Cara Mematikan Spotlight secara Total di MacOS X 10.4 (Tiger)

Artikel diambil dari: http://www.macosxhints.com/article.php?story=20050504012104186

Buka terminal dan jalankan sebagai berikut:
# su –
atau
# sudo su

lalu

# chmod 0000 /Library/Spotlight /System/Library/Spotlight /System/Library/CoreServices/Search.bundle /System/Library/PreferencePanes/Spotlight.prefPane /System/Library/Services/Spotlight.service /System/Library/Contextual Menu Items/SpotlightCM.plugin /System/Library/StartupItems/Metadata /usr/bin/mdimport /usr/bin/mdcheckschema /usr/bin/mdfind /usr/bin/mdls /usr/bin/mdutil /usr/bin/md

Lalu Reboot komputer.

Nah sekarang lihat lah bedanya, cari icon Spotlight (kaca pembesar warna putih di atas warna biru) di pojok kanan atas !
Pasti udah gak ada … cek juga proses yg sedang berjalan … adakah yang bertulisan Metadata atau “md” something🙂

*jd kayak Panther lagi deh* ;))

15 Comments Add yours

  1. billy says:

    hallo…..
    mas bisa bantu ak ga?
    cara mendapatkan root passwd tanpa boot loader gmn?
    apakah ada tool untuk mendapatkan root passwd for OS windows or linux?
    ok, makasih….

  2. massaint says:

    kl di windows xp, masuk ke safe mode, nanti bisa jd admin.
    kl di linux ya dari linux single.

    nah kl mau cara laen, artinya “cracking” … silahkan cari2 sendiri di google.

  3. anto says:

    mas mo nanya, kalo spotligt di matikan total berarti kalo mau mengaktifkan lagi harus install ulang tigernya yah??

  4. massaint says:

    cukup ke diskutility … trus repair permission …😉

  5. anto says:

    mas dicky..kok saya coba ga berhasil ya??
    sekalian mau nanya deh..kalo iBook G4 1 Ghz memorynya 256 pc 2100,trus mau di tambah memory 512mb pc 2700.. ngaruh ga?apa ada efek sampingnya??
    makasih..

  6. massaint says:

    gak berhasil yg mana ? udah reboot belum ?
    musti nya sih no problem, cari yg chipset hynix … kl mau murmer pake v-gen aja … selama ini no problem.
    kl mau yg mahal ya kingston.

  7. anto says:

    mas dicky..saya lagi nih..=)
    maaf ngerepotin..wkt di wasabi spotlight nya bisa hilang tuh mas..trus bbrapa hari kemudian saya repair disk permission..spotlightnya muncul lagi tp ga bisa berfungsi..
    sewktu saya reboot..logo spotlight nya hilang lagi..saya coba repair disk lg..ga bisa jg..
    gimana yah cara ngembaliin spotlightnya??apa hrs reinstall tigernya??

    makasih
    *awam masalah Unix*

  8. massaint says:

    ganti aja chmod 0000 jadi chmod 755 … mudah2an bisa balik😉

  9. tato says:

    mas mo tanya yang laen neh
    gmana cara instal sofware kaya di window
    soale ibook g4 saya engga mau baca yang exstensennya .EXE
    selalu bilang engga bisa terbaca
    saya dah coba instal autocad,photoshop, juga open office juga engga detek
    tolong bantu mas

  10. massaint says:

    .EXE kan emang buat Windows …
    iBook itu MacOS X … beda operating system …

    Kl mau install ya aplikasi yg buat MacOS X juga … bukan yang for Windows.

    Sama aja kamu install aplikasi WinXP di Win98, sebagian besar gak jalan.

  11. iwan says:

    gue dah repair permission. nongol icon doank tuh spotlightnya
    bener kan cara balekin spotlight? or kudu ke elo lagi dik? heuehuehue

  12. Dorie says:

    saya punya ibook g4 ram 768mb dan hd 60G, saya mau tanya gimana caranya supaya file dengan extensi exe dapat diinstal di mac saya.. kalo gbs gimana cara instal windows di mac ibook g4 saya…. mohon bantuannya dengan sangat..thanks

    1. ibook belum bisa windows … kl mau dipaksain harus pake vmware …

      1. Dorie says:

        vmware apa gmana saya bs dapet???? blz scpatnya ya mas btuh bgd ne
        thank

      2. pernah mencoba yg nama nya GOOGLE ?

Leave a Reply

