Tips Blackberry #2 – Melegakan Memory Size

October 26, 2008

Blackberry seri 8xxx memiliki 64 MB memory internal, yang digunakan secara bersama antara Operating System, System RAM dan Storage … yang akhirnya kl kita pake OS 4.5 dengan installasi standard hanya menyisakan memory paling bagus sekitar 24 MB. Dan apabila dipakai cukup lama, biasanya akan mulai melambat kalau sudah memasuki memory tersisa di bawah 10 MB.

Beberapa tips ini saya mulai dari simple en dilanjutkan ke agak rumit:

Mudah …
1. Install Aplikasi yang diperlukan saja, tidak perlu menyimpan aplikasi yang hanya dipake sekali saja.
2. Hindari aplikasi yang akan terus menerus menyala, seperti Google Mail atau Yahoo Messenger. Gunakanya yg penting saja, dan jangan aktifkan automatically connect …
3. Keep Messages se-minim mungkin saja … contoh 15 days, atau rajin2 menghapus Email saja.
4. Tidak perlu menyimpan Log History Chatting dari YM, GTalk, BB Messenger atau lainnya.
5. Restart BB kl berasa udah mulai lambat.
6. Cabut batere BB utk beberapa menit, kl restart udah mulai gak ngefek.
(bbrp tips ini udah ada di artikel sebelumnya)

Agak Rumit …
7. Install Ulang OS BlackBerry Anda, dan pilih seperlunya … Contoh:
– Jangan install language2, MDS, DOD Certificate, Password Keeper, Blackberry Maps kl gak punya GPS, BrickBreaker, Document To Go.
Cara install ulang bisa dibaca di sini
– alias cuman install: BlackBerry Messenger, BlackBerry Attachment Service, MemoPad, Tasks
8. Install MaxMem via BlackBerry aja … buka URL: http://mobile.blackberrytrade.com
Dari aplikasi itu kita bisa buang: Themes yang gak kepake, PTT (Push to Talk), Voice Activated Dialing (VAD), MDS, Ringtones. Dan ini relatif aman. Aplikasi ini bisa diapus kl udah selesai dipake.

Semoga bermanfaat ….

Topik berikutnya apa ya ? ;))

69 Responses to “Tips Blackberry #2 – Melegakan Memory Size”

  1. yudi Says:

    lamkenal …. mas dicky
    saya download applikasi di blackberryfreaks tp setelah saya mau insatll ke bbery via deskyop manager en apploader setelah saya temukan file muncul pesan no application additional in device found apakah bbery saya gak support

    thanks


  2. mungkin aplikasi nya gak support versi OS yg dipake … versi brp OS nya ?
    mungkin harus upgrade ke 4.5 dulu ;)

  3. ricky Says:

    Salam kenal mas, aku baru nih di bb. Aku pake BB 8320, n BIS aku lagi diurus n blm aktif. Tapi apakah aku masih bisa konek ke intnet dgn gprs aja (huruf kecil). N gimana settningnya. Aku pake tlkomsel.

  4. Yudi Says:

    halo mas dick …
    skrg saya pake bb 8320 en langganan BIS telkomsel terkadang saat download content tertentu selalu muncul download failed apa ini pengaruh jaringan , trus saya ingin ganti indosat apa harus reales PIN dulu tp saat saya ingin mengajukan ke i,sat tak ada paket unlimited paket unlimited hanya di berikan untuk push email bila ingin browsing dikenakan charge dari GPRS tolong pencerahannya dong thanks


  5. @ricky: ke options – tcp … masukin aja settingan apn biasa

    @yudi: biasanya jaringan telkomsel terlalu penuh jd browsing2 suka putus di tengah jalan … gak cuman tsel sih … tp yg plg sering ngalamin ya tsel :))

  6. bberyud Says:

    lam kenal mas ….
    saya baru beli BB belum sebulan BB saya 8320 , kenapa di saat battery tinggal 10% terkadang tombol esc tidak berfungsi
    bila ditekan keluar huruf hl dan bila ingin menulis sms atau ym selalu muncul hl di display padahal sy memencet tombol lainnya terima kasih


  7. baru denger nih … coba diupgrade dl aja ;)

  8. halim Says:

    sy pakai BB 8320 , sementara BIS belum aktif, di rmh ada wifi tp kok ngk bisa konek yah?? perlu setting apa aja mas? mhn petunjuk

  9. Iwan Says:

    Siang mas dicky…
    Saya beli BB 8310, tapi masalahnya tidak bisa browsing, iconĀ² YM, MSN, Google Talk, dan Browser tidak muncul. Tapi BB Messenger bisa dipakai. Tulisan GPRS sudah besar. Saya sudah coba cek lock atau suspend, semuanya ok. OS sudah saya upgrade ke 4.5.
    Saya pakai IM3, yang nonggol hanya icon i-GO dari IM3 dan Indosat WAP.
    Kenapa bisa gitu ya mas ?
    Mohon pencerahannya dunk mas…

    Terima kasih. ;)


    • di bagian menu yg ada icon2 … pencet tombol menu ato logo bb … trus pilih show all … nongol gak ?
      kl gak nongol ya harus install sendiri …

      contoh: http://www.blackberry.com/YahooDownload —> dari browser di BB

      • Iwan Says:

        Sudah show all, tetep gak ada.
        Sudah 2x install, malah yg kedua kali nya di wipe pake Jl_Cmder.
        Apa yg salah ya?
        Jadi Setting Option di Browser Configuration cuma ada ‘Indosat WAP’. Tidak ada Internet Browser seperti normalnya.
        Justru Browser bawaan dari BB nya tidak ada. Jadi kalo Browsing langsung ke WAP dan itu kena biaya per KB.
        BenarĀ² aneh nih 8310 nya…


      • kl emang gak ada … berarti service bb dari operator nya yg gak ada …
        bukan salah bb nya … antara langganan BIS nya belum aktif sempurna, atau emang problem di operator nya

  10. dzaki Says:

    hallo mas dicky…
    mau minta tolong nih….saya dibawain bb storm 9530 dari luar negeri ama temen saya dalam keadaan locked, trus saya coba unlock pake mfi buat 83xx, tapi ga bisa jalan (Masih insert simcard) trus saya coba beli unlock code buat storm, bisa tapi ga semua perator bisa, kadang kadang signal off, kadang2 simcard error, kadang kadang iinsert simcard, mohon bantuan solusianya mas
    thanks

  11. putra Says:

    bro dicky… salam kenal…

    saya baru pake BB…, tape di tempat saya aplikasi memopad nya ga ada… :(

    bisa kasih saya solusi nya gimana? atau link buat download.., jade ga bisa simpen data2… :(

    thx a lot…

  12. hendra Says:

    Mas dicky…. Os yg paling best mnrt mas OS versi brp? Untuk blckbery curve 8320… Bwaan gw pake oS 4.5 kq g ad bb mesenger ny…
    Thanks y jawaban ny mas..

  13. angga Says:

    Mas aku baru pake bb 8310.pada saat masukin lagu kenapa cuma bisa 1lagu.disitu ada tulisan maximum memory 3megabyte.padahal memori yang tersedia lebih dari itu….mohon penjelasanya.thanks

  14. hanif Says:

    mas mau tanya kok sd card 8320 saya kok gak ke detect yah di pc?
    apa klo pake DM cuma instal di internal memory ?
    sayapake DM V 4.7

  15. edwinnnnn Says:

    Mas mu tnya saya install maxmem,n remove theme.pas mu instal thme,kenapa ya ga muncul,pdahal theme uda terinstall..makasih..mohon tipsnya..


    • ada bbrp themes customize perlu themes ori …
      biasanya sih theme yg zen harus di-keep …

      disesuaikan dgn themes yg mau dipasang … kl model nya today, ya keep yg today, kl model nya zen, keep yg zen … dst dst

  16. Robin Says:

    Mas dicky, cara masukin themes yg didonload dr komp ke bb gimana caranya? thx ya.

  17. prasetya Says:

    om saya punya BB CURVE 8310 gk bisa dipake…dimasukin SIM card katanya invalid sim card??saya bawa ke Wii katanya belum di Unlog??bener gk??trus kok BB saya gk ada video recorder??trus kalo kirim video dari hp laen via bluetooth kok pas di puter di media gk bisa??macet2 gitu…apa gara2 beda format??perlu tidak di upgrade??thx

  18. Medico Says:

    om dicky mau tanya saya ada BB8310 kalo di upgrade yg berubah itu apa sich??apa graphic??katanya graphic bisa seperti bold??

  19. Prasetya Says:

    1.Kenapa yah kalo mau kirim lagu2 atau media gitu2 hanya bisa pake usage bluetooth di media??kalo di luar punya selalu connection unable gitu…

    2.om yg saya kirim dari nokia 5320 saya itu file na 3gp tp kok gk bisa puter??apa formatnya harus mp4??apakah kalo video na di upgrade OS 4.5 BB saya jadi ada video??trus bisa ntn video seperti halnya handphone lain??

    3.apakah om tau dimana tempat themes gratis??haruskah di extract??

    4.THX OM TELAH MENJAWAB SEMUA PERTANYYAN SAYA YG MEREPOTKAN/^^

  20. Prasetya Says:

    om aku mau tanya lagi…
    saya install desktop manager trus dah saya masukin MicroSD card di dalam BB na tp kok di dalam Desktop Manager na gk ada ya Media Card na??tp di hp na ke detect kyk free space na total space na

  21. sofyan Says:

    mas ak punya bb curve 8320 t mobile,, blackberry mesenggernya kok gaada ya, tapi kalau di aplikasinya ada,,
    gimana cara download bbmnya mas?
    download lgsg lwat hpnya bisa kan,

    ty sbelumnya nh,,,nh smua saya baca n sangat mmbantu bgd,, saya msih new di bb

  22. Sahferi Says:

    Selamat sore mas Dicky, saya pakai BB 8310 dan kartu XL kemaren saya sempat langanan on blackberry,setelah itu saya tdk aktifkan. otomatis GPRS besarnya jadi kecil. yang saya ingin tanyakan. bisanga saya chating pakai YM &G.talk,tampa berlanganan on blackberry. karna kalau saya mau browser ngak mau koneksi2 terus adakah aplikasi lain yg mendukung untuk saya bisa chating lagi. terimakaih mas Dicky!

  23. hermoyo Says:

    mas…mau tanya
    saya pake BB 8310 curve
    saya dowload free game dan free aplikasi dari PC
    yang saya tanyakan :
    1. file yang saya download selalu .zip dan setelah saya unzip ternyata isinya .jar dan .cod
    2. sedangkan yang dibutuhkan BB 3810 file .alx
    3. bagaimana cara memasukkan file .jar dan .cod biar bisa terinstall ke BB 8310 saya lewat DM
    4.tks


    • coba googling lg aja … cari link utk aplikasi yg sama … tp yg versi OTA …
      cara install nya ?
      masukan link yg ditemukan itu … lsg ke browser di bb … nanti lsg keinstall deh

  24. ichal faizal Says:

    mas saya pake BB 8320 baru nih,,koq kalau mau make videonya ada tertulis to record a video,insert a formatted media card,,trus klo di ok lansung ke menu utama itu gmna mas thanx ya atas jawabannya

  25. Vena Says:

    uii mas dicky… saia mo tanya nih..
    saya baru BB 8310 .. tapi pas beli udah di pakein kartu indosat(M3)… udah di setting semua pin dll… cuma yg aktif cuma gprs.. saia mo aktifin GPRS gimana yah???
    trus juga saia kok ga bisa memakai aplikasi fb yg saia DL… waktu saya log in… keluar bacaan seperti ini… Could not connect because a data service is not available…. dan bla bla bla… kenap kenapa kenapa??? makasiiiii

  26. ferry Says:

    mau tanya kenapa klo dwld theme, option theme kok nga ada padahal diadvance application ada bagaimana cara mengatasinya ? thx u

  27. agus rudy yanto Says:

    Slamat malam Mas Dicky…
    Mas BB 8310 saya ketika login FB kok gak bisa2 padahal email dan passwornya udah benar tapi ada tulisan : You are attempting to open a secure connection, but the server’s certificate is not trusted…jadi kalo pingin tau kode certificatenya dimana…ketika saya liat codenya pas saya masukin tidak cocok..mohon solisinya ya mas..Smga klrga mas Dicky selamat dunia dan akhirat..amiin mks mas

  28. reva Says:

    mas saya pakai bb 8320,dan ketika saya mau nelp,fban,atau hp dlm kondisi standby sering keluar kata2 “you are attempting to open a secure connection but the servers is not trusted,”dgn pilihan : continue,close connection,view certificate dan trust certificate” kmdn jk ke trust certificate keluar pilihan untuk memasukan pin padahal saya merasa blm pernah memasukan atau menginsert pin sama sekali…apa yg hrs saya lakukan agar kalimat td ga keluar2 lg ya mas,krn mengganggu jg sering bgt keluar soalnya…

  29. rangga Says:

    bro hpku bb curve 8320,menu aplikasix hilang semua pada gambar depan,cuma bisa nelp ama terima sms aja,tolong dong solusix,thaks ya

  30. dhanu Says:

    mas aku mau tanya neh…BBku tipe curve 8320 masalahnya pada memori pas dah masukin memori,BBnya detect ada memori tp tetep aja ga isa di format memorinya..trus BBnya cm bisa ngirim lwt bluetot,tapi ga isa nerima,apa kna virus dr hp ortu?krn n 70 ortu gua kayak gtu,isa ngirim tp ga isa nerima data..katanya memori full trus

  31. eva Says:

    mas.. mo nanya..
    setting theme BB dari hasil download gmna ya?? sy dah coba pke destop manager –> aplication loader –> add file theme, muncul comman No additional aplication design..
    gmana ya solusi nya??

  32. lilik riady Says:

    Dear Mas DWP
    saya pakai BB Bold 9000,belakangan ini BB saya sering muncul tulisan “you are attempting to open a secure connection, but the server’s certificate is not trusted” dengan berbagai option2 jawaban…saya juga sudah pastiin kalau time n date nya gak ada masalah, jd masalahnya ada dmn ya Mas? Pls bantuannya ya Mas, karena sangat mengganggu…atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih!

  33. ian Says:

    permisi mas dicky,,
    saya ad mslh ni ma bb 8320 saya,,
    tlng dbntu mas !!!
    saya br bli bb 8320,br 2 mnngu,,tb2 sinyal nya ilang trs sering restart sndri mpe skrg..
    tlng ksh solusi dan pencerahan mas ..
    trims sblum nya..


    • @ian: sinyal ilang sendiri … komponen IC RF (radio) nya udah rusak … harus diganti
      kl restart sendiri … kayaknya ROM nya juga rusak … lebih baik minta balikin duit /ganti barang ama penjualnya …

      itu barang rusak

  34. yoland Says:

    halo mas dicky,
    saya punya problem dengan BB curve 8320 saya. ketika baru beli kenapa ya memori internal saya hanya kurang lebih 6 MB? padahal seharusnya 64 mb (atau seperti kata mas dicky setelah di share operating system, system RAM dan storage at least 24 MB).

    lalu suara saya kalau ditelpon kecil sekali dan tidak jelas. dan active conversation YM dan MSN sebentar2 suka hilang..

    maaf saya jadi nanya banyak ya mas, ditunggu jawabannya ya. terima kasih sebelumnya :)

  35. rin Says:

    mas, mo tanya aku make bb curve 8320.
    file ku aku kox suka corrup sendiri ya, ampe jadi 0 bytes. padahal aku ngga ada masukkin apa”. aplikasi juga ngga instal yang macem”. cuma instal yang perlu aja.
    itu kira2 kenapa ya?
    platform ku : 2.7.0.92
    app version : 4.5.0.124(174)
    mohon bantuan nya, thanks a lot !

  36. bobby Says:

    halo mas slm knal..saya ada problem pic di ym ga muncul stelah format mmc bb javelin..udh sy coba cabut batrei,cabut memory tp ttp ga muncul profile picnya..knp ya mas n gmn solusinya??thx..:D

  37. kickykarma Says:

    Mas Dicky, saya salut dengan sampeyan…

  38. kickykarma Says:

    Saya ingin sekali berkenalan dengan sampeayan mas…..salam kenal dari saya

  39. putri Says:

    dear mas dicky,

    saya baru beli BB jevlin, gmana yah cara down load theme??? saya uda download tapi mau aktifin themenya masuk kemana?? di “options” tidak ada, saya cek via komputer themenya da tapi tidak bisa diaktifin.

    tolong bantu saya terima kasih.

  40. ebit Says:

    hello mas salam kenal
    mas aq pny bb 8320 tp memori internalnya tuh penuh.
    udah aku deleted theme n udah ada space tp pas aq restart
    koq memori yg free td jd “0” lg alis penuh lg memorinya,
    itu napa ya mas?
    tlong dibantu
    thx u

  41. Indra Nuno Says:

    Mas DIcky salam kenal,

    saya mau tanya, saya pakai bold 9000
    kemarin saya masukin micro SD card 4 GB
    di BB bisa detect, tapi saat konek ke PC via USB cable, kenapa memory drive-nya tidak muncul ya mas?

    saya sudah setting di memory status di BB untuk storage ON, dan Prompt saat konek sbg mass storage

    mohon informasinya mas

    terima kasih

  42. anes Says:

    Salam kenal mas,maaf sebelum nya saya mau tanya saya punya BB gemini,barang seken tp fisik ok,mslhnya dia kalo pgn di reinstall gak ke detect yg ke detech cuma FB MSN YM UBER,gak ada maps nya juga?mohon jawaban nya saya sudah pungsing hrs berbuat apa.makasih

  43. aris Says:

    Saya pake BB 9000,
    kenapa mediacard saya gak ke detect wktu dicolokin ke PC..???
    padahal settingan dah On semua,enable mass storage jg udah..
    jadi tiap saya pilih Enable USB Mass storage di menu pasti keluar gini..
    “Device memory and media card are not available because mass storage Mode is currently in use”!

  44. oktav Says:

    mas diky saya mau tanya
    saya pake bb 8310 second , bbm bisa sinyal ada
    tapi DP bbm g kluar , trus mau masuk email seting n bb app world , tulisanya cerificate not trusted gt , trus suruh masukin key store , saya coba no imei g bisa
    trus gmn solusinya ya mas , supaya busa trusted gt

    sebelumnya makasih mas diky

  45. lihun Says:

    Gimana caranya mindah tema dari memory interna ke external hp storm 9530


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

