Cara Melakukan Koneksi dengan Bluetooth Modem / GPS Bluetooth di MacOS X

Terkesan sepele bukan? Yup, betul. Sangat mudah melakukan hal ini di Windows XP =))
Ternyata di MacOS X tidak semudah itu, meskipun tidak sulit … tp caranya sedikit tricky …

Apa sih problemnya?
Problemnya, Wizard nya MacOS X dirancang untuk koneksi sepihak, alias “dipaksa” agar device yg akan dikonek yg musti menulis PIN supaya bisa terhubung dengan si Mac. Kenyataannya kadang2 kebalik, si Mac yang mustinya isi PIN nya sang device.

Tips nya:
1. System Preferences – Bluetooth – Devices – Setup New Device – Pilih Any Device – Passkey Options (Do Not Use Passkey with this Device) – Pilih Device yang diinginkan – Continue
2. Kembali ke Menu System Preferences – Bluetooth – Devices – Pilih Device yang baru saja diconfigure
3. Pilih Edit Serial Ports – Silahkan Ganti Nama Serialnya (tidak perlu) – Ganti Device Service menjadi Serial Port – Port Type : RS-232 – Aktifkan option Require Pairing for Security – jika perlu aktifkan juga Show in Network Preferences.

Nah berikutnya tinggal akses device tersebut dari software yang sesuai, dan nanti saat akan melakukan koneksi pertama kali akan ditanyakan PIN si device tersebut dan silahkan diisi.

Untuk Bluetooth Modem, silahkan gunakan Modem Script: Zoom Bluetooth Modem (v.90).
Kl Billionton Bluetooth Modem, katanya sih bisa pake any modem script yg v.90.

Mudah2an bermanfaat😉

19 Comments Add yours

  1. Doni Marison says:

    Saya Butuh refrensi atau cara koneksi PC dan HP dengan Bluetooth

  2. Krishna Bharata says:

    Mas Dicky, saya pengguna baru macbook, terima kasih banyak atas info mengenai bluetooh modem, saya sudah beli, coba dan berhasil dengan baik, driver yang saya gunakan zoom bluetooh (v90). Barangkali bisa bantu, saya sedang cari fungsi untuk syncronize folder mac dan windows untuk jaringan di kantor (semacam BRIEFCASE di windows XP)
    Terima kasih.

  3. Krishna Bharata says:

    Mas Dicky, saya pengguna baru macbook, terima kasih banyak atas info mengenai bluetooh modem, saya sudah beli, coba dan berhasil dengan baik, driver yang saya gunakan zoom bluetooh (v90). Barangkali bisa bantu, saya sedang cari fungsi untuk syncronize folder mac dan windows untuk jaringan di kantor (semacam BRIEFCASE di windows XP)
    Terima kasih.

  4. Krishna Bharata says:

    Mas Dicky, saya pengguna baru macbook, terima kasih banyak atas info mengenai bluetooh modem, saya sudah beli, coba dan berhasil dengan baik, driver yang saya gunakan zoom bluetooh (v90). Barangkali bisa bantu, saya sedang cari fungsi untuk syncronize folder mac dan windows untuk jaringan di kantor (semacam BRIEFCASE di windows XP)
    Terima kasih.

  5. Krishna Bharata says:

    Maaf mas tadi email adress saya salah ini yang benar

  6. Krishna Bharata says:

    Maaf mas tadi email adress saya salah ini yang benar

  7. Krishna Bharata says:

    Maaf mas tadi email adress saya salah ini yang benar

  8. akses folder yg dishare dr windows aja … via Finder … klik Network … tunggu bentar, entar keliatan apa aja yg ada di network

  9. akses folder yg dishare dr windows aja … via Finder … klik Network … tunggu bentar, entar keliatan apa aja yg ada di network

  10. akses folder yg dishare dr windows aja … via Finder … klik Network … tunggu bentar, entar keliatan apa aja yg ada di network

  11. Krishna Bharata says:

    Ok thanks, satu lagi pertanyaan mas…
    Bagaimana setting VPN untuk internet melalui Friend (mobile8) yang time base (via Indonet). Terima kasih.

  12. Krishna Bharata says:

    Ok thanks, satu lagi pertanyaan mas…
    Bagaimana setting VPN untuk internet melalui Friend (mobile8) yang time base (via Indonet). Terima kasih.

  13. Krishna Bharata says:

    Ok thanks, satu lagi pertanyaan mas…
    Bagaimana setting VPN untuk internet melalui Friend (mobile8) yang time base (via Indonet). Terima kasih.

  14. Derry Fauzi says:

    informasi yang menarik trims, salam kenal – http://www.alatsurveycenter.com/

  15. Derry Fauzi says:

    informasi yang menarik trims, salam kenal – http://www.alatsurveycenter.com/

  16. Pangki says:

    Bagaimana cara membuat koneksi internet antara windows dengan mac melalui bluetooth dongle? saya pake IVT blue soleil, windows xp sp2, mac osx 10.4.10.
    Dengan laptop mac sebagai server yang terkoneksi internet melalui telkom speedy.
    Mohon bantuannya…
    n.b : tolong jawab lewat email yah, at least notice me kalo pertanyaan saya sudah di jawab.

    Regards,

    PANGKI

  17. Pangki says:

    Bagaimana cara membuat koneksi internet antara windows dengan mac melalui bluetooth dongle? saya pake IVT blue soleil, windows xp sp2, mac osx 10.4.10.
    Dengan laptop mac sebagai server yang terkoneksi internet melalui telkom speedy.
    Mohon bantuannya…
    n.b : tolong jawab lewat email yah, at least notice me kalo pertanyaan saya sudah di jawab.

    Regards,

    PANGKI

  18. Agung says:

    Mas tolongin aku dunk..gimana cara instalasi bluetooth pico djj dan aktifkannya…help..help..

  19. danish says:

    saya punya acer aspire one d250bw83
    beli di jepang, katanya ada fasilitas
    bluetooth tp kok nggak bisa jalan ya…
    saya nggak bisa otak-atik, habis bahasa
    nya keriting gitu
    bisa minta tolong dibantu biar bluetoothnya bisa jalan

    terima kasih
    danish

Leave a Reply

