Hati2 dengan Auto Update di Linux!

Waktu aku dalam perjalanan ke Jogja, aku mendapat telpon dari kantor bahwa backup server yg baru aku pasang bermasalah.

Yang tampil saat bootup:
Switching to new root
exec of init (/sbin/init) failed !!!: 2
umount /initrd/dev failed: 2
kernel panic - not syncing: attempting to killi init !

Setelah melihat masalahnya dan googling untuk mencari apakah ada orang lain yg bermasalah sama, ketemu ini deh blognya l33t.

Pd awalnya aku menduga krn ada upgrade kernel, tp setelah membaca blognya l33t … aku lsg memeriksa directory /lib … dan ternyata gak cuman 1 file yg hilang sepertinya yg dialami l33t tapi banyak! Akhirnya aku lsg mengambil kesimpulan bahwa ini disebabkan “gagal upgrade glibc”!

Solusi :
– Boot pake CD FC3 Disc #1
– Masuk ke Rescue Mode
– Aktifkan Network Device
– scp -p root@somewhere:/lib/* /mnt/sysimage/lib/
– reboot
– masuk ke sistem normal
– lakukan rpm -ivh –force glibc-2.3xxx.rpm glibc-common-2.3xxxx.rpm
– reboot sistem sekali lagi
– akhirnya sistem kembali pulih😉

Inilah gara2nya pake yum -y update ditaroh di crontab😀 Korban yg tercatat 2 komputer, satu server dan satu workstation. Anehnya gak semua workstation mengalami problem ini, pdhl semuanya pake yum update juga, termasuk satu server lagi.

Ada yg mengalami hal yg serupa ?

27 Comments Add yours

  1. dapit says:

    gue belom upgrade glibc. elo udah belom?
    jadi kalo liat cara elo, upgrade dulu, terus copy balik isi /lib/* ?
    yg ngapus sebenernya sapa, yum atau si paket rpmnya

  2. dapit says:

    gue belom upgrade glibc. elo udah belom?
    jadi kalo liat cara elo, upgrade dulu, terus copy balik isi /lib/* ?
    yg ngapus sebenernya sapa, yum atau si paket rpmnya

  3. dapit says:

    gue belom upgrade glibc. elo udah belom?
    jadi kalo liat cara elo, upgrade dulu, terus copy balik isi /lib/* ?
    yg ngapus sebenernya sapa, yum atau si paket rpmnya

  4. massaint says:

    rpm glibc nya donk pakde😀 yum kan cuman membantu proses download en dependency checking aja😉

    kl bisa sblm upgrade glibc, backup dulu yg udah ada (/lib) ke directory lain.

  5. massaint says:

    rpm glibc nya donk pakde😀 yum kan cuman membantu proses download en dependency checking aja😉

    kl bisa sblm upgrade glibc, backup dulu yg udah ada (/lib) ke directory lain.

  6. massaint says:

    rpm glibc nya donk pakde😀 yum kan cuman membantu proses download en dependency checking aja😉

    kl bisa sblm upgrade glibc, backup dulu yg udah ada (/lib) ke directory lain.

  7. andika says:

    gua gak pernah pake Fedora, tapi kok gak pernah ngalamin masalah gini ya? :))

  8. andika says:

    gua gak pernah pake Fedora, tapi kok gak pernah ngalamin masalah gini ya? :))

  9. andika says:

    gua gak pernah pake Fedora, tapi kok gak pernah ngalamin masalah gini ya? :))

  10. massaint says:

    dan kayaknya baru kejadian di fedora core 3 deh🙂
    trus dr 30 komputer, koq cuman 3 yg bermasalah

  11. massaint says:

    dan kayaknya baru kejadian di fedora core 3 deh🙂
    trus dr 30 komputer, koq cuman 3 yg bermasalah

  12. massaint says:

    dan kayaknya baru kejadian di fedora core 3 deh🙂
    trus dr 30 komputer, koq cuman 3 yg bermasalah

  13. wawan says:

    mas dicky aku ngga koment ttg mctoss dll pengen bilang thanks yaa untuk compaq evonya aku puas dapet dari nmas dicky sekarang bisa ngenet dari rumah

  14. wawan says:

    mas dicky aku ngga koment ttg mctoss dll pengen bilang thanks yaa untuk compaq evonya aku puas dapet dari nmas dicky sekarang bisa ngenet dari rumah

  15. wawan says:

    mas dicky aku ngga koment ttg mctoss dll pengen bilang thanks yaa untuk compaq evonya aku puas dapet dari nmas dicky sekarang bisa ngenet dari rumah

  16. massaint says:

    wan, thx jg ya😉
    kl da apa2 bilang aja … sapa tau bisa bantu🙂

  17. massaint says:

    wan, thx jg ya😉
    kl da apa2 bilang aja … sapa tau bisa bantu🙂

  18. massaint says:

    wan, thx jg ya😉
    kl da apa2 bilang aja … sapa tau bisa bantu🙂

  19. ardinal says:

    kalau untuk Redhat ES 4 kenapa tidak bisa seperrti itu ya,,
    saya sudah pakai rescue cdnya tp waktu scp -p root@ipsernya:/lib/* /mnt/sysimage/lib/
    gagal ? mungkin ada saran ?

  20. ardinal says:

    kalau untuk Redhat ES 4 kenapa tidak bisa seperrti itu ya,,
    saya sudah pakai rescue cdnya tp waktu scp -p root@ipsernya:/lib/* /mnt/sysimage/lib/
    gagal ? mungkin ada saran ?

  21. gagal nya gimana ?
    dan ceritanya lg ngapain …
    beda kasus kan beda solusi …

  22. gagal nya gimana ?
    dan ceritanya lg ngapain …
    beda kasus kan beda solusi …

  23. ardinal says:

    saya pakai redhat 4 es, setelah di jalankan rescue CD,
    sampai tahap aktif network bisa, saya ping dari pc lain reply, service sshd tidak aktif maka hanya bisa copy langsung dr console. untuk tahap mount file system ke /mnt/sysimage selalu gagal.
    saya coba copy dari file di folder /lib ke /mnt/sysimage tidak bisa jkarena tidak ada folder libnya (/mnt/sysimage/lib), yang ada /mnt/sysimage/mnt/sysimage/lib , wak saya coba copy dari:
    cp /lib/* /mnt/sysimage/mnt/sysimage/lib gagal, folder hanya read only, saya coba chroot:

    $ chroot /mnt/sysimage/mnt/sysimage
    $ chroot: cannot execute /bin/sh: no such file or directory

    sampai disitu saya ga tahu mo ngapain lagi…:D

  24. ardinal says:

    saya pakai redhat 4 es, setelah di jalankan rescue CD,
    sampai tahap aktif network bisa, saya ping dari pc lain reply, service sshd tidak aktif maka hanya bisa copy langsung dr console. untuk tahap mount file system ke /mnt/sysimage selalu gagal.
    saya coba copy dari file di folder /lib ke /mnt/sysimage tidak bisa jkarena tidak ada folder libnya (/mnt/sysimage/lib), yang ada /mnt/sysimage/mnt/sysimage/lib , wak saya coba copy dari:
    cp /lib/* /mnt/sysimage/mnt/sysimage/lib gagal, folder hanya read only, saya coba chroot:

    $ chroot /mnt/sysimage/mnt/sysimage
    $ chroot: cannot execute /bin/sh: no such file or directory

    sampai disitu saya ga tahu mo ngapain lagi…:D

  25. jgn terlalu menerjemahkan solusi secara bulat2, RHES kan beda ama Fedora, ya masa iya command nya dijalanin sama persis.
    dicek dulu kondisi2nya …. kl diperhatiin errornya …
    kayaknya struktur direktory nya beda ama fedora

  26. jgn terlalu menerjemahkan solusi secara bulat2, RHES kan beda ama Fedora, ya masa iya command nya dijalanin sama persis.
    dicek dulu kondisi2nya …. kl diperhatiin errornya …
    kayaknya struktur direktory nya beda ama fedora

Leave a Reply

