Dikatakan Pindah/Beralih dari Linux ke Mac? Tentu Tidak!

Baru-baru ini, terutama saya sering mendengar beberapa komentar yang mengatakan kl banyak tukang oprek Linux yang skrg beralih ato “membelot” ke Mac.

Saya ingin menjawab berdasarkan alasan saya sendiri:

1. Saya masih kerja dan hidup dari Linux, krn saya adalah seorang SysAdmin dengan spesialiasi Linux, dan Unix … nah sisanya OS cemen :p

2. Saya pake Mac sebagai alat kerja mobile … alias pilih model Notebook yang bernama MacBook (dulu iBook).
Knp saya akhirnya lebih suka pake Mac?
a. MacOS X itu adalah UNIX juga … which is *gaya gawul* …. gak jauh beda ama kerja di Linux
b. Produk Apple itu indah2 gitu loh … secara fisik
c. MacBook / iBook itu murah meriah … bayangin aja harga dengan spek en fitur yang sama … trus ini brand terkenal, bisa gitu dapet laptop intel dengan kondisi yg sama harga yg menarik jg ?
d. GUI Mac OS X, jauh lebih enak dibanding Linux … dan bisa dibilang lebih baik drpd Windows jg
e. Aplikasi2 di MacOS X pd umum nya lebih lengkap, lebih enak … lebih kompatible ke Windows dan cenderung lebih enteng dan stabil dijalankan … *ini relatif sekali*
f. Batere MacBook/iBook lebih baik drpd laptop2 lainnya

3. Apa yg saya kerjakan di MacBook ?
a. Buka beberapa terminal … ssh ke server2 … yg semua nya Linux, dan sebagian emang Terminal untuk Mac sendiri
b. Cek email, pake Thunderbird
c. Browsing pake Safari (lebih enteng drpd Firefox menurutku, dan lebih nyaman dilihat)
d. Adium yang jauh lebih enak dipake daripada Gaim
e. Dan yang jelas Multimedia bisa dengan gampang dan nyaman sekali dinikmati di Mac.

4. Mac lebih praktis!
a. Kl mo install dan uninstall aplikasi ya tinggal drag and drop aja …
b. Mo backup HD bisa lsg diclone ke external HD, en bisa kapan2 boot lsg dr external HD
c. Sekali install OS, sebagian besar kebutuhan sudah terpenuhi … paling nambah aplikasi2 dikit … dan milihnya jg gak ribet, gak perlu yum2an, tp kl mau sih msh bisa jg … en kl udah pernah download, tinggal disimpen di sebuah tempat, dan bisa kapan aja dicopy dan lsg pakai … jadi kl perlu install ulang komputer … paling cuman butuh 1 jam, dan bisa dipake buat kerja lagi.

So … ini lah alesan kenapa saya pake Mac!
Dan saya masih pake dan ngoprek Linux … but not for my desktop! ;))

5 Comments Add yours

  1. dark_ipl says:

    yeah.. linux for console, mac for desktop!!..πŸ˜€

  2. Jauhari says:

    Mantep Abis.. apalagi si LEOPARD cuma saya mau sharing nge print ke Linux Print Server saya belum nemu caranya. Bisa bantu?πŸ˜‰

  3. massaint says:

    dibuka aja sharing dr system preferences – sharing … en printer

  4. unggul says:

    Keren banget ik kerjaan nya..

  5. unggul says:

    Keren banget ik kerjaan nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s