Kirim Fax dr Linux Pake Hylafax

Distribusi: Fedora Core 5
Installer: rpm dari paket FC 5

Installasi:
– install hylafax dari rpm standard aja
– lalu jalankan “faxsetup” utk setting fax server dan isi sesuai pertanyaan
– lalu jalankan “faxaddmodem” utk setting modem (misal ttyS0)
– aktifkan fax server “/etc/init.d/hylafax restart”
– lalu jalankan “faxmodem ttyS0” utk memberitahukan fax server bahwa modem ttyS0 bisa digunakan sbg fax

Kirim fax dari file:
* format yg bisa langsung dikirim adalah TEXT dan PS (postscript)
* Untuk HTML, bisa manfaatkan html2ps
* Utk PDF, bisa pakai pdf2ps

Cara kirim:
* sendfax -d [no tujuan] [namafile]

Doc lengkap nya di sini:
http://www.hylafax.org/content/Handbook:Binary_Package_Install

8 Comments Add yours

  1. yudi mei kurnianwan says:

    salam kenal dicky saya sudah lama berkutat di dunia linux alias belajar seluk beluk linux sebab di perusahaan saya sedang migrasi windows ke linux.
    untuk fax otomatis kami menggunakan winfax selama ini yang berbasis windows. untuk migrasinya akhirnya saya mencoba hylafax tapi ada kendala ketika mau sendfax yaitu “can not determine type file” apakah ada yang kurang dalam settingannya sebab saya pakai FC 5 sesuai dengan panduang pa’ dicky.

  2. yudi mei kurnianwan says:

    salam kenal dicky saya sudah lama berkutat di dunia linux alias belajar seluk beluk linux sebab di perusahaan saya sedang migrasi windows ke linux.
    untuk fax otomatis kami menggunakan winfax selama ini yang berbasis windows. untuk migrasinya akhirnya saya mencoba hylafax tapi ada kendala ketika mau sendfax yaitu “can not determine type file” apakah ada yang kurang dalam settingannya sebab saya pakai FC 5 sesuai dengan panduang pa’ dicky.

  3. file yg dikirim apa ya ?
    coba cek pake “file namafile_yg_mo_dikirim”

  4. file yg dikirim apa ya ?
    coba cek pake “file namafile_yg_mo_dikirim”

  5. yudi mei kurniawan says:

    pa’ dicky tadi saya coba fax dengan extension pdf berhasil cuman untuk kirim file ber extension .rpt atau csv di ngga’ mau errornya “can not determine type file” dimanakah letak settingannya ya pa’

  6. yudi mei kurniawan says:

    pa’ dicky tadi saya coba fax dengan extension pdf berhasil cuman untuk kirim file ber extension .rpt atau csv di ngga’ mau errornya “can not determine type file” dimanakah letak settingannya ya pa’

  7. file nya mau gak mau musti diconvert ke postscript dulu …
    ato pdf trus ke ps …
    emang gak bisa lsg …

  8. file nya mau gak mau musti diconvert ke postscript dulu …
    ato pdf trus ke ps …
    emang gak bisa lsg …

Leave a Reply

