Memaksa DialUP di MacOS X menggunakan PAP

Secara default, dialup / PPP di MacOS X menggunakan CHAP / MS-CHAP, tetapi berhubung Indosat M2 3G menggunakan PAP, maka kemaren aku mencari2 cara utk memaksa PAP di Mac ;))
Soalnya gak ada di GUI :p

Cara nya gampang2 susah … (via terminal)
1. bikin file /etc/ppp/options
2. set mode … chmod a+x /etc/ppp/options
3. isi dari /etc/ppp/options
refuse-chap
refuse-mschap

Udah gitu aja … nah untuk mengembalikan ke CHAP/MS-CHAP tinggal HAPUS/RENAME/kasih pager aja …😉

5 Comments Add yours

  1. ryosaeba says:

    man pppd: /etc/ppp/options
    System default options for pppd, read before user default options or command-line options.

    ~/.ppprc
    User default options, read before /etc/ppp/options

  2. yudi says:

    Numpang tanya pak,
    bikin file etc/ppp/options itu bagaimana, dimana dan dengan extention apa? boleh minta petunjuk dengan scrin shot gitu pak? di email saja kalo ada file pdfnya.
    Sampai saat ini saya belum berhasil seting PAP.
    Trims, Yudi

  3. rpoppy says:

    halo mas dicky..
    salam kenal ya…
    saya sudah coba driver yang ada di web ini.. tapi kenapa masih gak bisa konek ya? selalu saja muncul error di mac saya, erornya seperti ini “could not negotiate a connection with the remote PPP server. Please verify your settings and try again”

    sinyal terdeteksi WCDMA, modem huawei E172, telkomsel flash, modem huawei sudah terdeteksi di hardware, kira2 apa yang dapat saya lakukan yah?

    terima kasih sebelumnya..

    1. belum pernah coba pake E172

  4. efendi says:

    Sore Pak Dicky,

    problem saya sama dengan seperti yang dikatakan pak Yudi, saya sudah mencoba sesuai dengan yang dijabarkan oleh pak Dicky, tetapi saya belum mengerti dan belum bisa membuat file di /etc/ppp/options via terminal, tolong jika tidak keberatan dpt di-email ke saya print screen-nya atau panduannya via email. (efendi117@yahoo.com). Thanks berat.

Leave a Reply

