Sinkronisasi Contact dan Calendar di BlackBerry dengan GoogleSync

OTA Synchronization … alias sinkronisasi melalui koneksi wireless (jaringan data) …

Ini adalah salah satu fitur kelebihan yg ada di Windows Mobile … biarpun di henpon nokia en soner juga ada fasilitas SyncML … Tapi dgn Windows Mobile, semua itu bisa dilakukan secara realtime en field2nya pun cukup lengkap, en ada bbrp layanan yg memberikan account Exchange gratisan, seperti Mail2Web.

Nah untuk Blackberry, pd awalnya sih ada solusi Funambol … tp waktu coba2 itu sih Funambol masih pake akses GPRS operator .. bukan akses GPRS nya BB, alias bayar extra …

Sekarang udah ada namanya Google Sync atau GSync … sinkronisasi kontak dan kalender kita ke account Google secara realtime.

Cara download ? Akses dari Browser Blackberry ke URL: http://m.google.com/sync
* URL ini juga bisa utk henpon iPhone, Windows Mobile, Nokia en Soner … *

Keuntungan dari GSync ini ?
* Realtime Backup Contact / Address Book en Calendar yang ada di henpon kita … dalam hal ini BlackBerry yg lg dibahas ..

Jd kl ada apa2 dgn BB kita, ya aman deh … data paling penting kan 2 hal ini biasanya😉
Selamat mencoba …

14 Comments Add yours

  1. Nath says:

    Mas saya mau nanya, saya kmrn udah register internet buat bb bold dr indosat tapi yg mingguan. Pin dan push up emailnya udah bisa jalan tapi kok WAP browsernya gak bisa aktif ya?kenapa ya mas?padahal udah 5 kali ditanya ke call center katanya udah aktif semuanya..udah restart lepas batt 5x. tolong ya..thanks

    1. jgn pake wap browser … pilih internet browser …
      wap browser kl sampe bisa buat browsing, entar kena pulsa gprs biasa

  2. andini says:

    Mas dicky aq newbie di bb ini lg coba2 aja sapa tau bs dpt pencerahan.Aq pake bb9urve 8310 kdg layar bb q itu warnanya redup. Setelah browsing2 sana sini tnyata banyak sekali keluhan mengenai bb refurbish. Yg aq mau tanya ni mas apa benar kl beli bb dr operator selular itu tjamin alias bkn bb refurbish? Trus caranya ngecek bb qta refurbish apa bnr2 baru gmn? Krn kl dr pin n imei aja itu bs diakalin kan? Trus knp bb 8310 q itu warna layarnya suka redup. Tlg bgt infonya ya mas aq jd dilema gini….thx

    1. cek dr kondisinya, biasanya sih buka daleman jg …
      harusnya dr operator terjamin

  3. N. Sastro says:

    Saya sudah agak lama menggunakan BBC Indosat, tapi sampai saat ini belum menemukan solusi kenapa terjadi pending yang masih lama sekitar 5 sampai 10 menit baru suatu email bisa di push dan masuk ke handset. Saya pakai Motorola q9h. Pernah pakai juga push email dari SEVEN tapi juga nasibnya lama, bahkan kalau pakai SEVEN susah banget dan fail terus ketika setting email kantor (IMAP/POP). Ini namanya bukan realtime dong.. Mas Dicky ada solusi mengenai hal ini? Thanks.

    1. IMAP/POP3 pd umumnya emang gak bisa dianggep Pushmail … pasti ada delay up to 10 menit.
      ini utk menghindari si server nganggep koneksi dari BBC / SEVEN sebagai koneksi “nakal” yg bisa berakibat diblok utk sementara …

      solusinya ? email kantor, diforward ke gmail … nah gmail nya yg di-pushmail-kan …

  4. wahyu says:

    Google Sync bukannya juga pakai GRPS Operator alias bayar..

  5. Sasthu says:

    Mas bagaimana settingan sinkronisasi di hp SE K630i Indosat utk gmail, kalau bisa diurut sesuai dg perintahnya dihp

    1. maaf juga kl saya bukan kamus henpon … silahkan anda coba sendiri …
      lagi pula saya jg gak punya K630 … gunakan google … google sync ada gak utk K630 ?

  6. Agus Rudy Yanto says:

    Mas Dicky saya sangat awam mengenai bb saya pingin di bb8310 ada facebook dan mgmail caranya gmana? trus OS Blackberry itu apa..mksh banyak smga kluarga mas shat slalu…

  7. farhan says:

    Pak dicky saya mau nanya gimana sih cara upgrade Os.4.5 ke 4.6 saya pengen banget kayak 4.6 walaupun di bb curve saya maksa tapi saya pengen gimana cara nya ya mas thanks ya mas😀

  8. inrie says:

    mas,,tolong dong bantu saya,,saya pake bis sering ganti2 operator,,cuma pengen tau mana yang paling bagus,,tapi terakhir stelah kembali ke telkomsel,,GPRS udah besar,browsing,ym udah bisa..hanya push email belum,,setelah saya ke email setting log in dengan username lama gak bisa,selalu aja invalid username,,saya buat account baru,,juga ga bisa(udah ada account untuk this bb),,,saya jadi bingung,,,saya berharap bgt mas bisa bantu saya,,,makasih sebelumnya,,,

  9. adi says:

    Kalo sinkronisasi kontak dan kalender dr account yahoo ke blackberry gmna ya cara nya?
    Dulu udah backup data ke yahoo tp saat di restore gk ada email verivikasi yg masuk,,

  10. fariid says:

    mas mau tanya nih, kalau sinkronisasi kontak blackbery cureve 9390 ke gmail gmn caranya ya, kok punyaku ngak bisa ya

Leave a Reply

