Ati2 dengan Kernel Fedora Core 4 => 2.6.14-1.1644_FC4

Berawal dengan kebutuhan untuk mengaktifkan kabel data Sony Ericsson DCU-11 yang tidak ORI, yang ternyata setelah diselidiki mempunyai identitas sbb :
– Vendor: Sillicon Lab
– Driver: CP-2101
(cat /proc/bus/usb/devices)

Di mana, tipe ini ternyata “tidak” disupport oleh Linux pada kernel2 sebelum 2.6.14 …
Setelah googling dan experiment, kernel Fedora Core 4 dengan versi 2.6.14-1.1644_FC4 telah mendukung kabel data ini dan teruji bisa!

TAPIIII ….
Alangkah kacau nya setelah melihat USB-USB device lainnya yang sudah tertata dengan baik menggunakan UDEV tidak dapat berjalan!

1. USB device bisa berjalan jika belum di-“ganti” addressnya dengan UDEV
2. kl update address pake UDEV, maka USB device dengan alamat yang baru tidak bisa dipakai

* entah berhub ato gak … Device yang ada di Serial Port pun hanya bisa dipake pas awal aja, berikutnya dodol.

Jika temen2, ngalamin hal yang menyerupai dengan hardware2 yang ada …. segera tuduhlah kernel nya … dan segera downgrade aja! or tunggu update nya lg😉

41 Comments Add yours

  1. siaziz says:

    mas2..
    link yg belajar/tutorial error ya?

  2. Anonymous says:

    mas2..
    link yg belajar/tutorial error ya?

  3. massaint says:

    maksudnya link yg belajar/tutorial error ?😀 binun …

  4. Anonymous says:

    maksudnya link yg belajar/tutorial error ?😀 binun …

  5. Anonymous says:

    pertanyaan newbi di wifi, gimana caranya nge-cek fitur wds ??

    *serius, males googling*

  6. Anonymous says:

    Musti liat di spek produk nya … itu hanya satu2nya!😉

  7. Anonymous says:

    wow menarik euy..
    gue punya 2 buah wrt54gs yang terpisah (masing masing konek ke lannya) nah keduanya gue mo gabung.. pakai airpointpro outdoor 18DB (punya smartbrigde). pertanyaannya gimana caranya supaya sukses nyambung kedua jaringan tadi … ?

    boleh dong di bagi ilmunya…
    ke bagushr3@yahoo.com

    thanx sebelumnya …

  8. Anonymous says:

    mustinya kl ngikutin yg aku tulis, bisa deh …

  9. imoel says:

    Jangan buru – buru menyalahkan OS(fedora), apa anda menginstall device driver tanpa menggunakan yum? hal ini sangat tidak disarankan mengingat system akan gampang “kotor” dan susah untuk ngebersihinnya kalo install soft/driver pake ‘make install’ kenapa tidak upgrade aja kernelnya? saya juga menemui masalah yang sama mengenai hardware, tapi setelah mengupgrade kernel ke versi terbaru yang disediakan fedora, semua masalah hilang(walaupun perlu sedikit tweak disana sini…)..

    Terus mencoba trial error, itu semangat linux…:)
    imoel

  10. Anonymous says:

    Jangan buru – buru menyalahkan OS(fedora), apa anda menginstall device driver tanpa menggunakan yum? hal ini sangat tidak disarankan mengingat system akan gampang “kotor” dan susah untuk ngebersihinnya kalo install soft/driver pake ‘make install’ kenapa tidak upgrade aja kernelnya? saya juga menemui masalah yang sama mengenai hardware, tapi setelah mengupgrade kernel ke versi terbaru yang disediakan fedora, semua masalah hilang(walaupun perlu sedikit tweak disana sini…)..

    Terus mencoba trial error, itu semangat linux…:)
    imoel

  11. massaint says:

    buat imoel, thank buat sarannya.

    tapi sayang kamu kurang memperhatikan isi dari artikel ini. bahwa maksud saya adalah FC4 mengeluarkan update kernel versi 2.6.14-1644, dan versi ini memiliki ketidakcocokan dengan udev dari FC4 yang udah ada.

    dalam kasus saya, server pertama kali diinstall dengan FC4, dan berjalan dengan baik tanpa masalah, kemudian saya update kernel dengan 2.6.14-1644 tetapi malah jadi masalah. akhirnya saya kembalikan ke kernel FC4 update yg sebelumnya.

    hehehehehee …. kita mah kl iseng kompile kernel sekalian koq ;))

  12. Anonymous says:

    buat imoel, thank buat sarannya.

    tapi sayang kamu kurang memperhatikan isi dari artikel ini. bahwa maksud saya adalah FC4 mengeluarkan update kernel versi 2.6.14-1644, dan versi ini memiliki ketidakcocokan dengan udev dari FC4 yang udah ada.

    dalam kasus saya, server pertama kali diinstall dengan FC4, dan berjalan dengan baik tanpa masalah, kemudian saya update kernel dengan 2.6.14-1644 tetapi malah jadi masalah. akhirnya saya kembalikan ke kernel FC4 update yg sebelumnya.

    hehehehehee …. kita mah kl iseng kompile kernel sekalian koq ;))

  13. Anonymous says:

    mas, jaht ato wp400 beli berapaan satunya? dimana? terus utk mas bagus, wrt54g versi berapa mas, mas bagus tinggal dimana ne? saya dibandung, mo minta2 infonya

  14. Anonymous says:

    jaht sekitar 700rb, mending beli belkin or linksys deh … harga 600rb an tp lebih ok.
    utk wrt54g … pilih wrt54g versi dibawah 5 (1 s/d 4) or wrt54gs or 2rt54gl
    harga dari 600-800rb

  15. Anonymous says:

    mas, kalo untuk rt rw net yang harganya gak terlalu mahal apa ya?

  16. Anonymous says:

    paling ideal mungkin belkin ato linksys wrt54g😉
    tinggal direlay aja

  17. Anonymous says:

    semua WDS mungkin sama yaks, kl yang di mikrotik konsep nya gmn

    wwd:roll:

  18. Anonymous says:

    mas kalo kelemahan jaht dimana ya?
    saya udah pasang padahal jaraknya dekat tapi terkadang signalnya suka ilang saya coba cek ndk ketemu2 mudahan mas bisa membantu..
    makasi sebelumnya.

  19. Anonymous says:

    kelemahan JAHT, emang soal sinyal nya … kurang kuat

    Keliatan dr penampilan fisik nya ;))

  20. Anonymous says:

    -kalo wrt54g ama wap54g bedanya apa???
    -trus kalo pake wrt54g apa harus daftarin mac addresnya ke servis providernya???

  21. Anonymous says:

    WRT = wireless router
    WAP = wireless access point

    bedanya ? WAP gak punya fungsi sebagai gateway / router …

    sedangkan WRT = WAP + router

    WAP bisa “dianggep sama” dengan HUB.

    ——–

    Kl ISP yg perlu bukan MAC Address nya WAP tp ADSL modem / Cable Modem nya😀

  22. Anonymous says:

    saya skrg punya wrt54g versi 5 trus saya pasang mengikuti wizardnya. sampai langkah ke-8. saya diminta memasukkan password..kalo untuk wrt54g v5 ini passwordnya apa ya??? soalnya saya masukkan password ‘admin’ tapi setelah itu jendela passwordnya masih tetap keluar lagi..

  23. Anonymous says:

    u/ dian: coba ikutin petunjuk yang ada di manual book nya wrt54g.😉

  24. atha says:

    Ada nggak forum yang membahas khusus fedora yang berbahasa Indonesia. Kayak ubuntulinux.or.id gitu …?

  25. Anonymous says:

    Ada nggak forum yang membahas khusus fedora yang berbahasa Indonesia. Kayak ubuntulinux.or.id gitu …?

  26. Anonymous says:

    gimana caranya untuk mendapat akses internet gratis via wifi dari daerah perumahan dan cara nembak ip addressnya?

  27. Anonymous says:

    kayaknya kl gratis sih “agak” mustahil ya … kecuali ada yg mau ngasih.
    en setting dll nya tanya yg ngasih nya😀

  28. Anonymous says:

    mas tolong dong
    aku ada linksys wrt54g
    trus ada alconASU24005g
    linksys jadi AP
    alcon jadi repeater
    udah aku set smua tapi kok setiap 10-20menit alcon ndak isa konek,
    harus restart alcon agar bisa konek lagi . begitu seterusnya,
    pliss help me, Mas Dicky

  29. Anonymous says:

    hemmm mungkin problem nya di alcon nya.
    coba upgrade firmware nya dulu

  30. Anonymous says:

    mas mau nanyak nih, saya udah mendaftar di salah satu isp dan sekarang saya konec 24 jam. kalau saya beli wap54g dan saya pasang di rumah sebelah dengan settinggan yang sama pada komputer saya apa kira kira pihak isp tahu klo ada yang makek satu ip 2 orang.
    terimakasih

  31. Anonymous says:

    mas kalo jara point to point terlalu dekat hasilnya gmn ?
    malah bagus atau malah jelek?
    soalnya saya lakukan point to point, jarak kurang dari 1 km, tp hasilnya kok malah gak memuaskan. kenapa ya mas ?

  32. Anonymous says:

    to andi:
    konek isp nya pake apa ? kl pake modem adsl / kabel … ip yg di LAN gak akan keliatan lsg.

    to ub3d:
    kl soal jarak, mending cek ke spek hardware nya.
    kl antar poin sih, makin deket makin bagus😀

  33. Anonymous says:

    mas klo usb wireless ad ga yang portnya firewire, aq dah gooling2 ga dapet juga, dan bisa ga di jadiin AP di instansi saya dan jarak nya berapa kilo tuh mas ???

  34. Anonymous says:

    firewire kayaknya skrg ini baru dipake sbg kabel data / media transfer, belum sebagai interface utk colok hardware.

    beda ama usb yg singkatannya jg “Universal” Serial Bus ;))

    Kl access point yg biasa sih cuman kecil, kl ruangan terbuka sih bisa sampe 300m, tp kl bersekat … bisa2 cuman beda 1-3 ruangan doank.

  35. Anonymous says:

    met kenal ya mas dicky. mas bisa tolong saya? saya punya 2 wrt54g, maunya yg 1 jadi AP yg 1 nya jd repeater… bisa bantu seting detailnya dong… thank u banget ya mas..

  36. Anonymous says:

    1. pastiin bukan wrt54g ver 5 … yg bisa versi 1 – 4
    2. musti download firmware dr operwrt
    3. upgrade pake firmware dr openwrt yg support WDS … resiko gagal tanggung sendiri
    4. setting masing2 wrt ke mode WDS, trus authentication nya polos atau WEP, gak bisa WPA.
    dua2nya musti sama persis, paling beda ESSID aja.
    5. paling tambahin mac address lawan ke setting WDS td

    udah deh gitu aja garis besar nya

  37. Anonymous says:

    mas tanya lagi dong, WRT54G selain bisa MAC Address Filter apa juga bisa juga utk bandwidch limiter utk masing2 MAC address.. thx u mas.

  38. Anonymous says:

    mac address ama sebagai firewall sederhana doank paling.

    kl bisa canggih, cisco bisa bubar …. :p

  39. Anonymous says:

    ok thx u infonya…😀

  40. Anonymous says:

    saya sudah punya linksys WRT58G untuk buat reapeater bs ga dgn WRT58G juga /WAP58G ato apa ya bos?, saya sudah terlanjur beli WRT58G lagi . mohon pencerahan?

  41. Anonymous says:

    coba cek aja di admin nya, ada fitur WDS gak

Leave a Reply

