BB YM / MSN gak Bisa Konek – Connection Error. Please ensure device time is correct.

April 5, 2009

Pernah ngalamin ? Waktu mau login YM / MSN gak bisa masuk … trus pesen error nya:
“Connection Error. Please ensure device time is correct.”

Ini biasanya:
1. BB baru beli
2. Abis Upgrade
3. Abis Konek Desktop Manager di PC

Penyebabnya ? Jam dan tanggal si BB gak bener … alias selisih jauh dengan jam yg bener …

Solusinya?
1. Buka “Options – Date/Time”
2. Pilih Time Zone “Bangkok (+7)”
3. Trus benerin Time en Date nya … ato klik tombol Menu (logo BB) … trus pilih “Update Time”
4. Pastiin udah bener Time ama Date nya …

Nah sekarang coba lagi deh YM nya ;)

59 Responses to “BB YM / MSN gak Bisa Konek – Connection Error. Please ensure device time is correct.”


  1. Trimakasih mas :)

  2. Joe Says:

    pak dicky ini saya download ym trus dah di selesai download saya pake wifi yg di rumah pas saya conek ym ada tulisan data services unavailable di BB saya .
    pake BB 8320..
    kenapa yah ?? Tq

  3. aris Says:

    masalah ku sama tuh… tolong bantuin dong dah desperate banget nih,klo bisa add emailku di aris_tio@hotmail.com… kasih tau caranya gimana, dan BIS itu apa yah?? dan gimana caranya?? soalnya aku dah download msn messenger dan yahoo messenger dari website blackberry. pas mau sing in kluar “this service not enabled for this handheld” tolongin dong bales ke emailku yah atau gak add aris_tio@hotmail.com.. thx bgt..

  4. Kevin Says:

    ini msn aku di BB kok g bs connect” y?
    padahal aku udh setting wi fi ny
    pas aku sign in tulisanny “connect” trus
    1 jem ditungguin juga g ad hasilny.
    ini gmn ngatasinny y?
    thx..

  5. Randita Says:

    sangat membantu..
    terima kasih banyak mas dicky :)

  6. Een or En Says:

    Thanks yah atas informasi ny..
    sangat membantu skaLi..

  7. Dinda Says:

    makasih banget yaa. hahaha

  8. Ahmad Farisi Says:

    Om Dicky,
    salam kenal. sebelumnya maksih nih dah bikin artikelnyua yang sangat bantu newbie.
    BB 8310 saya (second)stiap kali coba connect YM, MSN, FB, google talk selalu ga bisa. Pesan errornya : service not enabled for this handled.
    Maksud dari pesan tersebut pa?cara aktifinnya bgmn biar bisa menggunakan aplikasi tersebut.
    Saya tidak berlangganan di BB.

    Maksih om

  9. Algy Says:

    mas dicky,,
    masalah diatas saya jg ngalamin,BIS ud aktif app FB sm YM jg ud di donlot brp x tp ttp aja “service not enable to this handheld”

    mohon pencerahannya,,
    tenkyu…

  10. fredy risamassu Says:

    Saya punya bb 9000 ceritanya nih koneksi
    Gprs di tempat saya gi down, jadi bis
    Otomatis ga bisa di optimalkan,
    Lalu sa yang iseng konek bb ke laptop
    Eh taunya malah ikon email seting kok jadi ilang
    Saya penasaran saya coba konek wifi
    Untuk ngecek bisa ga push emalinya jalan
    Karena saya udah set 3 email.
    Saat dah konek wifi kok malah ga bisa
    Sampai AIM pun ga ada yang bisa, sementara
    Browsing tetap jalan.
    Mohon pencerahannya mas

    Best regards


    • @fredy: harusnya kl gprs down aja, msh bisa lewat wifi … kecuali kl PIN nya jd suspend, ato layanan nya udah gak aktif lg …
      kl masih aktif, tinggal send service book lagi aja … ato ke option – adv options – host routing table – register now

  11. fredy Says:

    bisa gak yah ??? BB 9000 saya menggunakan BIS indosat… lalu saya mau berpindah ke operator lain ?? [bb 9000 yang saya punya universal untuk smeua kartu gsm]

  12. weisun Says:

    ini kejadian kemarin sempat bs browse (hari ini ga bs browse) tapi edge n gprs nya ga pernah bisa huruf gede.. padahal udah BB on dr XL..
    trus di manage status koq BIS nya not connected..
    mau ke xl.bb.com jg ga bs..
    ada pencerahan??
    Thx

  13. danish Says:

    thanks bgt pak.. sgt membantu :D

  14. Arif Says:

    Makasih Infonya Bro

    GBU

  15. della Says:

    Alhamdulillaaaahhhhh…bisa jg yahoo gw…3 hari gw berusaha sampe pgn bantin BB gw.hakakkakakka…thanks bgt ya kak??

  16. bumung Says:

    Mas Dicky,
    salam kenal. sebelumnya maksih nih..baca2 artikelnya sangat membantu newbie.
    Saya baru tukar headset BB 8310, setelah dipindah sim card ke BB baru..tiba2 gprsnya kecil terus..ternyata kartuku rusak. Setelah hari ini diganti kartunya bisa muncul GPRS besar, tapi stiap kali coba connect YM, FB, dari iconnya..selalu ga bisa. Pesan errornya : Data Services Unavailable.
    Maksud dari pesan tersebut pa? cara aktifinnya bgmn biar bisa menggunakan aplikasi tersebut. Just info : saya masih bisa masuk google dan detik dari browser. Provider saya XL (masuk webnya XL gak bisa juga)

    Duh desperate banget deh…
    Ditunggu pencerahannya..

  17. astrid Says:

    Hi mas dicky.. Saya konsultasi juga dong hehe.. Udah hopeless nih YM, MSN, FB, google talk ga bs digunakan dibilangnya service not available to ….. Saya pake curve yg ada wifinya tp saya ga aktifin krn langganan bb. Saya pake pro xl, dsn sy sudah cek it policy ga ada masalah mas.. Saya jg udah upgrade maupun install ulang.. Gimana ya .as? Sebelumnya thanks bgt yaaa

  18. n. widiati surya. p Says:

    Mas dicky, saya pakai curve 8900. Sejak minggu kemaren ym saya gak bisa konek. Dibilang ‘failed last excute 100′ Saya sudah install ulang, tetap saja gagal. Saya coba id lain bisa. Anehnya id saya yang tak bisa di BB itu gak masalah di kompi (pakai adium). Apa lagi yang harus saya lalukan ya. Trims.

  19. dyarra Says:

    Ymku koq masih tetap error ya padahal setting timenya dah ok lo…pls advisenya dong

  20. Catra Says:

    mas, iyaaa ym aku ga bisa konek. Reconnect mulu. padahal aku udah update time loh… tapi bunyi beep2 mulu…
    help dunk! Ke email aku :
    catra_bintangkecil@yahoo.com

  21. daniel Says:

    mas Dicky makasih banyak dah sangat membantu saya dengan beberapa masalah di BB saya, satu hal yang saya ingin tanyakan saya dah ikut BB harian untuk BBM, YM, FB semua dah saya bisa aplikasikan tapi untuk tanda setting email setiap saya klick dan saya coba untuk ikuti selalu berhenti di “Error, an unexpected error occurred, please try again”. bawahnya ada tulisan close.
    mohon pencerahannya mas Dicky….
    terima kasih banyak. oya… saya sudah coba juga masukin imei dan email lewat internet by PC tapi selalu juga ga bisa, akses berhenti seolah2 emai atau PIN bermasalah.. mohon pencerahannya sekali lagi terima kasih.

  22. Hendra Cheka Says:

    SaLAm BB mas Dicky…”ByBe”…
    Mau naya neh..
    Gmana cara biar browser BB ga default, pengennya Browser lain “opera red” buat download dll. Sya langganan bulanan telkomsel paket Chat n email witot brosing. Sya kesulitan buat ngapdet BB massenger 5,0, donlot progrm BB, dll..krna browsernya default BB..tolong solusinya dong mas dicky, biar BB sya bisa gaul tapi murah..info: ByBe sya BOLD 9000..trims Berat sebelumya…

  23. nai Says:

    Pa mohon pencerahaan mau tanya Bis uda ok browsing jg mantaff tp FB n ym slalu muncul insuficient network tolong bantuannya

  24. walid wisnu wardhana Says:

    mas saya nih mo tanya bb saya 8310 >> baru di up ke v 4.5.0.153
    kartu : im3
    kemudian saya daftar tuh paketan harian ke indosat dengan ketik HARIAN ke 889.

    setelah itu saya dapet konfirmasi “Layanan BB arian anda sudah dapat digunakan”

    kemudian saya coba menggunakan aplikasi bbm(blackberry messenger)dan kemudian add contact temen saya >> pending sampai sekian lama di bb temen saya tidak ada konfirmnya.

    saya coba cek lagi cek ke Option/Advance Option/Host Routing Table/Register Now >> hasilnya dapet balasan dari bb kalo your handheld has been registerd with the wireless network

    pusing juga akhirnya tapi tetep saya coba lagi dengan cek >> Diagnostic Test… dengan hasil
    __________________________
    Blackberry Registration : Yes
    Connected to Blackberry : No
    Blackberry PIN-PIN : No

    gimana nih apa lagi yang harus saya lakukan karena dan 3 hari saya oprek2 nih bb

    sebelumya terima kasih banyak….

  25. marvin Says:

    thanks a lot mas Dicky….device time problem is resolve….

  26. cinduz Says:

    sippp ini berhasil thnks 4 share nyaaa

  27. vee Says:

    pak…
    stiap mau log in,
    bb sy pasti eroor
    “Connection Error. Please ensure device time is correct.”

    sdh sy ikuti pyunjuk bpak,tp ttp ga bisa pak,trus sy instal ulang jg ga bisa..

    oia..
    sy kan sring copot batrey (krna ada batrey cadangan)
    bgaimana caranya biar waktunya tuh ga brenti pak,soalnya males jg kalo harus edit2 date/timenya trs

    sy pke simpati,bb bold,
    gmna yh pak?

  28. ozie Says:

    Om Dicky,
    salam kenal. sebelumnya maksih nih dah bikin artikelnyua yang sangat bantu newbie.
    BB Bold9000 saya (second)stiap kali coba connect YM, MSN, FB, google talk selalu ga bisa. satu contoh masuk ke FB Pesan errornya : maaf, akun anda untuk sementara tidak dapat digunakan, mohon masuk ke http://www.facebook.com dari komputer dan ikuti petunjuknya, nah saya ikuti petunjuk tersebut, kemudian saya bisa masuk fb baik di pc maupun di BB, masalah timbul jelang 1 hari tidak dipake, kemudian muncul itu lagi seperti diatas,nah itu solusinya gimana yah??
    Saya tidak berlangganan di BB.


  29. Mohon Pencerahan nya Donk,,, Q Smpe skrg g’ Bisa2 install YM,, Gagal Terus???? TooooLooooNgggg….!!! Ada yg Tau G’…?????? :(

  30. roki Says:

    terima kasih oom ya telah bantuin BB,dan sekarang ymnya udah bisa di pakek
    thx thx thx

  31. heru Says:

    om maau nanya….
    sebelumnya BB saya ngga ada masalh…seperti BBM,GTalk,YM,Push email semua berfungsi dengan baik…
    pas saya ke luar negeri juga masih berfungsi dengan baik tapi sya menggunakan wifi

    tapi setelah upgrade tdak bisa…knpa y mas…?

  32. winnie putry Says:

    pak,saya juga mau tanya dong,BIS saya not conected dr kemarin sore jam 4 sampe skrng bagi,networknya GSM ,awalnya SOS trus brubah jd GSM,gak bisa buka FB,uber twitter,BBM,YM,sudah telpon oprator providernya dan menjalankan semua sarannya,tp ttp aja gt,kira2,ini masalahnya dr providernya atau hp sayanya ya?

  33. Donna Natalia Says:

    Pagii mas,,,
    saya mau tanya.. kenapa ya YM di BB saya gak bisa konek,, tertulis invalid Id/password. tp klo buka YM lewat PC langsung bisa…
    Nah gimana tuh mas cara mengatasinya??
    Masalah ad dimana??/

    Thanks mohon dibantu,,
    ditunggu jawabannya…..

  34. stik45 Says:

    thx atas infonya boss…
    ane udw coba tadi, ternyata sekarang ym’na sudah bisa di pakek..

  35. fatur Says:

    maturnuwun.. alias terimakasih dan thank you.. atas informasi anda..

  36. azhar Says:

    sebelumnya salam knal dlu buat mas dicky, sya pnya msalah dngan BB,, gini saya langganan BB lifestyle untuk yg mingguan nah trus pas masa exprd nya udah dekat saya ganti lagi ke paket harian.. nah sejak itu BB saya udah ga bisa buat dipake YM, FB dan chat.. mohon tolong pencerahannya , terima kasih.

  37. tedy Says:

    sore mas dicky,saya langganan xl tapi yang paket bbm aja,maksudnya yang lain pake wifi kantor ma wifi rumah,fb ma twitter bisa konek tapi ymnya koq ga bisa ya?uda dicoba update time tapi tetep aja ga bisa,tulisannya “this service not enabled for this handheld”.mohon pencerahannya mas dicky.oiya,bb saya gemini.matur nuwun.

  38. liginadiva Says:

    siang mas dicky.. masalah ku sama dengan rekan2..kalo mau buka ym dibb selalu muncul invalid id pasword.. udah cara apapun aq lakukan tetap aja ga bisa.. plizz minta bantuannya mas dicky sapa tau ada cara jitu supaya aq bisa ber ym ria gie .. makasih mas dicky sebelumnya..

  39. joko Says:

    maaf gan mo tanya,,,,bb sy curve 8520,,,semua lancar yg ndak bs cm ym,,,,,,pasti muncul invalid id,,,padahal sy udh coba 3 id tetep ndak bs,,,,bb sudah web,,,tetep ndak bs,,,seting waktu di bb dan acount ym dipc jg tetep aja ndak bs,,,,,tolong agan2 bs membantu,,,email sy jeckp@ymail.com…terima kasihhhh

  40. fifonifona Says:

    gan aku mau tnya nih, msn ku di bb bisa kirim pesan tapi ga bisa nerima pesan.. itu kenapa ya?cara mengatasinya gimana ya ?thanks gan :]

  41. aryanto23 Says:

    its works gan, thanks….maklum baru beli Dakota nih…. sukses buat kita semua…Amin

  42. ~ Stephen ~ Says:

    mas dicky nanya dng gw punya javelin msn koh sering” susah mask yah?kadang error gt!tolong bantuan kk dicky

  43. kustono Says:

    BB kok susah ya untuk konek ama ym , padahal udah update time uda di lakukan .apa memang ada masalah Black barry ama yahoo. Tlong beri solusi !!! Saya pemakai BB dan saya harap di perbaiki sistem , permasalahan nya klu begini terus bagusan pakai hp smart phone merek lain. Saya menggunakan BB udah lebih dari 6 thn.. Tlng beri solusi ????


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

