Unlocking iPhone firmware versi 1.0.2

Persiapan

Berikut adalah hal2 yang harus disiapkan sebelum melakukan unlock iPhone:

1. Upgrade MacOS X versi 10.4.10
Intel Combo
PPC Combo
2. Upgrade iTunes versi 7.4 – Download
3. Pastikan iPhone dalam kondisi Full Charge, dan lebih baik tercolok USB dengan komputer agar selalu Charging dan Connected
4. Download file2 berikut:
* Firmware iPhone 1.0.2: Download
* INDependence: Download
* AppTapp: Download
* anySIM: Download
* iFuntastic: Download (optional)
5. Cari tempat ber-WiFi dan koneksi internet yang cukup stabil dan kl bisa kenceng
6. Extract file .ipsw dengan Stuffit Expander, hasilnya sebuah folder
7. Colokkan iPhone ke Mac, usahakan batere sudah Full atau minimal setengah isi
8. Matikan iTunes jika otomatis menyala saat dicolokan

Proses ByPass Aktivasi
1. Buka/Mount File iNdependence_v1.2.1a_bin.dmg
2. Copy aplikasi INdependence ke HD
3. Jalankan aplikasi INdependence
4. Keluarkan SIM card dari AT&T dari iPhone, bisa gunakan paper clip yang kecil … tusuk hingga menyentuh bagian dasar, dan tekan hingga terdorong keluar.
5. Lalu masukkan SIM card yang kamu punya, kecuali SIM card milik Telkomsel = Kartu AS, Halo, Simpati.
Jangan lupa untuk mematikan Autolock nya iPhone dari Setting – General.
6. Pilih Activate Phone, lalu saat ditanya versi firmware, pilih versi 1.0.2 lalu pilih folder hasil extract file .ipsw
(bukan pilih file .ipsw nya ya)
7. Lalu biarkan saja proses berjalan dengan sendirinya.
Apabila iPhone me-restart dan meminta dikonek dengan iTunes … biarkan saja, jangan diaktifkan.
Dan biarkan saja iPhone dalam kondisi demikian hingga sekitar 5-10 menit.
Nanti iPhone akan restart dan kembali dengan tampilan “Slide to Unlock”
8. Nah mudah2an setelah ini sudah bisa dipakai sbg iPod😀 dan iTunes sudah dibisa digunakan untuk Sync data

Ingat Proses Aktifasi ini hanya berfungsi per SIM card, jadi kl ganti SIM card musti diaktifasi lagi.

Proses UnLock
1. Masih dengan aplikasi INdependence, pilih tab Jailbreak
2. Jalankan Jailbreak, dan proses kurang lebih mirip proses aktivasi (poin no 4-5)
Proses Jailbreak ini memungkinkan untuk mengakses file2 di iPhone
Kl perlu silahkan install SSH server dari INdependence setelah proses jailbreak berhasil.
3. Extract file anySIM.zip, lalu copy anySIM.app dengan INdependence (dari tab Customize) ke folder Applications di iPhone
4. Pastikan iPhone sudah teraktivasi dengan SIM card yg terpasang, dan iTunes pun sudah gak ada problem utk sync.
5. Jalankan anySIM dari iPhone, jika belum muncul … silahkan restart dulu iPhone nya.
6. Proses Unlock dari anySIM membutuhkan waktu cukup lama sekitar 5-10menit, jangan diutak-atik … jgn pencet apa2 dan jangan sampe kehabisan batere … lebih baik tetep dicolok ke Mac.
7. Setelah proses selesai, silahkan dilihat apakah sudah muncul sinyal dan nama operator di kiri atas, kl belum … silahkan restart iPhone sekali saja. Kl gak muncul, berarti proses gagal.

Catatan: Tulisan ini berdasarkan pengalaman nge-unlock iPhone versi 1.0.2 dan berhasil.
Saya tidak menanggung jika terjadi kesalahan atau kegagalan dalam Unlock yang dilakukan oleh Anda sendiri.
Semoga membantu.

Install Aplikasi2 Tambahan
1. Extract file AppTappInstaller.zip
2. Colokan kabel iPhone ke Mac
3. Jalankan aplikasi AppTapp
Nanti dia akan install aplikasi Installer di iPhone
4. Nah nanti silahkan jalankan aplikasi Installer di iPhone
Bakal ada banyak aplikasi2 tambahan di sana😉
5. Yang perlu diinstall pertama kali dari Installer: Community Sources
Di sini diperlukan koneksi internet dari iPhone, enakan pake WiFi
6. Kl mo install iPhoneSIMFree (unlock yang berbayar) … silahkan buka URL http://tinyurl.com/2uj9mc dari Safari di iPhone

44 Comments Add yours

  1. bedhiah says:

    wah pake mac yah?
    mas dicky kalo pake windows gimana?
    bis nggak punya mac and nggak ngerti juga🙂

  2. bedhiah says:

    wah pake mac yah?
    mas dicky kalo pake windows gimana?
    bis nggak punya mac and nggak ngerti juga🙂

  3. pake ibrickr ama pacay …
    tp mending dikerjain ama yg ngerti unix …

    krn ada kemungkinan salah prosedur bikin iphone jd super ngaco😀

  4. pake ibrickr ama pacay …
    tp mending dikerjain ama yg ngerti unix …

    krn ada kemungkinan salah prosedur bikin iphone jd super ngaco😀

  5. bila says:

    mo nanya dong.. pas beli iphone ktnya ga blh di upgrade. skg ud ada itunes-nya yg 7.5 tp bsnya bwt iphone yg 1.1.2.. tp saya punyanya iphone yg 1.0.2😦 jd gmn dong? kan ga blh di upgrade.. trus saya jg pakenya windows.. reply asap yaaa

  6. bila says:

    mo nanya dong.. pas beli iphone ktnya ga blh di upgrade. skg ud ada itunes-nya yg 7.5 tp bsnya bwt iphone yg 1.1.2.. tp saya punyanya iphone yg 1.0.2😦 jd gmn dong? kan ga blh di upgrade.. trus saya jg pakenya windows.. reply asap yaaa

  7. iphone nya emang lebih baik gak diupgrade.
    kl diupgrade, musti di”obok”2 lg

    trus itunes 7.5, bisa koq dipake buat iphone brp aja. cmn dia pasti bilang ada versi baru utk upgrade. nah dicancel aja.

  8. iphone nya emang lebih baik gak diupgrade.
    kl diupgrade, musti di”obok”2 lg

    trus itunes 7.5, bisa koq dipake buat iphone brp aja. cmn dia pasti bilang ada versi baru utk upgrade. nah dicancel aja.

  9. bedhiah says:

    huhuhu setelah ngulik bebrapa hari dan mencoba beberapa kalipetunjuk dari blog ini alhirnya bisa ngejailbreak, activate, ampe unlock iphone🙂

    pertama2nya sih susah banget bis nggak ngerti sama sekali tapi akhirnya bisa juga, sempet ilang storagenya jadi 300 mega mas. karna nggak punya mac and sshnya nggak jalan dengan bener jadi koneksi wifi dari hp ke komp na suka error saya downgrade lagi ke 1.0.2 padahal 1.1.1 dah jalan wat nelp tapi yah storagenya jadi 300 Mb.

    pengen nyobain lagi sih ntar upgrade ke 1.1.1 tapi kayanya musti nugguin temen minjemin macnya biar bisa install independent ma kill 300 Mb

    huhuhu
    thx yah mas.

  10. bedhiah says:

    huhuhu setelah ngulik bebrapa hari dan mencoba beberapa kalipetunjuk dari blog ini alhirnya bisa ngejailbreak, activate, ampe unlock iphone🙂

    pertama2nya sih susah banget bis nggak ngerti sama sekali tapi akhirnya bisa juga, sempet ilang storagenya jadi 300 mega mas. karna nggak punya mac and sshnya nggak jalan dengan bener jadi koneksi wifi dari hp ke komp na suka error saya downgrade lagi ke 1.0.2 padahal 1.1.1 dah jalan wat nelp tapi yah storagenya jadi 300 Mb.

    pengen nyobain lagi sih ntar upgrade ke 1.1.1 tapi kayanya musti nugguin temen minjemin macnya biar bisa install independent ma kill 300 Mb

    huhuhu
    thx yah mas.

  11. upgrade ke 1.1.1 gak perlu mac jg bisa koq
    liat2 aja artikel yg laen😉

  12. upgrade ke 1.1.1 gak perlu mac jg bisa koq
    liat2 aja artikel yg laen😉

  13. Dadang Suherman says:

    mAS DICKY AKU PAKE IPHONE VERSION 1.0.2 DIMANA YA BISA DAPETIN ITUNES SYNC NYA? KASIH DONG MAS THANKS

  14. Dadang Suherman says:

    mAS DICKY AKU PAKE IPHONE VERSION 1.0.2 DIMANA YA BISA DAPETIN ITUNES SYNC NYA? KASIH DONG MAS THANKS

  15. suces777 says:

    bos aq punya program untuk unlock iphone version 1.1.3 ,gampang cara mengerjakannya tinggal klik 2 aja … kurang dari lima menit selesai . dijamin puas ….
    MAU ………………
    hub: aq email :suces777@yahoo.com

  16. suces777 says:

    bos aq punya program untuk unlock iphone version 1.1.3 ,gampang cara mengerjakannya tinggal klik 2 aja … kurang dari lima menit selesai . dijamin puas ….
    MAU ………………
    hub: aq email :suces777@yahoo.com

  17. ci yeee… ceritanya numpang ngiklan … sorry ya mas.
    di sini bukan sarana cari duit.

    kl mo lsg download aplikasinya:
    search aja google utk: ijailbreak atau ziphone

  18. ci yeee… ceritanya numpang ngiklan … sorry ya mas.
    di sini bukan sarana cari duit.

    kl mo lsg download aplikasinya:
    search aja google utk: ijailbreak atau ziphone

  19. SAtria Pamungkas says:

    pak… saya mo nanya nihh…
    apa siy perbedaan iphone asli ama yg palsu ato BM & dimana letak perbedaannya?

    thanks in advance

  20. SAtria Pamungkas says:

    pak… saya mo nanya nihh…
    apa siy perbedaan iphone asli ama yg palsu ato BM & dimana letak perbedaannya?

    thanks in advance

  21. iphone asli ama palsu itu biasanya bikinan apple asli ama bikinan cina, alias asal mirip iphone.
    nah kl BM, emang di indonesia semuanya BM gak ada yg resmi😉

  22. iphone asli ama palsu itu biasanya bikinan apple asli ama bikinan cina, alias asal mirip iphone.
    nah kl BM, emang di indonesia semuanya BM gak ada yg resmi😉

  23. Monica says:

    Pak, mo nanya nih. Saya bli iphone BM US versi 1.1.1 udah di unlock pake anysim dr sananya. Trus pas install itunes 7.5 dia minta di upgrade jd 1.1.4. saya ngga tau, jd saya ok aja. setelah upgrade selesai, anysim nya hilang dan iphone saya berfungsi seperti ipod touch. Lalu saya coba2 unlock ngikutin tutorial di youtube tp g ngerti. Kt nya hrs di downgrade dulu. Setelah saya ikuti saya stuck di menu emergency. Sekarang iphone saya ngga bisa d pake, krn stuck di situ. Mohon solusinya ya pak..

    Bpk pny toko/ tau toko yg bs servis unlock iphone tdk?

    email saya di: glossy-gloss@hotmail.com

    Thanks

  24. Monica says:

    Pak, mo nanya nih. Saya bli iphone BM US versi 1.1.1 udah di unlock pake anysim dr sananya. Trus pas install itunes 7.5 dia minta di upgrade jd 1.1.4. saya ngga tau, jd saya ok aja. setelah upgrade selesai, anysim nya hilang dan iphone saya berfungsi seperti ipod touch. Lalu saya coba2 unlock ngikutin tutorial di youtube tp g ngerti. Kt nya hrs di downgrade dulu. Setelah saya ikuti saya stuck di menu emergency. Sekarang iphone saya ngga bisa d pake, krn stuck di situ. Mohon solusinya ya pak..

    Bpk pny toko/ tau toko yg bs servis unlock iphone tdk?

    email saya di: glossy-gloss@hotmail.com

    Thanks

  25. kitux says:

    pak, say apunya iphone versi 2xx. nah, waktu itu saya gak bisa syn itunes, krn katanya gak bs baca disk dari iphone saya. logika saya akhirnya saya format hddnya dan setingnya “all erase data and setting”
    trus oke dan ada logo apple dan loading barnya lama banget, setelah 2 jam, akhirnya muncul logo “nanas”. layar gelap, dimatiin gak bisa, sampe batre abis, disas gitu lagi.
    yang mau saya tanya kenapa ya pak? apa itu ter”locked” lagi??
    thanks pak.
    mohon bantuannya.

  26. kayaknya kelock lagi …
    harus direstore lagi … coba liat2 aja
    http://iphone.massaint.com artikel yg akhir2

  27. alex says:

    mas dicky,
    mau konsultasi donk…maklum awam.
    baru dapet iphone 2G 2.2 dan pake itunes 8.xx di windows. mau coba unlock sendiri nih. sebelumnya iphone ini di pake di AT&T network.
    uda download ziphone ver3.0 tapi agak bingung cara ngerjainnya.
    mohon pencerahannya….
    bisa

  28. coba baca iphone.massaint.com

  29. rahmad says:

    mas q kmrn beli ipone tapi second,gambar belakangnya aple,tapi yg bawah ada tulisanya DESIGN IN CALIFORNIA ASEMBLING IN CHINA itu asli aple bukan y mas,onegashimasu

  30. Rudy says:

    Mas Dicky,

    Sorry mas tempat comment disini, saya jadikan tempat buat nanya.

    Saya punya iPhone masih versi 1.0.2 dan menu-menunya masih original belum ada tambahan apa-apa.
    Sekarang saya mau tambahkan menu aplikasi SMSD (agar supaya mau SMS bisa langsung forward dan tidak perlu diketik-ketik lagi. Kata orang mesti install aplikasi installer dulu ke iPhonenya. Apa bener ? Dan gimana caranya mas?

    Please kasih advis nya mas, thank you sebelomnya.

    Salam,
    Rudy

    1. coba baca iphone.massaint.com
      silahkan coba proses upgrade ke firmware 1.1.4

  31. Reve Marlon says:

    Mas Dicky,

    Wah bagus banget artikelnya, byk membantu yg nyubie ini.

    Btw, saya baru beli iphone 2G second trus dicek firmwarenya 1.0.2 dan kondisi sudah unlock (bisa call pake kartu AS).
    Masalahnya icon apps store gak ada tapi ada beberapa icon bukan bawaan apple apps store seperti installer,anySIM. dll. Padahal saya ingin update games yang sudah saya download lewat itunes.
    Apa perlu saya update firmware, trus jailbreak pake quickpawn tool supaya apps store icon muncul lagi di iphone?
    makasih infonya.

    1. baca iphone.massaint.com

  32. rhesa says:

    mau tanya nih mas..kmrn saya bis beli iphone yg 2G second..saya coba untuk transfer file oq ga bisa y??knp dengan bluetootnya ya mas??oq kata orang2 bluetooth iphone cuma bisa buat handsfree aja??thx mas sory kalo ngejunk

    1. setau sy sih blutut file transfer emang belum bisa dr iphone polosan …
      tunggu iphone firmware 3.0 ato pasang aplikasi 3rd party

  33. rhesa says:

    ow gt ya mas..thx u..

  34. nini says:

    mas untuk data kartu kredit buat beli unlock code itu dijamin aman?soalnya takut kartu kreditnya di hack

  35. nini says:

    mas sy mau nanya.buat beli unlock iphone di jamin aman gak?takutnya kartu kredit saya di hack.

    1. @nini: beli nya di mana ? knp gak beli di roxy aja ? ato di telkomsel

  36. Edho Ardan says:

    Mas Mw minta Petunjuk neh,,,,

    Aq Punya Iphone ver. 1.0.2 ,,, trus aq upgrade ke versi3 (o’on seh ) … eh, dy nya error mas???? trus iphone nya malah ke uNLock ,, ToLONG mas bantuin gimana caranya biar bisa dipakek lagi … biarin dah pake yg versi 1.0.2 ToLONG ya Mas BanTuaNnya,,, maKAsih !!!

    1. @edho: harus tunggu ada solusi utk unlock iphone 3 dulu😉

  37. aji dStRoKeS says:

    sama tuh sy juga bli iphone ad gambar aple tapi ad tulisan DESIGN IN CALIFORNIA ASEMBLING IN CHINA itu asli aple bukan y

Leave a Reply

