Pertama ke luar negri #3 (Swiss & Liechtenstein)

Sorry baru sekarang bisa nulis lagi kisah perjalananku saat ke negri Hitler😀
Terhitung Jumat malam atau Sabtu sangat pagi sekali (00.40), aku sudah berada di Hannover.

#Sabtu: aku lebih banyak di kamar Yuni ngobrol en cerita2 krn udah sekitar 2 taon gak ketemu🙂 Ditambah Yuni agak gak enak badan. *pdhl yg mustinya adaptasi ama alam Jerman kan aku, kl dia kan dah 2 taon hehehehe* Lalu sorenya kita jalan2, liat2 toko baju en akhirnya belanja keperluan makan. Kita jg mampir ke toko elektronik Saturn, modelnya mirip Electronic City … cukup lengkap, bahkan lebih lengkap secara jenisnya, krn sampe aksesoris komputer pun ada.

#Minggu: pagi dan siang dihabiskan di kamar juga, ditambah krn Yuni bangunnya siang banget😀 Eh malah siangnya gantian aku yg tidur ampe sore. Stl bangun sore, aku diajak jalan2 keliling ke taman deket Uni di Hannover. Cukup luas en ijo … banyak orang lg barbeque di sana. Liat deh poto2 di album foto ku.

#Senin: Yuni pergi ke kantor, otomatis aku di kamar sendirian. Yg aku lakukan adalah melakukan persiapan untuk hari Selasa, krn aku bakal ke Liechtenstein via Swiss sendirian. Aku musti tau naek apa en gimana caranya nyampe sana en balik lagi tepat waktu.

#Selasa: Pagi jam 7.30 dari rumah Yuni ke Hannover Flughafen (airport) untuk naek Airberlin pesawat jam 9 ke Zurich (ETA 10.30). Kesanku terhadap Airberlin? Mirip penerbangan Batavia Air … pesawatnya Boeing 747 en air crew nya ngasal😀. Ceritanya sampe di Zurich tepat waktu. Sampe di Zurich Flughafen aku bingung musti gimana naek kretanya, aku coba akses via mesin otomat … ternyata berbeda dengan di Jerman. Bedanya? Di Jerman, mesin otomat bisa kasih tau musti naek kreta yg mana, jam brapa, di jalur mana en brapa harganya. Nah kl di Swiss ??? Loe tinggal bilang dari Zurich Flughafen ke Buchs … trus ditanya mo lewat mana … lewat Sargans ato lewat satu lagi lupa namanya. Berhubung cuman inget Sargans, ya aku pilih aja Sargans😀 Untungnya pilihan yg tepat, krn jalur via Sargans emang jalur terpendek, sedangkan jalur yg satu lagi agak muter. Nah di tiket hanya disebutkan untuk jalur Zurich Flughafen-Buchs SG, via Zurich HB-Sargans. Nah lho … sempet bingung juga nih … apa ya maksudnya. Sekitar 15 menit aku bingung mau ngapain di Zurich Flughafen, akhirnya aku pede aja ngikutin orang en kebeneran mereka jg ke arah Zurich HB. Setelah aku sampe di Zurich HB (Hauptbahnhof = Stasiun Kereta Utama, kl bahnhof aja = stasiun kereta), aku lsg cari jadwal utk Zurich HB-Sargans. Untungnya si kereta masih lama menunggu, aku rada ngikutin orang yg jalan di jalur yg sama, en ikut naek… sampe di atas kereta, aku tanya orang tadi, ini kereta yg ke Sargans ya .. untungnya dia ngerti Inggris … hehehehe… dijawab iyaa … fiuuuhhh😀
Sampai di Sargans, aku musti ganti kereta utk ke Buchs SG. Sebetulnya aku bisa aja naek bis, krn tiket yg aku beli tadi tidak membatasi aku musti naek kereta aja hingga sampe tujuan, boleh aja diterusin pake bis. Tp setelah liat jam, aku pikir buat apa … krn aku janjian ama orang Liechtenstein utk jemput jam 14.00 di Buchs. Pengamatan sekilas dari Zurich ke Buchs, Swiss adalah negara yg indah … cocok utk tempat beristirahat di hari tua, bisa terlihat dr suasana kehidupannya … kl dulu mungkin orang pengen tinggal di Bandung kl dah tua, tp skrg Bandung dah gak nyaman lg ya :p Di Buchs, aku dijemput ama Pfattner… orang dari Mobilkom Liechtenstein, wah ternyata orang2 sana ramah ya, en ramahnya tulus lho… kayaknya beda ama orang Indonesia, yg dibilang ramah krn murah senyum … pdhl ada maunya ;)) Dari Buchs ke Liechtenstein sekitar 30 mnt (krn jalan santai) sedangkan urusanku di Liechtenstein kira2 kelar dalam waktu 2 jam (16.30 dah kelar) lalu menunggu sang pengantar selesai bekerja yaitu 17.00 oleh orang yg berbeda, German Bell (lebih bos dari Pfattner td). Tuan Bell ini sepertinya tertarik dengan Indonesia terutama Jakarta, krn sepanjang perjalanan dia banyak bertanya soal Indonesia en Jakarta😀 sayang sekali yg ditanyakan tidak bisa dijawab dengan jawaban yang indah atau menyenangkan, krn memang Jakarta jauh kalah nyaman dibanding kota mereka😀 Perjalanan kembali ke Zurich Flughafen tidak mengalami banyak masalah kecuali saat tiba di Zurich HB, aku sedikit kesulitan mencari kereta dan jalurnya untuk menuju Flughafen. Awalnya mencari kereta di jalur 54, tetapi setelah dicari jalur 54 itu sepertinya “belum jadi” =)) entah aku yg bego ato emang nyarinya rada susah. Intinya aku kembali ke Hannover en tiba di tempat Yuni sekitar 23.00. Cukup melelahkan tapi menyenangkan … banyak pengalaman baru tp koq lapar ya … krn seharian cuman makan Snickers yg sempet dibeli di Sargans.

Fiuhhh segitu dulu deh cerita dari hari pertama di Hannover sampe Swiss en balik Hannover lagi, berikutnya cerita hari Rabu sampe akhirnya aku pulang Jumat malem … yg mustinya Minggu malem😉

Dah dulu … dah malem *pagi ini jam 1.11* … mo bobok ;))

Leave a Reply

