Maaf … Jgn tersinggung tapi saya perlu Ngomong ini …

Sebelumnya saya mo minta maaf … sapa tau ada yg tersinggung akan tulisan saya kali ini ….

Belakangan dan terutama beberapa minggu terakhir ini, banyak yang me-YM / email saya …
Terus terang saya terbuka dan senang bisa membantu rekan2 sekalian ….
Apa guna nya ilmu kl disimpen sendiri … kl saya tau dan bisa, pasti saya kasih tau …

Di sini saya mau menekankan … membantu = membagi ilmu atau menolong yg kesusahan … bukan artinya saya bisa “seenaknya” diminta tolong buat ngerjain ini ngerjain itu ya …
Krn ada bbrp orang menganggap seperti itu … seakan2 kl ke saya itu solusi tanpa bayar … sorry ye :p
Ilmu saya gratis … tp tenaga dan waktu saya gak gratis …

Ada yg ngomong “mas tolong bantu saya, iPhone saya rusak … drpd saya bayar xxx rupiah ke toko … sayang duit” … Jawaban saya …
Bukannya saya udah menolong Anda sekalian dengan tulisan2 saya ini …
Ingat, saya sudah menghemat uang Anda jika Anda emang mau belajar dan mencoba nya … tp kl gak berani … ya salah sendiri …

Saya sendiri punya prinsip …
Membantu agar yang dibantu itu menjadi pintar … bukan sekedar membantu, en ujung2nya yg dibantu cmn seneng aja … tp gak jd pinter … Itu namanya membodohi diri …

Saya paling sebel kl ada yg ngomong “Maaf nih mas, saya newbie …” atau “maaf saya gaptek” …
Come on!!!! Saya juga newbie … tapi saya akan mengatakan diri saya gaptek kl memang saya telah melakukan kesalahan yang konyol, krn ketidaktahuan saya … tapi justru gaptek itu yg bikin saya mau belajar dan terus belajar …
Jadi maaf … “alasan gaptek” bukan berarti Anda gak bisa … tapi tepatnya “Anda malas mencoba” ato “Anda takut berbuat salah”

Kl mau … ayuk belajar bersama … saya tuntun Anda … saya bantu …
Kl emang masalahnya berat (dan itu saya yg menilainya) … dan sekiranya saya bisa bantu … monggo mampir ke rumah / kantor … drpd malah jadi makin runyam๐Ÿ˜€

Saya ngoprek gadget2 yg ditulis di sini … itu sejauh yg saya pakai dan butuh … jd ada hal2 yg memang saya tidak sentuh ato pelajari … jadi mohon maaf kl saya pun suka menjawab
“waduh … saya juga belum pernah coba”

Dan saya juga gak inget apa2 aja yang pernah saya tulis … itu sebabnya saya nulis dan bikin blog … krn saya sendiri itu pelupa … jadi jangan marah juga kl saya suka bilang
“kayaknya udah ada di blog” … “udah baca blog nya belum” … “coba cek blog dulu deh”

Yang paling penting ….
Saya bukan Pedagang … Saya bukan Toko Henpon … Saya bukan Tukang Reparasi …
Saya adalah seorang karyawan kantoran … yang bekerja dan fokus sebagai Unix System Administrator.

Waktu saya bukan fulltime pengangguran … Maaf saya harus bilang gini, krn ada bbrp orang yang maen YM aja tanpa basa basi … Buzz berulang kali …
Heh ???? Kenal juga belum … udah annoying begitu …

Saya bukan tipe orang yg suka basa-basi … tp gak suka kl ada orang yg gak bisa menghormati orang lain … dan saya emang cenderung “ketus” dalam menjawab pertanyaan …

Karena maksud saya membantu bukan dengan cara mendikte ato menuntun dari A-Z … saya hanya mengarahkan, memantau dan mengoreksi saja … karena Panduan “lengkap” sudah saya tulis.

Mau bisa ? Mau belajar ama saya ? Musti siap mental …๐Ÿ˜‰

PS:
Perlu diingat … Pada umumnya tulisan saya ditujukan untuk orang2 yg sudah memiliki basic knowledge and experience yang cukup kuat … sehingga bisa memahami tulisan saya.
Jadi kl emang gelap total …. mendingan jgn nekat2 coba … serahkan pada yang ahli saja … dan itulah gunanya mereka dibayar ๐Ÿ˜‰

17 Comments Add yours

  1. Rini S says:

    Nambahin jg….
    Dimohon pengertiannya, waktu konsultasi jgn jg pas waktu istirahat..kasian suami saya๐Ÿ˜€

  2. yosep says:

    wah mantap mas 2 the point
    he….
    emang belajar harus ada salah kalo ga ada salah dan takut untuk mencoba namanya bukan belajar!!!

    ngomong2 Unix System Administrator dimana mas?๐Ÿ˜€

  3. sys admin di kantor dan di server pribadi๐Ÿ˜‰

    1. dias says:

      pada saat dcolokin di PC tetep gada tanda mas dicky, lampu indicator masih tetep nyala mati

  4. azil says:

    mas, saya masih newbie, gimana caranya install linux yang sudah windows base?

    *melenggang kabur…

  5. Schatje says:

    Wah.. ini tepat banget ama kondisi ku, karena sering mengalami…, sering ketemu ama orang yang merasa newbie terus dan minta dikasih ikan, bukan kailnya

  6. Guns says:

    waduh, jangan-2 yg dimaksud mas Dicky saya nech. he he he…
    Maaf ya mas, kalau saya kadang nanya dikit, tapi sepertinya saya gak suka nge-Buzz, so mudah-2an bukan saya yach.
    Terus berkarya mas, mudah-2an dapat menjadi pencerahan bagi kita semua.

  7. Eep says:

    sabar sabaaaar…๐Ÿ˜€

    kita bukang pedagang.. tapi bener bete abis nanya2 ke kita, tapi kebetulan kita ada barang ga mau beli ke kita..
    wahhaah

  8. aditya says:

    ambil positifnya mas, itu artinya mas sudah bisa dijadikan referensi oleh orang lain, so bisa tuh dijadikan ajang bisnis konsultasi he he

    btw, emang sih kita ini lebih suka disuapin drpd belajar untuk makan pakai tangan sendiri

  9. imam_m_s says:

    yang di maksud mas dick saya bukan ya? bulan yang lalu kan saya nanya2 soal gimana solved iphone yang ke lock gara2 update itunes, tapi saya dah ikutin dari blog nya dulu…baru setelah itu nanya mas dicky walau di cuekin pada akhir nya… maaf ya mas kalo memang saya ganggu waktu itu. dan saya gak pernah bilang saya nubie, or gaptek or whatever… klo soal iphone memang saya gak terlalu paham soale gak mampu beli, klo blackberry hayuk boleh di adu…

  10. wah sapa2nya juga saya gak inget …
    btw … sy gak pernah cuekin orang …

    maap nih ya … sy kan jg kerja, makan, tidur, nyetir … tp ym tetep online … masa musti melek en depan komputer ato megangin henpon terus … :p

    intinya gini deh ….

    kita belum pd pernah kenal apalagi ketemu lsg …

    pertama sy gak tau bekground anda … tp anda lsg dateng en tanya ini itu
    well saya jawab seperlunya en sebisanya, kl soal iphone, tutorial sy udah cukup lengkap …
    nah sy juga bingung … bagian mana yg gak dimengerti nya …

    apakah krn bahasa tulisannya … apakah krn gak biasa dgn komputer … ato yg lain2 …

    ada yg nanya ke saya, tp ternyata gak ngerti komputer sama sekali … ya mo nolong nya jg susah …
    ada jg yg udah nanya ngalor ngidul, tau nya dia salah diagnosa … problemnya apa, dia maen tuduh apa …
    yah macem2 lah … en yg nanya dalam 1 saat bersamaan itu bisa jadi sampe 4 orang …
    jd saya gak inget yg ini nanya apa … ato pernah diskusi ttg apa …

    marilah berteman … maap kl ada yg ngerasa dicuekin ato saya ngomong nya ketus …

    ada hal yg bisa sy bantu … dan ada yg tidak … bukan tidak mau … tp emang mungkin sulit … ato saya nya yg gak tau/bisa juga …

  11. imam_m_s says:

    hehehe… its ok mas dicky, saya kan yang minta maaf takut2 orang yang di maksud itu saya…soale sampe sekarang kalo saya sapa di YM gak pernah di bales, blog mas dicky membantu banget,sampe saya taro di bookmarks browser… saya juga ngerasain apa yang mas dicky rasa, kadang memang annoying di buzz via ym, ping bbm, email level 1, tapi saya selalu bilang kalo memang saya lagi gak bisa di ganggu, dan Alhamdulillah mereka ngerti ;)… sekali lagi mohon maaf sebesar – besar nya…

  12. rudy says:

    Duch, jadi gak enak, barusan nanya soal unlock, gak taunya udah dibahas. Thanks for infosnya mas…

  13. pino says:

    Alo om salam kenal saya udahh saluut semenjak sy liat baca dan berusaha ngoprek hp pribadi. pokoke terus berkarya dan memberikan pengembangan yang berguna bagi kita semua. tks salam kenal

  14. ade says:

    Hallo mas dicky,
    Sya ada, user bold dgn pembelian BM tanpa garansi toko or something..
    Pd awalnya sya menggunakan bold dgn tanpa mslah dan gangguan sedikitpun..
    Tapi tiba2 bold sya mati dan ada lampu merah mengedip..
    Sesuai dgn blog tulisan anda apabila ada kejadian sprti ini maka bb sya
    Bemasalah ‘nuked’..
    Sya lakukan prosedur sprt yg anda anjurkan..
    Sya upgrade ke seri 4.6.0.266 dgn juga support desktop manager (from cd package).
    Proses tidak berjalan, pin unknown dan sya coba berkali2 dan alhasil bb mati total
    Dan tidak ada tampak kehidupan sma sekali, lampu indikator pun tdk lagi menyala..
    Mohon maaf sblmnya, tapi sya sangat pencerahan informasi dari anda bagaimana yang
    Harus saya lakukan…
    Demikian, terima kasih yah mas dicky..
    Mohon reply ke email sya ade_rizky@ymail.com. Mohon maaf krn sya jarang online.
    Thanks.

  15. erwin says:

    Saya mendukung banget apa yg mas tulis d atas….!
    Terimakasih atas hal2 / ilmu yg pernah mas share, banyak bnaget membantu saya.
    Terimakasih,
    Salam persahabatan

  16. sodik says:

    Numpang tanya mas…
    Kenapa y bb onyx 2 saya kog tiba” mati total ..kalau di charger juga gk bisa nyala..tp led nyala merah tp sebentar ..
    itu penyebabnya apa dan solusinya gmn..???
    Mohon infonya…

Leave a Reply

