Setting Linux Sebagai AFP Server (appletalk) … En nongol di Finder MacOS X

Bisa file sharing dari Linux ke MacOS X pake Samba ? Gak aneh …
Tp kl pengen pake appletalk … ini juga masih gak aneh … tp bikin Sharing Appletalk nongol di Finder MacOS X itu yg perlu tambahan config.

1. Install atalkd di Linux
edit file /etc/atalk/netatalk.conf jika perlu
edit file /etc/atalk/AppleVolumes.default untuk mendefinisikan direktori yg mau dishare dan permission nya

/data/windows "WindowsInstaller" allow:dicky,massaint

Username yang digunakan mengikuti sistem … begitu juga passwordnya.
Skrg nyalakan atalkd … dari sini file sharing sudah bisa diakses dengan cara ketik “afp://[[ip_linux]]/WindowsInstaller” atau cuman sekedar “afp://[[ip_linux]]”

2. Install Avahi Daemon
bikin file baru dengan nama: /etc/avahi/services/afpd.service
Isinya dibikin kayak gini:

%h

_afpovertcp._tcp
548

Restart avahi-daemon, dan periksa Finder-mu! Pasti bakal nongol deh tuh Linux ;))

One Comment Add yours

  1. cengek says:

    keren sekali tutorialnya, nich lagi nyoba pak..
    saya isikan di /etc/atalk/AppleVolumes.default
    /mnt/databaru “data share” allow:dicky

    ketika saya restart
    /etc/rc.d/rc.atalk restart
    muncul pesan :
    root@batampos:/etc/netatalk# /etc/rc.d/rc.atalk restart
    starting appletalk daemons: atalkdeth0: multicast may not work correctly.
    atalkd is already running (pid = 5182), or the lock file is stale.
    nbprgstr papd afpd

    mohon penjelasan pak
    saya pakai OS slackware 12.0 Mac OS 9.2
    saya juga skrg menggunakan samba,untuk share di win XP dah jalan, cuman di Mac nya yang blm ..
    ym :t4ufq_sby

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s