Review Film War of The Worlds

Hari ini aku baru aja nonton film War of The Worlds yang disutradarai Steven Spielberg en dibintangin ama Tom Cruise.

Terus terang aja aku salah satu fan dari War of The Worlds series yang dulu pernah ditayangin di TVRI setiap hari Minggu jam 8 malem (kl gak salah), dan tentu saja aku mengharapkan versi yg lebih memuaskan dari Steven Spielberg.

Di awal cerita, diceritakan bahwa Tom Cruise adalah seorang suami/ayah yg ditinggalkan keluarganya krn emang gak pernah peduli ama keluarganya, tp di cerita ini dia sedang “dititipi” kedua anaknya oleh mantan istri. Ketegangan pun lsg kerasa di awal film, keadaan sekitar rumah seperti akan terjadi badai dan diikuti petir2 yg aneh. Itulah tanda kehadiran alien, dan ceritanya sang alien pun muncul dari bawah tanah tempat petir td nyambar.


1. Kejanggalan pertama terjadi, dari robot alien menembakan sinar ke penduduk bumi sehingga yg kena tembak lsg lenyap, tubuh nya ilang cuman tersisa baju, sedangkan kl sinar nya kena rumah, si rumahnya ancur … kesimpulan sinar alien tidak mempan ama baju =))
2. Lalu diceritakan bahwa krn badai alien tadi semua peralatan elektronik mati krn kena gelombang EMP, sampe jam tangan si mas Cruise aja mati … tp pas si Alien muncul dari tanah, ada yg poto2 en pake digital video camera yang jalan … trus salah satu toko deket Tom Cruise berdiri lampunya nyala …
3. Digambarkan bahwa si Tom Cruise begitu sangat beruntungnya bisa menghindar dari sinar alien yg jelas2 bisa ngena’in orang2 yg di sekitar Cruise. Jagoan sih boleh aja … beruntung jg boleh … tp kesannya yg laen koq apes bener ya …
4. Berikutnya adalah saat Tom Cruise dan kedua anaknya mencoba ke Boston dengan mobil “curian”, dia melewati jalan tol yg begitu aneh … kl diceritakan bahwa gelombang EMP menyebabkan mobil jd mogok, koq anehnya di jalan tol, mobilnya pada mogok di pinggir jalan banget dan ada sebagian di tengah. Jadi si Cruise bisa jalan dengan enak di tengah2, cuman zigzag dikit. Nalarnya kl mobil lg jalan, trus tau2 mati, ya mati di tengah2 dong … dan cenderung di jalur yg sama, kecuali yg nyelip2 / ngebut itu pun berjarak agak jauh antar mobilnya … sehingga si Cruise mustinya cari jalan di bahu jalan tol.
5. Terkesan bahwa militer Amerika saat itu tidak bereaksi cukup cepat terhadap serangan si Alien, pdhl kl di film2 laen … si alien baru nongol atau baru kejadian musibah aja, udah nongol tuh mobil tentara plus tank kl perlu utk mengamankan area.
6. Di bagian saat Cruise dan anaknya yg kecil berlindung di bunker bersama orang “stress”, yg kemudian didatengin oleh alien, terkesan janggal *pendapat pribadi*, antara laen : ngapain juga si alien sampe sedetil itu mencari manusia, sedangkan di adegan2 sebelumnya terkesan Fire ‘n Forget, trus si Mata Alien begitu rentannya sampe bisa dihajar pake kapak … kl gw yg jadi alien, yg udah bisa menemukan teknologi Shield, mustinya gw punya material logam yang jauh lebih kuat dari Besi Kapak! Satu lagi, ngapain juga alien nya turun lsg ke dalam bunker, is there something special about the place ??? Udah gitu koq berkesan lucu2an gitu alien nya, gak ada serem2 nya seperti alien di film2 laen *kecuali Independence Day, alien nya jg lucu*
7. Berhub dg no 6, si alien ternyata mencari manusia untuk dihisap darahnya … lhoooooo ! Tadi pas bagian awal diancur2in, koq sekarang diisep ????? Piye thoooo ….
8. Ada beberapa adegan yg kurang lebih meniru atau kebeneran mirip banget ama di film Independence Day …
9. Begitu sampe di Boston, tau2 aja ceritanya berubah jd happy ending, di mana si Alien ternyata kalah dgn sendirinya … pd berguguran krn si alien tidak kebal terhadap bakteri bumi =))
10. Di akhir cerita, si Cruise tiba di rumah eks mertua, di sana ada mantan istri en anaknya yg dipikirnya mati.
Kerennya, rumah eks mertua jauh dari kehancuran … bersih … palingan ada mobil mogok di depan rumah, trus hebat juga tuh anaknya selamet en tiba lebih dulu daripada si Cruise, mustinya yg dijadi’in tokoh utama si anak nya yg cowok aja😀

Dalam tempo yg kurang lebih itungan menurut film adalah 3 hari, cerita selesai. Huahahahahaahahaaa =))
Sangat lucu sekali, gw lebih milih cerita nya bersambung daripada dipaksain ending dengan garing ….

Silahkan saksikan sendiri filmnya, dan rasakan garingnya😉

13 Comments Add yours

  1. wotgandul says:

    nambahin celaan:
    cuma mas Tom yg ngeliat kalo ada gagak di alien, trus nyuruh tentara nembak aliennya, mumpung kagak ada shield. Hebat yah mas Tom! :p

    Ayuk kita tungguin Fantastic Four😀

  2. agoes ps says:

    cuma mo nambahin.ceritanya kan semua alat elektronik pd mati.koq kalo ga salah pas sampe di rumah mana itu aku lupa,dia bisa nelepon ya.terus semua mobil pada mati.tapi koq mobilnya tom cruise ga mati ya.sory udah lama sih nontonnya.itupun cuma sekali.jadi rada lupa.

    1. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. says:

      kan perintah suteradara, kalok mau nya suteradara mobilnya Tom idup, ya kudu idup gan…. wkwkwk

  3. saya fajar, kenalin semuanya.film ini menurut saya film gagalnya steven dari segi cerita.berusaha menggabungkan ordinary life of someone dgn spesial effect komputer grafis(kelebihannya film2 steven pada umumnya). film ini menurut saya terlihat seperti film the sign. harusnya kalo memang temanya war antara bumi dan alien, bisa lebih dibikin kayak independence day. asik banget film itu.

    1. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. says:

      lebih asik transformer…..

  4. yogixsz says:

    menurut gue, ini film paling seru n keren wlaupun ada kekurangannya, tpi ini film terfavourite gue..

  5. apez says:

    alien ko minum darah, ini alien apa drakula?? kalo minumnya darah lah selama ribuan tahun minumnya apa?? mijon??😀 yg pas di rumah persembunyian gan, ribet ngapaian tuh robot ngintip2, ada alien kecil lagi yang sok imut, toh akhirnya rumahnya diinjek juga..cacat abis, mungkin ane yg terlalu bodoh untuk memahami inih..

    1. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. says:

      minum es jeruk aja deh….

  6. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. says:

    “…..Nalarnya kl mobil lg jalan, trus tau2 mati, ya mati di tengah2 dong … dan cenderung di jalur yg sama, kecuali yg nyelip2 / ngebut itu pun berjarak agak jauh antar mobilnya … sehingga si Cruise mustinya cari jalan di bahu jalan tol…”

    anu Mas… pas mau mogok sopirnya langsung minggir itu, kan kalok di usa kalok mogok ditengah jalan kenak denda, wkwkwkwk….

  7. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. says:

    itulah kekurangan film ini gan….. ndak diceritain serangan alien ke negara2 laennya terutama ke indonesia,, :-))

  8. Ngurah yudhistira says:

    Wahh saya juga suka tu film tp saya jadi takut mati abis nonton tu film 😭 bagi saya adegan yg paling aneh itu pas aliennya nyedot darah pake selang ,masak jarumnnya segede itu hahahah

  9. ayu dinar says:

    Filmnya lumayan keren kok. Memang banyak kekurangannya tapi cukup tertutupi dengan cakepnya si Tom Cruise n akting okenya Dakota Fanning. Kalau baca versi bukunya, alien2 tersebut mati karena ketidakmampuannya untuk beradaptasi dengan cuaca di Bumi, dan memang menculik orang2 untuk dihisap darahnya, dan dijadikan benih tanaman merah. Buku karangan H.G. Wells ini menjadi dongeng klasik pertama tentang invasi alien ke Bumi.

  10. kham says:

    Inti cerita yg mau ditunjukin film ini sih konflik keluarga, aliennya itu cuma sampingan.
    Kalo ngarepinnya kayak independence day ya beda visi lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s