Panduan Umum Ngoprek iPhone

*Terpaksa* aku membuat intisari proses2 ngoprek iPhone krn begitu banyak pertanyaan2 yang “kelewat manja” krn males baca dan googling …

1. Ketahui dulu KONDISI dari IPHONE kamu SEKARANG!
Apa saja ?
* Versi Firmware … cari di sini http://Dicky.WahyuPurnomo.com/2007/10/15/mengetahui-versi-iphone-sebelum-register-dan-unlock/
* Apakah Sudah pernah di-Unlock ? dan di versi brapa waktu di-Unlock ?

2. Ketahui kemampuan diri dan prasayarat yang ada!
* Ada proses yg bisa dijalankan tanpa komputer, alias via internet … jadi butuh WIFI dan INTERNET yang KENCENG
* Ada proses yang harus dijalankan via komputer dengan aplikasi2 seperti Independence (mac) ato iBrick + PACAY (win)
* Ada proses yang harus dengan UNIX skill … nah ini kl gak ngerti, jgn maksain diri deh …
* Siapin file2 firmware 1.0.2, 1.1.1 kl perlu 1.1.2 juga … caranya googling iPhone firmware.
* Siapin aplikasi2 yang dibutuhin … independence, ibrickr, PACAY, dst … dari mana ? googling lg donk …
* Lebih baik Gunakan iTunes 7.3.5 atau 7.4 …
* Sebelum dikerjakan, pastikan Batere iPhone full dan setting Auto Lock ke NEVER
* Ketahui situs2 standard utk ngoprek iPhone:
http://iphone.unlock.no
http://iphonesimfree.com
http://code.google.com/p/independence/
http://code.google.com/p/iphone-elite/wiki/RevirginizingTool
http://code.google.com/p/iphone-elite/wiki/DowngradingBaseband
http://cre.ations.net/creation/ibrickr
http://hackint0sh.org/forum/showthread.php?t=3658 (PACAY)
http://iphone.fiveforty.net/wiki/index.php/Downgrade_from_1.1.1_to_1.0.2
* Ketahui cara2 untuk: Restart iPhone … DFU Mode … Recovery Mode

Restart biasa: Tekan Power + Home … sampe keluar Slide to Switch Off … lalu di-SLIDE
Shutdown: Tekan Power + Home … sampe layar nya mati (sekitar 10detik lebih)
DFU Mode: Tekan Power + Home tahan sampe 10 detik, lalu lepas Power tapi tetap tekan Home sampe sekitar 10 detik lagi
Recovery Mode: Tekan Power + Home … tahan sampe 25detik lebih … layar akan mati, dan beberapa detik kemudian akan muncul tampilan minta dicolok ke USB.

TAHAPAN UMUM:
* NORMAL: JAILBREAK – AKTIVASI – UNLOCK
* PROBLEM: (Abis diUNLOCK trus keUPGRADE, jdnya gak bisa diPAKE lagi)
DOWNGRADE via (Restore) iTunes ke 1.0.2 – DOWNGRADE BASEBAND – VIRGINIZE – Ikuti Proses NORMAL

Jailbreak: memungkinkan aplikasi2 “ngoprek” untuk mentransfer data ke iPhone
Aktivasi: memungkinkan iPhone untuk dipakai sebagai iPod dan bisa sync dengan iTunes
Unlock: memungkinkan iPhone untuk dipakai sbg Handphone

Proses Jailbreak & Aktivasi untuk firmware 1.1.1 (Cara Internet):
1. Nyalakan iPhone, lalu slide untuk emergency
2. Saat muncul keypad, ketik “*#307#” lalu dial / “Call”
3. Setelah ringtone bunyi, hapus “*#307#” dengan tombol backspace …
4. ketik “0″ lalu dial / “Call”
5. Saat ringtone bunyi lagi … pilih “Answer” lalu “Hold” berikutnya “Decline” *ingat urutannya*
6. Nanti muncul tampilan, lalu pilih “Contact” dan tekan tombol “+” untuk create contact …
7. Pilih bagian URL … lalu ketik URL … “prefs://1f” … tekan “Save”
8. Pilih “Add New URL” … lalu ketik URL … “http://jailbreakme.com” … tekan “Save”
9. Lalu pilih “Save” sekali lagi … supaya kontak tersimpan
10. Lalu klik ke Contact yg baru saja dibikin, dan klik url yang pertama … “prefs://1f” … nanti Anda akan masuk ke bagian Setting Network … pilih Wireless … lalu coba Connect ke WiFi yang ada.
11. Apabila Anda kembali ke tampilan depan … alias terkunci … Slide to Emergency lagi … lalu tekan “0″ dan “Dial” … lakukan proses … “Answer – Hold – Decline” sekali lagi … supaya bisa masuk ke tampilan kontak, jika tidak berhasil … coba dengan langkah “*#307#” …
12. Apabila WiFi sudah terhubung, lalu Anda klik URL kedua dari Contact yang tadi sudah dibikin “http://jailbreakme.com” … nanti akan terbuka Safari dan konek ke URL tadi … lalu scroll ke bawah … dan install “AppSnapp”
Setelah loading … maka seakan2 Safari “crash” … yaitu kembali ke tampilan sebelumnya. Ini wajar, emang begitu. Kl mo diulang lagi juga gak papa.
13. Setelah Safari Crash, coba kembali ke Contact dengan cara di atas … Tunggu sekitar 1-10 menit, tergantung koneksi internet … krn dia sedang download
14. Nanti akan ada tampilan … bertulisan yg berbunyi mirip2 “TIFF Exploit” … biarin aja sampe proses selesai, nanti iPhone akan restart sendiri … dan Anda akan mendapatkan iPhone sudah ter-AKTIFASI dan JAILBREAK-ed + install aplikasi Installer

Proses Jailbreak + Aktivasi dengan Independence Mac (1.0.2):
1. Siapkan file ipsw firmware 1.0.2, Aplikasi Independence 1.2.5
2. Copy file ipsw ke zip, lalu extract file zip tsb
3. Colok iPhone ke USB, Matikan iTunes, Jalankan iNdependence, Klik Proses “Activate Phone” … dan ikuti panduan yang ada

Proses Jailbreak + Aktivasi dengan iBrickr + PACAY Windows (1.0.2):
1. Siapkan file ipsw firmware 1.0.2, Aplikasi iBrickr, PACAY
2. Copy file ipsw ke zip, lalu extract file zip tsb
3. Colok iPhone ke USB, Matikan iTunes, Jalankan iBrickr … Klik Proses “Free My Iphone” … nanti kl iPhone keluar tampilan segitiga kuning, klik “Restart iPhone” dari iBrickr. —> Proses jailbreak selesai
4. Lalu buka folder PACAY, lalu jalankan activate.bat … emang aplikasi DOS … biarkan sampe selesai, lalu restart iPhone.

Untuk firmware 1.1.1 via komputer, kamu harus downgrade ke 1.0.2 dulu dari iTunes:
1. iPhone dibikin DFU Mode (tekan Power + Home tahan, stl 10 detik lepas Power saja … tahan Home sampe 10 detik lagi)
2. Colok iPhone ke USB
3. Jalankan iTunes
4. Nanti iTunes akan bilang, iPhone dalam recovery mode … need to restore bla bla bla
5. Tekan dan Tahan Tombol Shift (kl Windows) atau Option (kl Mac) … sambil klik ke Tombol “RESTORE”, lalu pilih file ipsw dari iPhone versi 1.0.2
6. Proses seharusnya sekitar 15 menit… Restoring iPhone Software, Veriying iPhone Software, Restoring iPhone Firmware.
iTunes mungkin akan berakhir dengan error 1013/1012 dan iPhone dalam tampilan segitiga kuning.
7. Matikan iTunes, dan jalankan iBrickr (pilih restart) atau iNdependence (tunggu 30 detik). Atau dengan jalankan aplikasi AppTapp Installer
8. Abis ini jalankan proses seperti yang tertulis untuk versi 1.0.2

Proses Unlock tanpa Komputer:
1. Install aplikasi Installer
* kl versi 1.1.1, via akses http://jailbreakme.com lalu install AppSnapp
* kl versi 1.0.2, harus pake komputer via aplikasi AppTapp Installer

Pake anySIM
2. Buka Installer dari iPhone, klik tab “Source”, klik “Edit”, klik “Add”, tambahkan URL: “http://i.unlock.no”
3. Pilih “Refresh” … lalu ke Tab “Install”, pilih kategori “Unlock Tools”, lalu pilih “anySIM” … install
4. Kembali ke tampilan Home, masukkan SIM Card, lalu jalankan anySIM. (pastikan klik hanya sekali2 saja, emang kadang2 terlihat tidak responsive tp biarkan aja)

Pake iPhoneSIMFree
2. Buka Safari, ketik url: http://tinyurl.com/2qxpe6
3. Ikuti proses sampe install
4. Kembali ke tampilan Home, masukkan SIM Card, jalankan iPhoneSIMFree dan terhubung WiFi. (jangan lupa bayar dulu iPhoneSIMFree nya ya sekitar 60USD)

Proses Unlock via Komputer:
1. Download anySIM atau iPhoneSIMFree
2. Jalankan iNdependence / iBrickr
3. Tinggal copy file hasil download … dan taroh ke iPhone
4. Masukkan SIM Card
5. Tinggal jalankan anySIM / iPhoneSIMFree dari iPhone

Larangan:
Jangan pernah Restore / Upgrade iPhone yang sudah diUnlock, apalagi utk saat ini ke versi 1.1.2, krn bakal ribet mbenerinnya.

Fenomena Umum:
Versi 1.0.2 sudah diUnlock, gak sengaja ke Update ke versi terbaru atau Restore – Solusi? Downgrade Firmware ke 1.0.2 via iTunes, Downgrade Baseband, Virginize Baseband, baru diUnlock Lagi

Solusi ini berlaku jg untuk yang kehilangan WiFi, External Speaker, IMEI kosong …

Downgrade Baseband: (nurunin baseband biar sesuai ama versi firmware)
http://code.google.com/p/iphone-elite/wiki/DowngradingBaseband
Cara ini membutuhkan skill UNIX
Kl mo gampang, coba via Installer, add Source “i.unlock.no”, lihat bagian “Unlock Tools”

Virginize Baseband: (membersihkan kotoran dari unlock tools, biar kayak baru beli lg)
http://code.google.com/p/iphone-elite/wiki/RevirginizingTool
Cara ini juga membutuhkan skill UNIX, via Unlock Tools nya Installer juga ada.

Untuk Downgrade dan Virginize Baseband, sekarang udah ada aplikasi nya via Installer, jangan lupa add Source nya “i.unlock.no”, nanti ada dibagian “Unlock Tools”

Sekali lagi ingat …. resiko ditanggung sendiri ya!
Good Luck!

Semoga membantu!😉

Tambahan:
* Kl lagi proses, biarpun blank ato bengong iPhone nya, mendingan biarin aja sampe 30 menit, kl 30 mnt gak ada perubahan baru deh direstart. Jangan sampe nge-ganggu proses yg lagi jalan.

40 Comments Add yours

  1. Agung Yudi Prasetya says:

    Assalamu’alaikum

    Mas, aku dapet dari temen udah di downgrade jadi 1.0.2. Kayanya sih dari 1.1.2, sebab ngeliat dari serialnya udah masuk produk minggu ke 47. Cuman mungkin ga Mas karena di downgrade wifinya jadi ilang. Trus mungkin karena 1.0.2, springnya jadi ga jalan. Alhasil ga bisa nambah program banyak2 karena sudah mentok di satu page aja. Bluetooth, ICCID, dan IMEI aman, Mas. Modem firmwarenya 04.02.13_G. Mohon arahannya Mas.. Matur nuwun. (Sori, sudah coba baca-baca masih ga ngerti juga, Mas)

  2. Agung Yudi Prasetya says:

    Assalamu’alaikum

    Mas, aku dapet dari temen udah di downgrade jadi 1.0.2. Kayanya sih dari 1.1.2, sebab ngeliat dari serialnya udah masuk produk minggu ke 47. Cuman mungkin ga Mas karena di downgrade wifinya jadi ilang. Trus mungkin karena 1.0.2, springnya jadi ga jalan. Alhasil ga bisa nambah program banyak2 karena sudah mentok di satu page aja. Bluetooth, ICCID, dan IMEI aman, Mas. Modem firmwarenya 04.02.13_G. Mohon arahannya Mas.. Matur nuwun. (Sori, sudah coba baca-baca masih ga ngerti juga, Mas)

  3. kl seri 47, belum bisa diunlock dari software lho ya. kl mo beli turbosim kayak yg di bladox.com

    nah kl mau nerusin … itu tinggal di downgrade baseband ama revirginize

  4. kl seri 47, belum bisa diunlock dari software lho ya. kl mo beli turbosim kayak yg di bladox.com

    nah kl mau nerusin … itu tinggal di downgrade baseband ama revirginize

  5. arief says:

    oh gitu base band ikut naik, thx mas… kalau gitu jika base band diturunkan via installer isa kan mas. jadi saya upgrade via itunes dan firmware saya ambil dari tutorialnya mas dicky.

  6. arief says:

    oh gitu base band ikut naik, thx mas… kalau gitu jika base band diturunkan via installer isa kan mas. jadi saya upgrade via itunes dan firmware saya ambil dari tutorialnya mas dicky.

  7. Karl says:

    Mas Dicky, iphone sy kan crash wkt mau upgrade pake anysim 1.2u. trus saya jadi restore ke firmware 1.1.1, trus jalanin IPHUC. koq layarnya tetep lambang itunes & kabel usb ya? ga bisa keluar layar aktivasi gitu.. apa yg salah ya?
    (iphone sy awalnya 1.1.1 unlocked OTB)
    THX

  8. Karl says:

    Mas Dicky, iphone sy kan crash wkt mau upgrade pake anysim 1.2u. trus saya jadi restore ke firmware 1.1.1, trus jalanin IPHUC. koq layarnya tetep lambang itunes & kabel usb ya? ga bisa keluar layar aktivasi gitu.. apa yg salah ya?
    (iphone sy awalnya 1.1.1 unlocked OTB)
    THX

  9. Karl says:

    Mas dicky, sekarang iphone saya versi 1.1.1 trus baseband 04.02.13_g
    tpi SIM card invalid gitu
    trus saya coba pake anysim, failed
    gimana ya mas? bingung..
    THX

  10. Karl says:

    Mas dicky, sekarang iphone saya versi 1.1.1 trus baseband 04.02.13_g
    tpi SIM card invalid gitu
    trus saya coba pake anysim, failed
    gimana ya mas? bingung..
    THX

  11. baca iphone.massaint.com

  12. baca iphone.massaint.com

  13. Irza says:

    mas dicky, sy mau tanya iphone saya koq ga Ada
    installer-nya ya? apakah memang utk beberapa versi iphone tdk Ada? iPhone saya sdh Ada dlm kondisi unlock bs wi fi dan lain? Bagaimana saya bs
    mendapatkan program installer tersebut? Apakah kalau saya meng-install program dari Internet dpt membuat iphone nya ter-lock lg? Tq

  14. Irza says:

    mas dicky, sy mau tanya iphone saya koq ga Ada
    installer-nya ya? apakah memang utk beberapa versi iphone tdk Ada? iPhone saya sdh Ada dlm kondisi unlock bs wi fi dan lain? Bagaimana saya bs
    mendapatkan program installer tersebut? Apakah kalau saya meng-install program dari Internet dpt membuat iphone nya ter-lock lg? Tq

  15. emang bukan bawaan baru beli.
    itu biasanya dipasang ama yg unlock.

    coba aja install pake ziphone
    zibree.blogspot.com

  16. emang bukan bawaan baru beli.
    itu biasanya dipasang ama yg unlock.

    coba aja install pake ziphone
    zibree.blogspot.com

  17. Irza says:

    oh gitu mas. Tp zip phone jg ga ada tuh mas! saya hrs ketahui dulu ga mas kalau iphone saya itu versi yang mana? Yg saya tau cm iphone+4gb. Tq bgt atas sarannya yah mas.

  18. Irza says:

    oh gitu mas. Tp zip phone jg ga ada tuh mas! saya hrs ketahui dulu ga mas kalau iphone saya itu versi yang mana? Yg saya tau cm iphone+4gb. Tq bgt atas sarannya yah mas.

  19. pasti ada di ziphone, wong saya instal udah berkali2 koq :p
    bagusnya cari tau dulu versi nya …
    liat iphone.massaint.com

  20. pasti ada di ziphone, wong saya instal udah berkali2 koq :p
    bagusnya cari tau dulu versi nya …
    liat iphone.massaint.com

  21. aditya says:

    mas mo tanya ni klo iphone saya ke upgrade via itunes kira2 msh bs di unlock ga??
    ap aj kekurangannya? tlg dreply

  22. ke unlock …
    lebih baik baca dulu
    iphone.massaint.com

  23. ricky says:

    Mas Dicky, aku mau tanya nich.
    Koq wifi iphoneku susah sekali yach dipakainya. Jadi bisa detect tapi engga bisa connect. Ada pengaruhnya engga yach dengan sim card ku? Karena temanku pakai simpati gampang2 aja wifi-nya. Sedangkan aku pakai im3, susah banget. Malah temanku itu tanpa menggunakan wifi dia bisa internetan. Gimana yach caranya supaya wifiku jadi gampang? Atau iphoneku bisa internet tanpa wifi?
    Thanks

  24. wifi gak ada hub nya ama sim card.
    kl mo dicoba … restore ulang iphone en unlock lg …

    mungkin bisa lebih baik, kl gak bisa jg … mungkin wifi nya rada rusak

  25. @riv says:

    Mas DQ,

    Serial Number iPhone sy: 879190SS0KH MB384LL/A 16BG. Sebelumnya sdh pernah ter-unluck. sy lakukan update di iTunes setelah itu jd ke lock deh (maklum baru pertama kali pegang iPhone sih)

    sy sdh ikuti semua resource & process yg ada di internet. jg termasuk versi 2.0.2 yg teruji bisa di hack dan jg 2.1 yg baru dirilis, namun semua nya gak bisa unlock.

    sekarang ini yg sy coba dengan AppTapp Installer pake ipsw versi 1.0.1. adakah solusinya?

    mohon bantuannya dong mas, kepala sy sdh penat nih 2 hari gak dapet2 nge-unlock aja.

    suwun,
    @riv

  26. iphone firmware 2.1 udah bisa diunlock dengan cara yg sama dengan panduan terakhir di iphone.massaint.com

  27. gede says:

    sebulan ini saya nyari yang ini.

    tks

  28. gede says:

    malam mas dicky, saya menggunakan iphone 3G yang versi 2.2 , sudah dapat saya instal cydia, cuma saya masih bingung apabila akan saya pergunakan untuk modem. apa yang harus saya lakukan lagi.

    tks

  29. @gede: saya belum pernah pake as modem, kayaknya gak bisa lsg … by default emang gak didesign bisa dipake as modem

  30. gede says:

    Malam mas, saya tidak dapat menemukan juga yang enak dan free untuk modem, tapi dapat yang istilahnya tethering dengan vista, sekarang lagi nyobain dengan itu dan berhasil, nanti akan saya susun dulu tahapannya dengan windows vista, kalo sudah oke kan saya lampirkan untuk dibagi ke temen temen. tks

  31. ziar says:

    aq ponya iphone 3g
    masalahnya : kemaren diupgreat pake itunes 8, tp ngak kelar coz mati lampun. jd skarang iphonenya gak bisa digunakan
    kalo masuk ke itunes 8 dia bilang ” the sim card inserted in this iphone oes not appear to be supporte” please bantunanya segera.
    makasi sebelumnya

  32. baca iphone.massaint.com
    DFU Mode dl … trus restore …

    Kl bukan factory unlock, harus diunlock lg😉

  33. naruchyo says:

    maaf.
    saya mau tnya nih.
    kalo misalnya cydia udah d instal.
    trus kalo d update k v3.0 bisa ga yah?
    ga ad resikonya kan?
    saya pke iphone 2g v2.2.1
    terima kasih

  34. arhi says:

    mas, saya mau tanya klu mau donlot pacay dimana ya?saya sudah coba cari di google tapi gag da yang bisa.
    Terima kasih^^

    1. @arhi: panduan unlock sudah banyak berubah … kl masih firmware 2.x ke bawah bisa baca iphone.massaint.com … kl 3.x bisa ke hackthatphone.com

  35. blass says:

    waduh…. saya susah untuk memahami.
    karena gapteknya saya.
    modal saya hanya 1 pantang menyerah. tapi kok susah untuk memahami. semua intruksi dah tak coba di web ini atau di web lain.. saya capek sekali muter sana muter sini memahami ini memahami itu.. padahal saya juga teknisi komputer tapi berhadapan ama Apple ini kok susah sekali.. saya nggak punya notebook Aple jadi pake Xp sp2. tetap modalnya 1 pantang menyerah.. nggak dong sekarang akan aku coba pahami walau 1000 tahun

    Saya berharap ada malaikat dari web ini yang bisa menyelesaikan masalah saya.

    ipod saya
    base band =04.02.13 G
    firmware = 3.lupa — tapi hasil cek dari hitungan Seria number ver 1.12
    bootloader = ver 4.6
    serrial number = 887 49 2CX WH8

    nggak sengaja pake itune 9.1.1.12 terupdate ke versi “nggak tau”

    Sekarang iphone hanya bertuliskan “Slide for emergency” dan ada gambar USb yang beranak panah ke Itune.

    Coba dial *#307# nada tone nggak ada dan langsung “Call Failed” tekan done balik lagi ke slider emergency……..begitu aja nggak bisa ngapa ngapain.

    masuk save mode / recovery /DFU mode atau ada yang ngeyel save mode itu beda dengan DFU… istilahnya jadi puyeng. yang penting itune mendeteksi recovery dan iphone tidak ada slider emergency-nya. begitu di hubungkan ke itune dan di restore manual..eeeee munculnya eror no 20 ngatasi eror 20… jawabanku NGGAK tau juga.

    NAH..ini yang bikin jadi stak kehabisan ide + capek.

    kondisi ini apakah iphone istilahnya belum di unlock atau belum di aktivasi ?

    apakah kartu SIM card Simpati nya bermasalah ?

    pingin chat dengan customer service Apple… nggak nemu..

    barangkali ada yang tahu ada malaikat di sini yang bisa bantu saya.. atau baiknya iphonenya di banting aja..he..he..he..

    saya yakin di luar sana banyak yang terupdate seperti saya. karena fungsi tombol restore di itune tidak bisa otomatis update dengan versi dan baseband secara otomatis. kayaknya Apple sengaja kali ya… biar banyak orang klik dan setelah itu restore-nya… alamak susahnya. dapet pahalakah bila bikin orang susah ?..he..he..he

    trimakasih bantuanya tetap di tunggu dan posting ini tetap saya pantau.

  36. blass says:

    terkadang saking stresnya berusaha ngatasin masalah Iphone… ada gajah di pelupuk mata aja tetap nggak tahu…. hanya orang lain yang bisa lihat. dan di harap orang lain tersebut iklas untuk memberitahukan bahwa “apa yang kamu cari sudah di depan mata”…. baru kita bilang OOOOOOOO begitu ya…

  37. alvon says:

    Saya beli Iphone 4 batangan model MC603ID oktober 2011 lalu saya upgrade ke ios 6 pada september lalu…sekarang ga ada sinyal, alamat Wi-Fi ataupun Bluetooth…Apakah ini perlu Unlock atau ada yg salah dalam upgrade…ini FU atau SU yah…lalu ini operator dari mana yah…? Makasih….

    1. alvon says:

      saat upgrade pake itunes selalu error (-1) dan katanya itu ” baseband problem”..lau saya ikuti petunjuk bang
      google, dan hasilnya iphone nyala tapi ga bisa pake layaknya handphone…..bantu idenya mas

Leave a Reply

