pada BB 8230, yang untuk unlock harus dibuka dengan pasword baru bb itu terbuka. Ternyata saya lupa pasword ini, dan hampir 9 kali coba, tinggal 1 kali lagi salah mungkin berakhir masa nyobanya. Pertanyaannya, bagaimana saya menyelamatkan / mereset ulang password untuk unlock ini? karena menurut indosat lupa password ini pada handset bukan pada jaringannya. Mohon petunjuk untuk penyelamatan lupa pasword unlock yah… Terima kasih.


    • 10x salah … BB bakal ke-reset seperti baru beli …
      siapin aja PUK nya … kadang dia minta PUK kl 10x salah … ato cabut dulu aja simcard nya sebelum melakukan salah yg ke 10

  23. winta Says:

    pak dicky,numpang tanya..kalo pin nya belum di release sm yg jualnya apakah ada solusi lain selain meminta pemilik lamanya utk me-release pin?krn sy perlu utk pushemail, hnya pinnya nyangkut..

  24. aluce Says:

    Mas dicky
    Saya uwd pk BB bebrpa bulan
    Dan smuanya lncar dngan sim card XL
    Nah,sy pngen nanya ne,bisa g BBq simcardnya aq ganti
    Coz pernah aq coba g bisa
    Jaringanx g muncul meski sama2 xl. Thanks….

  25. andika Says:

    Pagi mas diky
    Saya beli bb baru sekitar seminggu lalu,saya beli 2nd selama ini gak ada masalah dgn bis nya tp yang saya takutin pin ya suspend.kira2 bisa terjadi gak nya hal tersebut..sya beli dus biru putih..

  26. dhika Says:

    malam mas
    saya bru beli bb curve 1 minggu yang lalu,semuanya lancar2 saja,tetapi yang saya takutkan pin menjadi suspend,,,kira2 bisa terjadi gak mas,,,imei dgn pin sama dgn body dan dus,,,,saya harap tidak terjadi karna saya gak punya duit untuk ganti bb lg,apakah sebaiknya di jual,,,trima kasih,.,.,.mohon pencerahaannya>

  27. dhika Says:

    cara cek pin itu suspend atau tidak,bagaimana?

  28. Robertus Yunarso Says:

    Mas, kontak RIM buat buka PIN Suspended gmn caranya? sptnya saya kena PIN Suspended, pdhl smpat aktif 3 bulan

  29. zudan Says:

    mas,, kalo tulisannya ky gini:

    “Invalid PIN or IMEI format: please retype your PIN and IMEI. The information you provide is incorrect.

    Please try again.”
    itu udah sama dengan yang ada di BB.
    terus klo setelah login ke BIS muncul permintaan untuk memasukan IMEI dan PIN, terus keluar keterangan you have provided could not be verified.please re-type your information.

    bgmana menurut mas??

  30. zudan Says:

    “Invalid PIN or IMEI format: please retype your PIN and IMEI. The information you provide is incorrect.

    Please try again.”(PIN dan IMEI sudah sama dg yg didaftarkan)

    mohon solusinya?

  31. zudan Says:

    sudah di Wipe Handheld tp GPRS yg tdinya besar sekarang malah kecil.

    sebulan kemarin saya sudah gunakan layanan Telkomsel BB, memasuki bulan kedua pulsa tidak cukup. selang seminggu saya baru aktifin kembali udah dipot 180, yang timbul msalah tersebut.

    saya udah ke Graphari, tp CSnya malah nyalahin BB saya beli BM.udah dibuatin laporan tapi udah hampir 2 minggu tetap sama saja.
    mohon pendapatya lagi??

  32. Handy Says:

    Mas, tolong tanya sedikit.
    Saya beli bb dari reseller (distro) – SARINDO.
    Saat saya daftar PIN dan IMEI di http//isat.bb.com ternyata ada tulisan “an account has been registered in another carrier”.
    Trus besoknya, saya ke CS isat dan bisa dibantu setting sampai semua fungsi normal.
    Tapi yang sedikit mengganjal, CS ini mencatat IMEI dan PIN saya dikompie -nya.

    Mengingat banyak kasus PIN kloning, apa mungkin data saya disalah gunakan.

    Thanks sebelumnya

  33. riko Says:

    salam kenal bwat mas dicky……
    saya baru membelo bb 8320.
    saya masuk menu status, kmdn saya pencet BUYR,kok pada data usage tercantum “IT POLICY ENABLED”ada apa dgn bb saya?
    pdhl pnya temen saya keluar exceeded 60minutes….apakah bb saya suspend….
    mohon penjelasannya…….trims

  34. joe Says:

    mas aku br beli BB, di BB aku blm ada tulisan gprsnya masih GSM bagaimana caranya biar GSMnya terganti gprs dan gprsnya menjadi KAPITAL. bisa kasih pencerahannya???

  35. sammy Says:

    mas dicky salam kenal…
    copy paste tulisan mas dicky ke forum lain boleh gak ? masalahnya agar pembaca lain tau asal usul blackberry yg suspended….

  36. ponkan Says:

    Mas Dicky terima kasih untuk tulisannya, sangat membantu saya yang belum pernah pakai bb.

  37. Rolian Says:

    mas,,aq newbie nih make bb.. kemaren bru beli bb 8310, ga da garansi.. tapi q liat di satusnya semuanya unlock, tapi pas waktu daftar layanan bb telkomsel dah di reply bahwa layanan udah aktif n please restart your device katanya.. pas udah direstart ternyata logo gprs nya ga berubah “GPRS” padahal plsa udah d potong 180rb..
    kenapa yagh mas ?? apakah bb aq suspend ?

  38. iza Says:

    mas dicky gmn sih caranya buka suspend pada blackberry?

  39. hanif Says:

    mas dicky temen saya punya bb 8320 yang saya tau sepetinya bbnya hsil kloningan sudah sebulan pake
    yg notabene GPRS/EGDE, BIS aktif, bbm aktif. email lancar.

    masalahnya sewaktu saya login ke XXX.blackberry.com
    hasilnya seperti

    Type the PIN and IMEI for the device you wish to use.
    Device PIN:
    Device IMEI:

    temen saya sudah ada acc xxx@xxx.blackberry.com (lha kok ditanya lagi pin nya) yah saya masukin pin n imeinya lagi klik ok

    hasilnya

    error
    An error has occurred while processing your last request.We are temporarily having difficulty accessing your email account.You may access another email account or try again at a later time.

    saya kira server down tetapi saya coba dgn account saya walhasil bisa login!!

    yang saya mau tanya ini tanda2 apakah ini?suspend kah??
    bagai mana menurut Mas dicky?
    terima kasih mas

  40. Sahferi Says:

    Mas Dicky!
    kemaren saya beli BB 8310, pertamanay saya aktifin XL blackberry on nya, setelah itu td aktif lagi karna pulsanya tdk mencukupi dan saya tidak mau langanan. yang saya ingin tanyakan bagai mana mengaktifkan GPRS selain XL blackberry on. tolong langkah2 apa saja yg saya lakukan.
    Terimakasih mas dicky. atas informasinya

  41. errik nugraha Says:

    mas dicky,bb curve 8310 sy hilang tapi nomor hp bisa selamat krn sy laporkan ke xl,lalu sy beli BB Bold dgn nomor yg sama ketika sy pake curve,tapi kenapa ketika sy ingin create email account di menu setup wizard,di email setup hanya ada setting untuk blackberry enterprise setup alias tidak ada (blackberry internet service) ‘BIS’ nya,,apa yg hrs sy lakukan..?

  42. said badjeber Says:

    salam kenal mas, sy baru beli BB curve 8900 bergaransi.. selanjutnya saya install CD ke CPU, begitu sy konekkan BB saya, di mintakan pasword.. sy salah memasukkan password… terus di hp BB saya tertulis reload softwere… sampai sekarng ngga bisa di aktifkan lagi.. giman kira2 solusinya.. mohon bantuanya mas..

  43. endy Says:

    kenapa tiba² perangkat BB ku mati padahal belum nyape 1 minngu aku pake, pas di carge lampu led nya gk hidup.,

    trus apa pengaruh otomatis hidup/mati pada perangkat BB

    trims., butuh bgt jawabannya.,

  44. Juna Says:

    pagi mas,
    maaf mo nanya,
    klo mau ganti no.hp BB yang lama dgn baru masih satu provider yg sama yaitu telkomsel apalah pin BB nya perlu direlease ??

  45. rully Says:

    bro.. saya pake 8120 pearl, punya sedikit masalah..

    saya udah mengikuti semua tutor bro, malah sudah upgrade OS, sudah wipe pake JL comander, tapi pas masuk email setting, tidak ada pilihan “create new account”

    hanya ada 2 pilihan yaitu use work email atau personal..

    itu kenapa ya bro???

    mohon bantuanya

    mynameisrhoel@yahoo.com

    thanks

  46. yudhie Says:

    Mas dicky…..

    sebelumnya sy pake BB 8310, XL one harian, sudah jlan 3 bln, trus kena suspend….
    akhirnya sy ganti BB Bold, sy register, device change, dan OK.
    apakah jika ada pengguna PIN dan IMEI suspend sy tsb bisa lihat account email sy yg sekarang, mengingat account tsb dulunya dipake oleh PIN dan IMAI sy yg suspend……
    thanks mas….sukses sll…

  47. Beny Says:

    Mas, Mohon tanya..Saya pengguna BB telkomsel namun saya lupa Username dan Password nya>> Gimana cara dapatkan nya kembali ya ?

  48. michelle Says:

    boss mao nanya, gue baru beli bb, di kardus tulisannya angka2 gt sama trakhirnya f4 gitu misalkan, trus di dalemnya angka2nya smua sama kecuali akhirnya jadi f2, statusnya jg f2, nah itu knp y bos? trus jg.. denger2 kalo yg huruf abjadnya cuma 1, biasanya pinnya ga beres, bner ga?? :) thanks!


    • wah tanda tanya tuh ama penjual …
      trus soal huruf abjad … ga ada tuh aturan gitu :))
      yg jelas … pd umumnya pin bb yg “terkini” … itu berawalan 2xxx ato 3xxx
      berisi 8 karakter, yg terdiri dari 4 suku hexa … yg nilainya dari 00 sampe dengan FF … tau kan hexa desimal ?

  49. fahmi Says:

    BB saya bermaslah web browser,email setting semua layanan BIS hilang,tapi BB messenger masih bisa,YM bisa tulisan GPRS juga huruf besar,tp layanan internet service BBnya gak bisa mas,jd yang aktif WAP nya,padahal saya udah langganan,kenapa ya bro,gimana cara memperbaikinya?bisa gak di benerin?thanks


    • coba ke options – adv options – host routing table – klik menu pilih register now …
      coba ke web nya [[operator]].blackberry.com … trus pilih service book … klik send service book —> bisa dari icon email settings di bb

      kl perlu lakukan wipe handheld, dan ulangin proses di atas …
      msh problem jg ? mending ke gerai terdekat …

  50. tiara Says:

    mas, mohon tanya..
    BB jav saya dicuri orang, kartu XL dah diblokir n sudah diganti kartu baru dengan no sama.
    tapi baru 1hari bisa push email tiba2 mati (ga bisa konek internet lagi). email sy ternyata di hack n smp sekarang ga bisa konek internet lagi, padahal kata operator XL no nya dah aktif..
    tapi kenapa ya, ga bisa komunikasi lwt BB messenger. temen2 sy ga bisa add pin saya.. kalau sy yang add koq pending mlulu. apa mendingan sy ganti no xlnya atau gimana ya?
    terus terang sy blm terlalu paham ttg BB ini, tolong dong mas.. thanks before..


    • maksudnya skrg beli bb baru lg ?
      lakukan wipe handheld (data ilang semua di bb), trus setelah selesai … masuk ke options – adv options – host routing table – klik menu – pilih register now

      kl emagn masih bermasalah, kemungkinan besar jaringan operator nya yg lambat di area sana

  51. SAMMY Says:

    salam kenal mas dicky, saya mengalami masalah yg sama dengan OCTARENDRA diatas

    waktu masuk ke xl.blackberry.com trus coba register muncul ky gini:

    Cannot create account:

    This BlackBerry® device is registered with a different carrier. Please register this
    device and verify that URL of the current website matches the one provided by your
    carrier.

    To register:

    1. In the Application list on your device, click Options, or click Settings Options.

    2. Click Advanced Options > Host Routing Table.

    3. Click the Menu key and click Register Now.

    heheheh..ini berarti pin nyangkut kan ya? lalu kalau mau direlease sy msti kemana? ke XL nya atau ke orang yg bisa release pin (kan skrg banyak tu jasa release pin – tapi bayar hix)

    nah kalo ke XL bayar ga ya? trus ini kan BM (BB 8820 versi Orange) apa ngga apa2 tu? trims sblmnya,

    trus klo mas dicky ga keberatan, mohon di email juga jawabannya ke saya…makasih banyak sebelumnya :D sukses terus mas dicky


    • komplain ama yg jual bb nya ato pemilik bb sebelumnya, minta dirilisin …

      sorry gak bisa jelasin cara rilis pin sendiri, krn bisa disalahgunakan … termasuk toko2 yg jualan jasa.
      harusnya gak bayar …

  52. ekho Says:

    Mas Dicky, saya mau tanya. kebetulan saya menggunakan krt Simpati. pada saat login ke Telkomsel.blackberry.com saya lupa user namenya. Gimana solusinya. Thanks

  53. Juna Says:

    Pagi mas,
    mau tanya…
    klo saya pingin ganti operator dari telkomsel ke xl misalnya….
    setelah pin lama dirilis apakah pin dan no.imei BB yg ada didus batere & dus masih tetap sama?
    atau nanti apakah dapet pin & imei baru?? klo dapet baru gmn ntar layanan purna jualnya ya… soalnya ada info katanya ntar pin berubah jadi ga sesuai ama batere n dus….
    mohon pencerahannya… thx…

  54. Ando Says:

    Mas Dicky,
    Saya ada rencana mau ke Singapore, saya sudah tau cara2 ngecek Unlocked atau tidak. Klo untuk ngecek PIN Suspend atau tidak gamana yah? Saya berencana pake XL, apakah nanti bisa langsung di cek PIN-nya dsana? Karena klo dr sana saya khan gak bisa masukin SIM XL dan ke xl.blackberry.com

    Kira-kira harus gmana yah?

    Terima Kasih

  55. chicco Says:

    cr wipe handheld gmn yah???thnks

  56. deki Says:

    aswb..mas dicky…Pin saya nyangkut…@asa (elkomsel.blackberry.com….bisakah saya realease tapi simcardsimpati saya udah BB of…?? Trims mas

  57. Ridwan Says:

    Mas Dicky tlg bantuin ya..
    Sy beli bb 8320 BM, trus waktu sy mau cek kondisinya saya masukin simcard Im3 (untuk sementara)dan tidak melakukan registrasi. esoknya saya lgs langganan axis, tp setelah registrasi axis sy hanya bisa pakai utk telp, sms dan BB messenger, yg lain tidak bisa termasuk browsing. knp ya? apakah pin nya bermasalah? Thx be4


    • @ridwan: kl udah bisa BBM berarti udah bebas masalah … kl cuman salah satu service aja … biasanya problem service book …
      coba ke options – adv options – host routing table – register now

  58. Yudi Chandra Says:

    Mas, apabila di BB saya muncul kata2 seperti ini :
    Error!
    Your account has been suspended
    please contact the system administrator

    Mohon pencerahan.
    thanks Yudi-081 737 9111

  59. irvan Says:

    Saya mau nanya saya baru beli bb 8310.. dan saya cuman bisa pake xl, klo saya pake yang lain, bisa tapi menu browsernya tidak kluar,, lalu, saya coba masukan imei ma pin katanya invalid .. itu kenapa ya>?

  60. yanen Says:

    Mas dicky kalau balasannya seperti ini knp ya mas? Padahal sy sdh benar memasukan angka2nya mas.

    Invalid PIN or IMEI format:

    Please retype your PIN and IMEI. The information you provided is incorrect.

    Please try again.

  61. Erik Says:

    Dear Mas Dicky yang baik hati,
    Wah rame juga diskusinya. :-)

    Banyak terima kasih sudah memberikan pencerahan bagi kami Mas. Salut.

    Saya mau nanya, nih.
    (sebenarnya hal ini sudah ditanyakan oleh Juna pada 1 Juli yl, tapi kelihatannya belum terjawab, soalnya yang ditanya banyak :-)).

    Begini Mas Dicky, saya berencana mau menukar kartu dari XL ke Indosat.
    Apakah saya perlu me-release PIN, masalahnya khan e-mail, YM, FB dll., semuanya masih tetap sama (yaitu milik saya sendiri).

    Kata CS Indosatnya sich, perlu di release dulu. Koq repot begitu yha?

    Kira-kira apa yang terjadi kalau TIDAK ditukar APNnya dari XL ke Indosat? Apakah akan ada kesulitan jika menambah account lain?

    Atas perhatian dan jawaban dari Mas Dicky diucapkan banyak terima kasih.

    Salam,
    Erik

  62. k0al4 Says:

    Dear Bung Dicky, Saya newbie nech soal BB. Baru dapat kiriman dari tmn di jkt BB 8310. Saya coba cek seperti yg di sarankan. Tetapi muncul kata2 seperti ini :

    Cannot create account :

    This Blackberry® device is not registered with your wireless service provider. Please register this device and verify that the URL of the current web site matches the one provided by your wireless service provider.

    To register:

    1. In the Application list on your device, click Options, or click Settings Options.

    2. Click Advanced Options > Host Routing Table.

    3. Click the Menu key and click Register Now.

    If the error persists, contact your wireless service provider.

    Kejadiannya hampir sama yg atas2, tapi katanya berbeda. Klo yg atas kan “This BlackBerry® device is registered with a different carrier”, sedangkan saya punya “This Blackberry® device is not registered with your wireless service provider”.

    Saya punya maksudnya apa ya?
    Ya belom testing smua, Kartu XL saya blm daftar BIS soalnya. hehe…
    Terus wkt starting pertama muncul huruf “GSM” besar lalu huruf “edge” kecil. Apa itu efek karena BIS saya blm aktif???

    satu lagi, wkt saya ketik “BYUR” muncul
    Data Usage : 224.5K
    Voice Usage : Exceeded 60 Minutes

    Nah, ini maksudnya apa Mas Dicky?
    Saya tau 83xx series smua udah discontinued n rata2 refurbished. Hehe…

    Thx b4,
    regards,
    k0al4


    • @koala:
      1. harus aktif dulu BIS nya sebelum bisa daftar
      2. kl udah aktif BIS nya, en masih dpt pesan sama … artinya pin nya masih nyangkut ama pemilik sebelumnya, alias belum direlease / dilepas … bisa minta tolong ke gerai XL
      3. yg jelas bukan BB baru

  63. wisnu Says:

    mas 8320 saya gbsa bwt terima pglan telf..itu knapa y mas?

  64. eka pebriyanto Says:

    Mas bisa nanya donk,
    saya ada BB Bold indosat, terus saya udah unlock di graphari nya indosat supaya bisa pake telkomsel.

    Nah.., saya pengen konek ke internet pake GPRS kok ngga bisa2 yah? sim card nya udah diaktifin GPRS nya, cuma masih belum bisa konek, apa ada setting yang harus dilakukan di BB nya?

    Gimana caranya setting GPRS di BB bold untuk telkomsel ??
    thank’s sebelumnya.

  65. erna Says:

    mau tanya mas,,sewaktu mau browsing sblumnya saya nanya ke costomer Xl dngn beritau nmr PIN dan IMEI,,mereka bilang invalid,,,apa PIN dan Imei itu bisa diganti

  66. kusnandar Says:

    sy punya blacberry type lama 8700c sudah tak pakai sekitar 1 bln lancar2 saja … habis gitu tak wipe handheld setelah tak wipe handheld itu skrang nggak bisa aktif BIS nya … coba ke operator (sya pakai axis) … di suruh tunggu coba di usahakan … yg saya tanyakan apakah suspen pin blackberry saya tersebut … trims untuk bantuanya .. sempoga suksess….

  67. Angela Says:

    saya mau nanya nih, BB saya tipe 8320. sblmnya pake nmr indosat. trus sblm direlease pin, sudah saya ganti kartu axis. stlh ganti kartu axis, br saya release pin ke indosat. skrg BB saya cuma bisa BBM an saja, dan tidak bisa browsing2… BIS juga tidak konek. saat daftar BIS juga tidak bisa, invalid pin dan imei…
    apakah pin saya ke suspend?? thx be 4…

  68. sepma Says:

    mas dicky…

    bb8310 gw padam(mati total)

    ada solusi gk mas supaya bisa aktif kembali??

  69. OMAS Says:

    om dicky makasi ya skrg bb aku uda sembuh maakci yaa

  70. susi Says:

    mas dicky, saya mau tanya. kalo beli BB asli dari luar negeri, IMEInya udah terdaftar di negara asalnya belom?
    Thanks

  71. adi Says:

    mas. saya mengalami masalah yg sama dengan yg di atas.

    sy ada 2 bb, yg 1 bold dan tour.
    pertama2 saya pakai carier indosat di tour dan carier xl di bold.

    saya mau rubah dari xl di tour dan bold di indosat. skrg timbul masalah aneh.

    yg indosat ke bold gak ada masalah. tp yg xl ke tour itu gak bisa register pin dan imei ke xl.blackberry.com nya.

    setelah di register ada error seperti ini :

    An error has occurred while processing your last request. We are temporarily having difficulty accessing your email account. You may access another email account or try again at a later time.

    kenapa ini bisa terjadi yah? saya sudah coba segala cara
    1: saya sudah balikkan carier masing2, xl ke bold dan indosat ke tour. itu gak ada masalah.
    2: saya sudah telpon ke service xl dan hasilnya juga nihil karena mereka sebenernya gak ngerti apa2

    mohon penjelasannya yah.. thx.

  72. ERSAD Says:

    selamat siank pak dicky

    sy mo nanya gimana cr ngilangin tanda segitiga kecil disebelah logo operator, apa fungsi nya & apakah tanda itu berpengaruh pd besar kecil gprs

    mohon bantuannya…

    • indri Says:

      BB Tour saya, terdapat lambang segitiga kecil, yg menunjukan roaming
      Bagaimana untuk menghilangkan segitiga kecil di sebelah logo operator?thanks

  73. rizalman Says:

    sy punya bb second ak pake IM3 tapi logo GSM nya gprs masih hurf kecil, gimana caranya merubahnya menjadi huruf besar, apakah kondisi skrg ini aman ?

  74. Jafri Says:

    Mas dicky,saya mau tanya nih…
    aku beli BB 8310 baru,trus dicoba pake nomor XL BB temenku (no itu aktif juga di BB lain) dan ternyata berhasil (GPRS Besar). Setelah itu aku bawa mudik & aku aktifin pake XL juga,tapi logo GPRS-nya gk pernah nongol (yg nongol logo GSM). Habis mudik aku pinjem lagi nomor temenku,alhasil BBku normal kembali (logo GSM besar) & semua email pada masuk semua. Aku sdh ke XL center 2X & telp 817,tapi tidak membawa hasil & malah mengecewakan. Gimana ya mas biar BB ini bisa normal sprti sedia kala???
    Thank you

  75. andri Says:

    mas saya pake 8310

    masalahnya :
    1. email setting setup ilang dimenu desktop
    2. email bisa ngirim tapi ngak ada laporan terima email.

    3.browser bookmark jadi ke xl
    facebook ngak masuk ada tulisan COULD NOT CONNECT BECAUSE A DATA SERVICE IS NOT AVAILABLE PLEASE TRY AGAIN LATER

    4. bbm dan YM ngak ada masalah ?

    kenapa ya bos minta solusi apakah bb saya suspend ..

  76. leovans Says:

    mas dicky numpang nanya,
    Saya beli 8320 rekon di batam. Barangnya bagus.. saya coba untuk check PIN dan IMEI di operator lokal.. hasilnya OK.
    iseng2 saya coba create account di beberapa opt LN (sebatas PIN dan IMEI trus di cancel)kya AT&T, Vodafone, Orange dan lainnya. Ternyata ditulis “Invalid PIN & IMEI format” apakah bisa yg dibilang kya gini hasil PIN kloning??

    Sebelumnya saya jg coba dg 9000 resmi garansi dr provider dan hasilnya “BB device is not register w/your wireless service provider”

  77. shalhan Says:

    Salam kenal Mas Dicky
    Mungkin gak nomer pinnya ada double?

  78. andreas Says:

    mas dicky , aku mau tanya nh . .
    aq dpt bb bold dr tmn aq , jadi tmn aq berhutang sm aq dan di bayar dgn bb bold tok tanpa charge , pin , imei dan lain” hanya tok hp saja . apa aja sih kerugian aku dr hal tsb . dan sampai skrng aku blm brani merubah sim card lama dgn sim card aku .

  79. surya mardani Says:

    mas, BB Bold saya kmrn kan pake layanan BB punya xl, kemudian iseng saya ganti ke telkomsel. waktu saya kembalikan lagi ke xl,dan waktu seting email , muncul “your acount has been suspended.please contact the system administrator”. solusinya gimana mas? saya coba cari no.tlp RIM yang dijakarta, tapi masih belum terdaftar di telkom.

  80. DAVID Says:

    Salam kenal Mas mau tanya nich!
    saya punya BB curve 8900,petamanya semua gak masalah lancar2 aja.. nah kemudian saya ganti operator juga masih lancar.. ketika saya balik lagi ke operator yang pertama udah gak bisa lagi, alias suspend, tapi GPRS nya masih huruf besar dan masih bisa YM dan browsing, yang jadi masalahnya email saya gak bisa login yang muncul kata” Error! Your account has been suspended. Please contact the system administrator.” mohon pencerahannya mas… itu yang di suspend PIN BB saya apa Email saya.. dan bagaimana solusinya..
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak..

  81. jenny sanyoto Says:

    mas dicky, saya baru kehilangan blackberry bold tgl 10 oct. saya bingung mau lapor ke mana, saya udah ke xl center, untuk dapetin kembali nomor saya yang hilang, tapi mereka ga bisa bantu saya untuk lapor ke rim masalah bb yang hilang. saya mau melaporkan bb saya yang hilang ke rim n mau mereka suspend pin saya. saya coba tanya banyak teman, nomor telpon rim jkt tapi semua pada ga tau… saya googling juga saya belom mendapatkan nomor telpon n solusinya. terimakasih atas bantuannya… saya tunggu email dari mas dicky.

  82. VIC Says:

    mas, bb aku 8310. aku dapet dikasi, ada tulisannya vodafone, pas pertama di aktifin bb con nya uda bisa buat bbm atau semuanya tapi bsknya uda gabisa lgai. kata mas” operatornya pin imei aku ga ke detect hrs mnta release, aku uda release tp ga masuk”.
    terus di HRT nya no entries dan gabisa di register. gimana ya mas???
    terima kasih

  83. VIC Says:

    mas, bb aku 8310. aku dapet dikasi, ada tulisannya vodafone, pas pertama di aktifin bb connection nya uda bisa buat bbm atau semuanya tapi bsknya uda gabisa lgai. kata mas” operatornya pin imei aku ga ke detect hrs mnta release, aku uda release tp ga masuk”.
    terus di HRT nya no entries dan gabisa di register. gimana ya mas???
    apa harus minta tuker? tapi kmn ya?
    terima kasih

  84. VIC Says:

    oooh cloning ya mas? jadi gimana dong mas? minta tuker ya ke toko nya?

  85. Arifin Says:

    mas Dicky,

    Saya baru Beli Javelin, trus pakai SIM XL, GPRS sudah besar, BB ON juga sudah, tapi saya belum bisa connect ke http://www.xl.blacberry.com ada tulisan “Your deviced isnot registered.please register your deviced and try again” padahal kalau browsing ke yang lain etc(pesbuk,detik,dll oke ajah tuh mas)….gara2 ini saya juga belum setting email neh……..

    Oh iya HRT juga saya lakukan berulang2….

    ada apa gerangan ya mas ??

    makasih jawabannya

  86. ramster Says:

    Busyetttt…baru pikiran pengen beli BB, cuma sepertinya repot banget ya dan banyak banget masalahnya. Jadi ngeri pake BB.

  87. Dani Says:

    Mas Dicky, saya mau nanya nih. Saya bener2 ga ngerti tentang BB. hehe..
    Saya punya BB pearl, saya pake im3. Kalau langganan blackberry on demand itu seharusnya udah bisa menggunakan BB messenger kan? tulisan GPRSnya udah huruf besar,tapi ga bisa konek. Gimana cara koneknya ya? Apa ada perngaturan lagi?
    Makasih ya mas..

  88. putra Says:

    mas saya kehilangan bb 8320 apa bisa kita block imei atau pinya,saya sudah beri pasword di memori media saya apa bisa dibuka orng yang mencuri di kartu saya juga buat pasword dan dimedianya juga saya buat..apa kan bisa dibuka orng media saya yg di bb mas..salam putra

  89. anto Says:

    mas, pacar saya pake bb 8320 AT&T, provider pake XL.. nah tuh bb bisa dipake untuk browsing.. tapi ga bisa dipake untuk bbm & ym.. itu gmn tuh urusannya? apakah itu pinnya di suspend? utk tampilan yang yahoo nya : doesn’t support with this handheld. saya udah coba utk downgrade softwarenya krn sblmnya pake yg paling baru utk OSnya, tapi tetep aja ga bisa. itu kenapa yah? thanks untuk bantuannya :)

  90. mey Says:

    mas aq baru beli bb 8310 kira2 dah 2 bulan…..pertama say blm ngerti yg namnya pin pas saya dah pake 1bln…saya add pin punya temen saya tapi ko g bisa onlin pun g bisa….apa ada kesalahan m pin saya…pas saya coba berlangganan tet2p g bisa kata operator pin bb saya blm masuk…apa pin saya bermasalah

  91. Finzha Says:

    Mas Dicky, ttolong dong jelasin maksudnya data usage exceeded dan voice 60 minutes, trus pengaruhnya apa terhadap pemakaian BB kita…oh iya BB saya 8320..
    Terima kasih ya Mas udah mau bantu saya..

  92. andre Says:

    mas dicky …,
    mo nanya nih, BB saya koq ga bisa melakukan kode2 ya? seperti Alt+LGLG,dll

    solusinya gmn ya ?
    trims

  93. danny Says:

    mas dicky bb saya 8320 GPRS uda besar tapi kenapa masih gak bisa untuk bbm dan ym … browser langsung nyambung ke xllife saya coba ganti kartu lain jg sama GPRS besar tapi gak bisa untuk bbm dan ym , mohon bantuannya , thanks

  94. danny Says:

    apakah kalo GPRS besar uda jaminan pin bukan disuspend ya …. ????? bbm dan ym gak bisa digunakan , thanks . ato mungkin ada setting lain , mohon bantuannya .

  95. Zenni Says:

    Mas dicky sy mw pny pngalaman aneh dgn bb 8320 sy.
    Bb sy bsa create new acount smpe 3x..
    Sy gtw itu knp,6 bln itu bb msh normal. Tp dr sbulan yg lalu pas sy mw login username n pswd, tba2 mncul alamat email org lain dan ad tulisan deactive acount. Dan tulisan itu slalu mncul pas sy mw login. Prtama’a si slalu sy cancel tp lama2 sy trgnggu dgn tulisan itu. Dr stu sy klik deactive nah smggu kmudian tulisan gprsnya jd kecil…
    Udh sy coba upgrade os tp ttap aj gprs msh kecil smp skrg…
    Tolong pencerahannya ya mas… Thanks…

  96. Fairuzi Says:

    Mas… Aku titip beli bb 8320 d batam sama temen.
    Pertama dipake matrix utk coba internet & berhasil katanya.
    Pas aku ganti simpati telkomsel, hp ku gak bisa internetan atau bbm…
    Tulisan gprs masih kecil.
    Pdhl udah coba masuk setting ke TCP dan host routing table. Tp tetep gak bs.
    Jd gmn nih mas utk ngaktifin internet aku???

  97. rara Says:

    BAng,, mao tanya nie.. bb aq kog di suspend ?? jadi mao laporin ke rim tuy keq mana cra’ny.. makasih

  98. Arghabaji Says:

    hallo om saya pgn nanya
    bb saya baru ilang gimana ya cr laporin ke RIMnya

  99. ifdall Says:

    salam kenal..mas bb aku 8830 tadi nya lancar2 aja pake indosat nah sekarang ga ada signal sama sekali..trus network yg di simcard active yang lain disable..aku dah dapet mep kode nya tapi ga bisa masuk yah selalu error..mohon pencerahan nya mas…

  100. sETO Says:

    bOS, emang klo tulisan edge nya EDGE (besar) pasti tidak suspend???? suksma>

  101. sETO Says:

    oh ya sori satu lagi MAs, ni kan BB curve 8320 ku pas ak Diagnostic hasilnya :
    BB Registration: OK
    Connected to BB: OK
    BB PIN-PIN : NO

    KOk PIN-PIN nya NO y MAs????
    n kondisi skrg ga konek BBM nya ….
    suksma……..

  102. Reza Says:

    Mas dicky, saya mau tanya, bagaimana cara menghilangkan lambang segitiga kecil (roaming indikator) yg ada disebelah logo operator ?

    • luri Says:

      Mas Dicky,saya juga punya masalah soal tanda segitga biru yang ada pada layar hp BB 8320.Katanya itu tanda roaming.Terus..cara ngilanginnya gimana mas?Soalnya..gara-gara itu,saya tidak bisa ngirim-nerima sms dan nelpon or terima telpon.Mohon saran dan bantuannya mas.Trims.

  103. dwi Says:

    Mas saya barusan ganti kartu dari as, trus baru hari ini pake telkomsel freedom. Di as saya bisa setting email dan menggunakan dengan normal. Nah hari ini saya mau bikin email baru di simpati fridom, ketika saya masuk setup>email setting keluar peringatan ‘there was an error to trying to acces this service’ apakah itu tanda pin nyangkut dan bagaimana solusinya? Terimakasih

  104. hamzah Says:

    salam kenal mas dicky,mau tanya bb 8320 sya ko pas diagnostics test nya ga smpurna ya?kya bb registration trus connected bb n bb pin-pin nya no,tpi yg lainnya ngga.knpa ya?trima kasih

  105. HENDRA Says:

    hallo Mas Dicky, mau nanya saya udh lama pakai bb 8900, dgn profider xl, tidak ada masalah alias lancar” saja, kemudian sy mau pindah ke telkomsel, sy ngak tau kl pindah profider harus realese pin dulu, keburu sy daftar ke telkomsel, trus ngak bisa masuk” gprs nya ngak mau besar, udh bolak balik tlp CS xl u realese dan CS telkomsel u membantu, tp hasilnya nihil. sy coba daftar ke http://www.telkomsel.blacberry.com eh malah pin suspend…. udh 5 hari ngak ada perubahan, sampai sy wipe handle, sama aja. mohon penjelasannya mas, kok bisa jd suspend yah…sebelumnya sy ucapkan terima kasih

  106. alam Says:

    mas mau tanya…saya ditawari BB baru,Asli BB, buka segel di depan saya,katanya IMEI nya tembus dan PIN nya g suspend,pokoknya bener2 baru, tapi harganya murah..yang saya tanyakan, apakah ada kemungkinan PIN nya suspen??secara dia garansi cuma 3 bulan??
    makasih mas atas bantuanya..saya tunggu pencerahannya :)

  107. rhioz Says:

    bro tolong pin aku di suspend ?
    cara buat aktifin kembali bagaimana?

    tolooong gan

  108. lukman Says:

    MAS dICKY, BB saya status pin:NULL kenapa ya ? solusinya bagaimana ?

    Terima kasih

  109. kentok Says:

    BB batam kayak taik

  110. agus salim Says:

    Selamat pagi mas …maaf saya butuh bantuannya..!banyak folder” saya yang hilang sewaktu saya memakai memory booster seperti bluetooth, panggilan, media, bbm, dan ada yang lain lagi..yang saya tanyakan apakah bisa bb gemini 8250 saya folder”nya dapat didiperbaiki mohon penjelasannya terima kasih

  111. HRC Says:

    Saya pnyk masalah dengan BB saya,saya pake BB 9380 Orlando,permasalahannya sewaktu saya mengirim pin orang laen dari bbm contact, ke teman saya, yang jadi pertanyaan knp di bb teman saya yg muncul cuman ID or no telnya sedang pin nya knp gak bisa muncul?ini saya sudah coba kirim ke bb yg lain hasilnya jg sama….tp klu saya menerima kiriman pin oran laen bisa muncul pinnya…sekian terima kasih semoga mendapatkan solusinya


  112. mas diky saya mau tanya…
    saya baru beli BB,waktu saya cek IMEI N pin di kardus sama,trus saya cek lagi dengan cara tekan SHIFT+ALT+H hasil Pin BB nya==29e1459d
    tapi waktu saya cek dengan cara ketik di tempat yang bisa untuk ngetik (mypin+spasi) Pin BB nya 29E1459d????

    tu gmana mas?

  113. satrio Says:

    bang kalo muncul kaya gini gimana ?
    “Internet service acount is suspend ” itu pin nya apa acountnya ?

  114. jojo Says:

    Nah sama tuh gan ane juga muncul pas di cek di web yang agan suruh cek tsb, “Internet service acount is suspended or deactivated, please contact administrator


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

