Camino lebih ringan dan stabil dibanding Firefox

Setelah mencoba beberapa browser di MacOS X, akhirnya aku memilih Camino sebagai browser yg “terbaik”.

Beberapa browser yang telah dicoba:

  1. Internet Explorer 5.2.3
  2. Firefox 1.0
  3. Safari 1.2 – Bawaannya MacOS X
  4. Mozilla (lupa versi brapa yg dicoba)
  5. Netscape 7.2
  6. Camino 0.8.2

Sebenernya pilihan utamaku adalah Firefox, selain sudah terbiasa … fitur2nya cukup memenuhi kebutuhan. Tp sayang, beberapa kali aku menemukan Firefox ku jadi “bego” kl lg loading Gmail, belum lagi respon nya suka lemot dan suka crash.

Kenapa Camino? Krn Camino masih keluarga Mozilla, sehingga masih bisa Tab Browsing … yg tidak bisa ditemukan di IE dan Safari *dikoreksi oleh David*. Camino kurang lebih mirip Firefox, hanya saja tidak support Extension dan Theme. Tapi ada beberapa hal keunggulan Camino, antara lain: loading pertama kali cukup cepat, terasa ringan krn respon nya cukup cepat, dan relatif stabil. Padahal kalo diperhatikan pemakaian memori nya … tidak beda jauh dengan Firefox.

4 Comments Add yours

  1. dapit says:

    menurut gue, camino itu firefox juga tapi beda wajah dan kurang feature😛
    gue tadinya pake camino juga, tapi yg bikin terikat sama firefox itu: adblock pluginnya (dan shortcut cmd/ctrl+k buat ke google search)
    masalah elo dengan GMail, coba hapus semua cache dan cookies yg berhubungan dengan google dan gmail deh…gue ngalami yg elo alami dgn gmail kalo lagi pake…safari.
    safari gue rasa lambat banget kalo buka web yg ber java2, maksud gue, jadi lambat scrolling dan resfeshnya. bukan cuman yg ber java, buka blognya si benny chandra pun gue kerasa lemot kalo pake safari. eh…dan Safari juga bisa pake Tab dari awal kok.
    buat gue, tetep Firefox all the way sampe sekarang😛

    ps: firefox gue pake skin yg mirip sama safari.

  2. massaint says:

    Iya, vid … Safari bisa tab browsing … berarti tinggal nunggu IE aja🙂
    Jadi rada suka Safari lagi deh😉

  3. massaint says:

    Firefox 1.0 load Gmail page faster than Safari 1.2.4
    but Safari startup is faster than Firefox 1.0

  4. Jim says:

    Kalo doyan Safari tapi pengen kemampuan maxi kayak Firefox, coba OmniWeb (sayangnya gak GPL). Engine pake Webkit-nya Apple (sama kayak Safari), tapi adblock dll kuat kayak Firefox. Memang lebih berat (memori sekitar 2kali lipat ketimbang Safari/Camino). Sekarang gue dump Camino. Abis text rendernya OmniWeb cute banget sih (sebenernya sih sama kayak Safari), cuman Safarinya terlalu simpel sih. Omniweb udah ada RSS readernya lagi :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s