Pushmail Solution di Nokia E71 (dan sejenisnya)

Seperti sebelumnya …. Pushmail menjadi focus perhatianku dalam ngoprek henpon saat ini.
Dan berhubung baru aja punya E71 buat istriku, jd aku sempetin explore dulu si Nokia ini…

NOKIA PUSHMAIL
Pertama, aku penasaran banget ama yang Nokia PushMail yang sampe bikin RIM gak mau ngeluarin Blackberry Connect untuk Nokia… Setelah melewati registrasi, instalasi dan setting … berikut pendapatku …
1. Bukan built-in application … yg artinya beban extra buat system, setting terpisah dari Menu Email Accounts yang built-in
2. Cuman bisa 1 alamat email
3. Selama coba2 … belum bisa akses account Gmail
4. Gak nemu sesuatu yang spesial ;))

Windows Live
Nah ini baru tau, kl ternyata Windows Live udah dibikin buat Nokia … jadi bisa punya MSN Messenger official en bisa memanfaatkan fasilitas Pushmail untuk email account @hotmail.com / @live.com.
Untuk problem yang terjadi di i600, mengenai email HTML yg jadi berantakan, belum sempet aku test. Nanti deh kl sempet ngoprek lagi, aku bakal update.
Tapi secara garis besar, kita mendapat alternatif baru nih buat Pushmail di Nokia.

SEVEN
Yups … seperti sebelumnya … solusi ini masih jadi juara di henpon non-BB untuk saat ini.
Bisa banyak account Email … en jalan cukup baik … bisa mempertahankan koneksi dengan baik … en cukup ringan juga …

Ada beberapa problem sih saat instalasi SEVEN, yg gak pernah ketemu di i600 …
1. Pas install pertama kali …. email account dari SEVEN, gak nongol di Messages … solusinya uninstall SEVEN en install ulang
2. Pas setting account email di SEVEN awalnya pake WiFi … en lsg bisa konek tanpa problem … tp begitu dipindahin ke GPRS … SEVEN nya connect en disconnect mulu … Solusinya restart dulu henpon nya … begitu nyala … langsung deh konek via GPRS tanpa masalah ;))

3 Solusi ini bisa dipake secara bersamaan …
– Nokia Pushmail – buat email account di ISP (email kantor)
– Windows Live – buat email account secondary … dengan domain @live.com / @hotmail.com (realtime)
– GMail – bagus en realtime buat Gmail, en lumayan ok juga buat Yahoo dan lain2 nya …

42 Comments Add yours

  1. rw says:

    Mas Dicky,

    Saya jg pake E71 n pake seven untuk push mailnya. Saya pake 2 account yahoo, dua2nya jalan tp masalahnya alert email masuk cm bunyi untuk salah satu email aja, yg satu lagi kl ada email masuk cm ada tanda email masuk (@)(gak bunyi n getar) padahal sudah disetting alert kalau ada email…Gimana solusinya?
    saya pake kartu halo, kalau gprsnya diaktivkan terus pulsa kepotong gak? Setahu saya biaya gprs dikenakan kl ada email masuk n dibuka, tp saya cek kadang2 ada biaya gprs walapun cm 5,10,15,20 rupiah padahan tdk ada email masuk????

    Trimakasih…kl bs balas k email

  2. kl alert, setau ku sih bakal bunyi buat semua …
    coba nanti kl sempet aku cek …

    soal gprs, ya udah pasti donk potong pulsa .. ;))
    potong pulsa gak cuman kl ada email masuk … namanya jg pushmail, berarti harus ada koneksi yg jalan terus menerus, nah utk keeping the connection musti ada data yg lewat … kecil tp tetep ada.

    utk pushmail tanpa paket data, dianjurkan utk menggunakan:
    – indosat ( im3 / matrix / mentari)
    – axis

    relatif murah, sehari paling 1-3rb rupiah, dengan setting ukuran per email yg diambil 2-5kb aja.

  3. Liliek Pujiwahyana says:

    Mas Dicky

    Ikut numpang nanya juga seperti penanya sebelumnya
    Saya baru install SEVEN di E71 saya semalam
    Sangat lancar/bagus pushmail dari yahoo account saya
    Tapi begitu pagi ini saya tambah account kantor, dan dua-duanya lancar terima email, alert ada email masuk kok jadi tidak bunyi ya (hanya gambar @ saja)
    Mohon pencerahan

    Terima kasih

  4. udah ada 2 orang yg ngomong gini soal seven di e71 … udah coba upgrade ke versi terbaru ?

  5. Liliek Pujiwahyana says:

    Maksudnya upgrade?
    Saya coba click upgrade di SEVEN, jawabnya no upgarde

    Atau kalau boleh dateng ke Mas Dicky untuk oprek E-71 saya, harus kemana?

    Sekalian DC-nya berapa ya Mas, maaf 2 D’ point

  6. ada kemungkinan bug di seven.com buat E71 soal alert ini …๐Ÿ˜‰

  7. mbudz says:

    seven sama emoze bagus mana bos?
    gw coba pake emoze sih ok2 aja, dalam artian gprs traffic kecil, speed cukup ok. untuk account gmail.

  8. sama aja … tp seven bisa macem2 email account kayak live.com … OWA … yahoo … POP3 en IMAP4.
    en dia juga punya redirector utk email internal office …

  9. infini3 says:

    Iya benar, E71 saya juga salah satu akun emailnya tidak ada alertnya. Saya punya 2 akun email Yahoo! dan GMail, saya set default pada GMail, dan ternyata hanya GMail yg ada bunyi alertnya, sedangkan Yahoo! tidak. Padahal sudah di-upgrade ternyata masih ada bug seperti ini atau memang sengaja dibuat begitu ya? Bagaimana solusinya jika memang ada settingan khusus mengenai hal ini?

    Thanx be4

  10. joe says:

    buat pushmail saya mengaktifkan dr email.nokia.com sejauh ini blm ada masalah dr alert dll..

  11. @infini3: belum ketemu solusi buat seven di e71๐Ÿ˜‰
    mau coba email.nokia.com ? hehehehehe …

  12. Lucky says:

    kalau masalah alert itu bisa di setting dari Setting > General > Personalisation > home screen > Mode Setting > Home Screen Application

    nanti disitu ada pilihan email notification 1 dan 2 nah tinggal di utak atik aja itu..

    Tapi pake SEVEN tu bikin E71 jadi boros batre.. tp klo seven nya di quit batre bisa tahan 3 hari’an

  13. Ian says:

    mas pake SEVEN providernya siapa ?
    klo Blackberry kan ada pada 3 provider..
    apa SEVEN sama di support mereka, atau gimana mas? maklum saya punya E71 tapi awam banget…please advise (**kalo bisa japri mas**) thanks

  14. seven itu cuman aplikasi berinternet … kayak browser ato aplikasi chatting … jd gak pake provider2an … yg penting bisa buat nginternet …

  15. newbi says:

    bos aku ah lakuin semuanya..dan berhasil..cuman maslahnya sama..di sound..kebetulan aku pake O2 atom live…
    mohon pencerahan bos..

  16. anton says:

    mas numpang nanya gimana caranya remove seven, kenapa setiap saya removed tulisannya failed terus? tolong pencerahannya, thk

  17. @newbi … harusnya gak ada masalah dgn suara di win mobile … krn gw jg pake di win mo sampe 4 account

    @anton … coba dimatiin dulu seven nya baru diremove

  18. argo says:

    Mas dicky cara setting pushmail di nokia e71 menggunakan windows live bagmn? tolong donk gaptek nich..tksh…

  19. Fandy says:

    Halo Pak Dicky.. Mau tanya nih.. Bagusan mana ya IM2 Broom atau Telkomsel Flash? Atau ada provider lain yang menurut anda lebih bagus?? Thanks lhoo

    1. saat ini kayaknya lg bagusan tsel flash๐Ÿ˜‰

  20. mas, makasih atas informasinya…oya, kalo udah install seven kan nyala terus tuh GPRS nya, klo mo matiin gimana? atau ada saat2 kita tidak mau menerima email di hp. saya pake E71 juga

    1. tinggal masuk ke seven aja … ada menu pause. …
      ato atur di schedule nya …

  21. hendri says:

    Pak Dicky, saya hendri, salam kenal dan mau tanya Di Nokitapi skarang sudah hilang, E71 saya di screen depan biasanya ada mail boxnya, jadi kalau dapat email bisa kelihatan inboxnya,
    Bagaimana caranya untuk muculin mail inbox di depan lagi….

    Terima kasih
    Hendri

    1. nanti saya coba liatin di e71 …๐Ÿ˜‰

  22. marullah says:

    mas minta pencerahan boleh??? saya bisa minta tolong untuk setting pushemail dan dari mana sy bisa dapat program SEVEN apa betul ini software untuk buat account E71 bisa buat beberapa account email? tks

    1. http://www.seven.com
      gak cuman e71, bisa buat banyak henpon … kl gak salah 5 account

  23. Adi Wibowo says:

    Mas mo tanya, saya pakai seven di E71 tapi koq setiap mau buka inbox selalu diminta password dan saya sudah masukan benar selalu dia jawab seven wrong password, kenapa ya ?? mohon pencerahannya dong.. thx b4

    1. kadang seven suka gitu … itu biasanya yg lg problem di sisi server si SEVEN, kl lg gitu, cuekin dulu aja sampe sekitar 1 jam๐Ÿ˜‰

  24. nanda says:

    Mas, minta bantuannya, saya udah instal seven di E71, tp setelah di connect, muncul tanda seru dengan status :
    “Account encountered an error. Cannot conect to your email account. The connection should be restored automatically, bla.. bla..”
    Saya add 3 account: 2 yahoo, 1 email kantor.. Trus sering masalah seperti mas Adi, wrong password mulu’. Saya harus gmn?? mohon pencerahannya..

    1. seven kadang emang ngadat … dicoba lagi aja maleman ato besok๐Ÿ˜‰

  25. Bella Nawangsidi says:

    Mas, saya boleh tanya gak?
    Saya pernah pakai E71 dan menggunakan pushmail baik dengan Seven maupun layanan pushmail dari Nokia. Lalu saya ganti HP, sebelumnya saya menuninstall seven dari E71 dan melakukan factory reset.
    Di hp saya yang baru saya juga menggunakan pushmail dan berjalan dengan baik, tetapi ternyata masih ada mail yang masuk ke E71 saya.
    Bagaimana cara mematikan pushmail (bukan mem-pause) dari E71 ?

    terimakasih banyak atas bantuannya

    1. uninstall aja SEVEN ama Nokia Pushmail nya …

  26. efry says:

    halo mas dicky
    lgsg aj,, alu malah lebih parah, lebih gaptek dari kalian yg diatas. mau nyeting push email tu lewat mana ya? email.nokia.com lgsung pa masak harus ke nokianya…eh aku baru megang hp hari ini… dateng bpk2 nyuruh aku nyetingin emailnya hadohh
    mohon bantuan. thx bgt mas

  27. Ana Masbukhin says:

    Mas Dicky, gmn cara memperoleh SEVEN? Apa SEVEN bisa digunakan, kl kita pakai Wi Fi, biar ga bayar maksudnya. HP saya E71. Terima kasih

    1. sorry to say … pernah coba tanya mas google ? http://www.seven.com

  28. zenit@ says:

    mas Dick, nanya nich.. Gmn caranya masukin Internet Explorer ke Nokia E71. Sy mau buat pake liat CCTV. Dr kmrn udah coba cari lewat mas Google tp gak namu. Itu FREE or PAY?
    Tks B4.

    1. ini ngomongin apa ya ? koq gak nyambung …
      cctv via IE itu biasanya pake plugins khusus … dan cuman bisa jalan di IE
      bahkan firefox di windows pun gak bisa …

  29. nanie says:

    mas..q pnya mslh dihp e71 q..aplikasi email setup q khapus..jd skrng gag ad dimenu..gymna y cra ngaktinnya??

    Mksh,

  30. Agus says:

    mas, untuk emoze dan seven lebih real time yang mana, trus untuk biya koneksi lebih ringan yang mana? saya pake seven di i780 untuk alert gmail is tockcer but di email kantor kadang ngak bunyi alertnya juga terima nya lelet 5 menitan gitu (jadi ngak real time)

  31. Fanny says:

    Mas,

    Saya ada pertanyaan nih.

    Handphone saya E71 diinstall nimbuzz. Kebetulan saya suka banget ama featurenya terus satu messenger bisa untuk semua akun, Yahoo, MSN, Skype, dsb.

    Yang jadi masalah, saya sering dc melulu.
    Sebagai info, saya coba matikan Nokia Push Mail saya kemudian saya hidupkan lagi nimbuzznya, masih dc.

    Saya pake jaringan telkomselflash unlimited. Setelah ditanyakan di Grapari jaringan saya tidak bermasalah.

    Apakah mas pernah mencoba?

  32. atmajaya says:

    cara seting internet di e71 gimana mas????

  33. Rudy F says:

    Mas Dicky

    Saya sudah berhasil install SEVEN di E71. Sudah bisa menerima email selayaknya emoze.
    Seperti emoze juga, saya tidak bisa mengirim email.
    sebagai informasi Saya pakai matrix

    Please advise.

    Terima kasih

Leave a Reply

