Membuat WiFi Repeater *WDS*

December 27, 2005

Buat yang seneng maenan WiFi, mungkin tertarik untuk membuat WiFi Repeater, yang tujuannya untuk memperluas area WiFi yang udah ada tanpa menambah urusan dengan kabel.

Teknologinya disebut dengan WDS = Wireless Distribution System, di mana ada 1 WiFi Access Point yang utama dan WiFi Access Point lainnya sebagai repeater/relay.

1. Syarat pertamanya adalah: baik Access Point yang pertama maupun Access point repeater HARUS memiliki/mendukung fitur WDS. Pastikan dulu ttg hal ini!!!
2. Syarat kedua yang harus diperhatikan adalah: Authentication access point yang didukung dalam WDS hanyalah WEP 64/128 bit.
Dan semua Access Point yang terlibat dalam 1 koneksi harus menggunakan konfigurasi WEP yang sama persis.
3. Channel yang digunakan harus sama. Misal: Channel 3
4. Pastikan MAC Address repeater sudah diijinkan untuk konek pada Access Point utama.

Jika temen2 sudah memenuhi 4 syarat ini … maka yang perlu dilakukan hanya :
a. Aktifkan Wireless Bridging / WDS di semua Access Point yang ingin “digabungkan”
b. Catat MAC Address WiFi AP utama, lalu masukkan MAC Address itu ke WiFi repeater pada bagian WDS. Begitu juga sebaliknya.
c. Setting IP WiFi AP repeater sebagai bagian dari Network WiFi AP Utama
d. Matikan DHCP server di WiFi AP Repeater, krn DHCP akan diambil alih oleh WiFi AP Utama.

Catatan:
I. SSID tidak perlu sama
II. Ada kemungkinan beda Merk WiFi AP tidak bisa direlay
III. Sudah sukses dilakukan di Belkin F5D7231-4 sebagai WiFi AP Utama, JAHT WP-4001B2 sebagai WiFi AP Repeater.
IV. AP Utama tidak bisa mengaktifkan Mode Bursting tipe apa pun

Semoga bermanfaat ;)

174 Responses to “Membuat WiFi Repeater *WDS*”


  1. pertanyaan newbi di wifi, gimana caranya nge-cek fitur wds ??

    *serius, males googling*

  2. massaint Says:

    Musti liat di spek produk nya … itu hanya satu2nya! ;)

  3. bagushr Says:

    wow menarik euy..
    gue punya 2 buah wrt54gs yang terpisah (masing masing konek ke lannya) nah keduanya gue mo gabung.. pakai airpointpro outdoor 18DB (punya smartbrigde). pertanyaannya gimana caranya supaya sukses nyambung kedua jaringan tadi … ?

    boleh dong di bagi ilmunya…
    ke bagushr3@yahoo.com

    thanx sebelumnya …

  4. massaint Says:

    mustinya kl ngikutin yg aku tulis, bisa deh …

  5. handy Says:

    mas, jaht ato wp400 beli berapaan satunya? dimana? terus utk mas bagus, wrt54g versi berapa mas, mas bagus tinggal dimana ne? saya dibandung, mo minta2 infonya

  6. massaint Says:

    jaht sekitar 700rb, mending beli belkin or linksys deh … harga 600rb an tp lebih ok.
    utk wrt54g … pilih wrt54g versi dibawah 5 (1 s/d 4) or wrt54gs or 2rt54gl
    harga dari 600-800rb

  7. fajar Says:

    mas, kalo untuk rt rw net yang harganya gak terlalu mahal apa ya?

  8. massaint Says:

    paling ideal mungkin belkin ato linksys wrt54g ;)
    tinggal direlay aja

  9. wiwid Says:

    semua WDS mungkin sama yaks, kl yang di mikrotik konsep nya gmn

    wwd:roll:

  10. kelemahan Says:

    mas kalo kelemahan jaht dimana ya?
    saya udah pasang padahal jaraknya dekat tapi terkadang signalnya suka ilang saya coba cek ndk ketemu2 mudahan mas bisa membantu..
    makasi sebelumnya.

  11. massaint Says:

    kelemahan JAHT, emang soal sinyal nya … kurang kuat

    Keliatan dr penampilan fisik nya ;))

  12. dian Says:

    -kalo wrt54g ama wap54g bedanya apa???
    -trus kalo pake wrt54g apa harus daftarin mac addresnya ke servis providernya???

  13. massaint Says:

    WRT = wireless router
    WAP = wireless access point

    bedanya ? WAP gak punya fungsi sebagai gateway / router …

    sedangkan WRT = WAP + router

    WAP bisa “dianggep sama” dengan HUB.

    ——–

    Kl ISP yg perlu bukan MAC Address nya WAP tp ADSL modem / Cable Modem nya :D

  14. Dian Says:

    saya skrg punya wrt54g versi 5 trus saya pasang mengikuti wizardnya. sampai langkah ke-8. saya diminta memasukkan password..kalo untuk wrt54g v5 ini passwordnya apa ya??? soalnya saya masukkan password ‘admin’ tapi setelah itu jendela passwordnya masih tetap keluar lagi..

  15. massaint Says:

    u/ dian: coba ikutin petunjuk yang ada di manual book nya wrt54g. ;)

  16. thoby Says:

    gimana caranya untuk mendapat akses internet gratis via wifi dari daerah perumahan dan cara nembak ip addressnya?


  17. kayaknya kl gratis sih “agak” mustahil ya … kecuali ada yg mau ngasih.
    en setting dll nya tanya yg ngasih nya :D

  18. ABID Says:

    mas tolong dong
    aku ada linksys wrt54g
    trus ada alconASU24005g
    linksys jadi AP
    alcon jadi repeater
    udah aku set smua tapi kok setiap 10-20menit alcon ndak isa konek,
    harus restart alcon agar bisa konek lagi . begitu seterusnya,
    pliss help me, Mas Dicky


  19. hemmm mungkin problem nya di alcon nya.
    coba upgrade firmware nya dulu

  20. andi Says:

    mas mau nanyak nih, saya udah mendaftar di salah satu isp dan sekarang saya konec 24 jam. kalau saya beli wap54g dan saya pasang di rumah sebelah dengan settinggan yang sama pada komputer saya apa kira kira pihak isp tahu klo ada yang makek satu ip 2 orang.
    terimakasih

  21. ub3d Says:

    mas kalo jara point to point terlalu dekat hasilnya gmn ?
    malah bagus atau malah jelek?
    soalnya saya lakukan point to point, jarak kurang dari 1 km, tp hasilnya kok malah gak memuaskan. kenapa ya mas ?


  22. to andi:
    konek isp nya pake apa ? kl pake modem adsl / kabel … ip yg di LAN gak akan keliatan lsg.

    to ub3d:
    kl soal jarak, mending cek ke spek hardware nya.
    kl antar poin sih, makin deket makin bagus :D

  23. santo Says:

    mas klo usb wireless ad ga yang portnya firewire, aq dah gooling2 ga dapet juga, dan bisa ga di jadiin AP di instansi saya dan jarak nya berapa kilo tuh mas ???


  24. firewire kayaknya skrg ini baru dipake sbg kabel data / media transfer, belum sebagai interface utk colok hardware.

    beda ama usb yg singkatannya jg “Universal” Serial Bus ;))

    Kl access point yg biasa sih cuman kecil, kl ruangan terbuka sih bisa sampe 300m, tp kl bersekat … bisa2 cuman beda 1-3 ruangan doank.

  25. ARDI Says:

    met kenal ya mas dicky. mas bisa tolong saya? saya punya 2 wrt54g, maunya yg 1 jadi AP yg 1 nya jd repeater… bisa bantu seting detailnya dong… thank u banget ya mas..


  26. 1. pastiin bukan wrt54g ver 5 … yg bisa versi 1 – 4
    2. musti download firmware dr operwrt
    3. upgrade pake firmware dr openwrt yg support WDS … resiko gagal tanggung sendiri
    4. setting masing2 wrt ke mode WDS, trus authentication nya polos atau WEP, gak bisa WPA.
    dua2nya musti sama persis, paling beda ESSID aja.
    5. paling tambahin mac address lawan ke setting WDS td

    udah deh gitu aja garis besar nya

  27. ardi Says:

    mas tanya lagi dong, WRT54G selain bisa MAC Address Filter apa juga bisa juga utk bandwidch limiter utk masing2 MAC address.. thx u mas.


  28. mac address ama sebagai firewall sederhana doank paling.

    kl bisa canggih, cisco bisa bubar …. :p

  29. ardi Says:

    ok thx u infonya… :D

  30. Saiful Adi Says:

    saya sudah punya linksys WRT58G untuk buat reapeater bs ga dgn WRT58G juga /WAP58G ato apa ya bos?, saya sudah terlanjur beli WRT58G lagi . mohon pencerahan?


  31. coba cek aja di admin nya, ada fitur WDS gak

  32. Ellen Says:

    Mas, mo tanya donk. Sy punya AP alcon, trus mungkin dikerjain org, waktu mo log in, katanya salah. Jadinya ga bisa napa2in nih. Ada cara ga mas buat kembaliin username/password ke semula? Atau mungkin ada cara lain? Bantuin ya mas..
    Untuk PNN, jgn senggol klo ga ingin di senggol, oke??

  33. Ellen Says:

    Mas, mo tanya donk. Sy punya AP alcon, trus mungkin dikerjain org, waktu mo log in, katanya salah. Jadinya ga bisa napa2in nih. Ada cara ga mas buat kembaliin username/password ke semula? Atau mungkin ada cara lain? Bantuin ya mas..
    Untuk PNN, jgn senggol klo ga ingin di senggol, oke??


  34. coba cari tombol / lubang kecil di bagian belakang.
    teken/pencet pake pulpen selama 5-15 detik trus lepas … AP nya dalam kondisi nyala lho ya … perhatiin lampu power nya… biasanya ada perubahan.
    abis itu mustinya AP dalam kondisi seperti baru beli dr toko… semuanya default.
    Lain kali diprotek ya WiFi nya


  35. coba cari tombol / lubang kecil di bagian belakang.
    teken/pencet pake pulpen selama 5-15 detik trus lepas … AP nya dalam kondisi nyala lho ya … perhatiin lampu power nya… biasanya ada perubahan.
    abis itu mustinya AP dalam kondisi seperti baru beli dr toko… semuanya default.
    Lain kali diprotek ya WiFi nya

  36. Ellen Says:

    Gada nih mas tombol/lubang yg dimaksud. Alcon type ASU-24005 ini di manualnya juga gada cara untuk reset ke defaultnya. Gimana dong mas, pasti ada cara laen lagi deh. Tolongin yah mas..
    Thx lhoo…

  37. Ellen Says:

    Gada nih mas tombol/lubang yg dimaksud. Alcon type ASU-24005 ini di manualnya juga gada cara untuk reset ke defaultnya. Gimana dong mas, pasti ada cara laen lagi deh. Tolongin yah mas..
    Thx lhoo…

  38. anton Says:

    sorry numpang nanya nich, gw lagi demen ama dunia wireless, gw mau buat wds di salah satu perusahaan yang memiliki kurang lebih ada 15 gedung, jarak antar gedung 200-300 m, terus dalam satu gedung ada 10-20 cpu,cara conect-in agar semua gedung bisa berhubungan gmn ya??? trus mau nanya, sebenernya satu AP bisa memuat berapa client wire???? mohon bantuannya. THANKS….. c0_berengsek@yahoo.com

  39. anton Says:

    sorry numpang nanya nich, gw lagi demen ama dunia wireless, gw mau buat wds di salah satu perusahaan yang memiliki kurang lebih ada 15 gedung, jarak antar gedung 200-300 m, terus dalam satu gedung ada 10-20 cpu,cara conect-in agar semua gedung bisa berhubungan gmn ya??? trus mau nanya, sebenernya satu AP bisa memuat berapa client wire???? mohon bantuannya. THANKS….. c0_berengsek@yahoo.com


  40. kl antar gedung sejauh itu … kayaknya musti pake seri N deh.
    Trus kemampuan client per AP tergantung dr tipe ama merk, jarang disebut di box nya.
    tp kl yg AP biasa2 … stabil nya di angka di bawah 5 user.
    kayaknya sampe 20-30an jg masih ok. belum pernah nyoba lebih dr 30 user.


  41. kl antar gedung sejauh itu … kayaknya musti pake seri N deh.
    Trus kemampuan client per AP tergantung dr tipe ama merk, jarang disebut di box nya.
    tp kl yg AP biasa2 … stabil nya di angka di bawah 5 user.
    kayaknya sampe 20-30an jg masih ok. belum pernah nyoba lebih dr 30 user.

  42. sasal Says:

    bego lo tu salah

  43. sasal Says:

    bego lo tu salah

  44. hendra Says:

    numpang nanyah nih
    Link-Sys WRT54G, Bisa endak di jadikan Wlan “Penerima” tuk nangkap sinyal WIFI
    Di tempat saya ada sinyal WIFI yanf free conection, dari info yang sayan peroleh sih bisa tiggall pasang antena ext biar singnal yang di terima besar, i dah coba pakai WIFI laptop cuma signalnya kecil dan suka hilang,
    Pertanyaanya: gimana cara seting Link-Sys WRT54G biar dapat di fungsikan sebagai Wlan saja
    kira2 bisa tidak yah. Mohon bantuannya

    Thanks Hendra

  45. hendra Says:

    numpang nanyah nih
    Link-Sys WRT54G, Bisa endak di jadikan Wlan “Penerima” tuk nangkap sinyal WIFI
    Di tempat saya ada sinyal WIFI yanf free conection, dari info yang sayan peroleh sih bisa tiggall pasang antena ext biar singnal yang di terima besar, i dah coba pakai WIFI laptop cuma signalnya kecil dan suka hilang,
    Pertanyaanya: gimana cara seting Link-Sys WRT54G biar dapat di fungsikan sebagai Wlan saja
    kira2 bisa tidak yah. Mohon bantuannya

    Thanks Hendra

  46. hendra Says:

    oya sorry ada yang tertinggal
    info yang saya dapet juga mengatakan kita hanya memasukan SSID saja, ke Link-Sys WRT54G kita, tuk gimana lagi tuh caranya
    karena ini mau i cabai, mumpung belum beli, satu lagi info yang i terima juga lebih enak pakai alcon type yg 2xxx itu cuma pas i cek kok harganya selangit yah
    sekitar $170

    mohon bantuannya dan infonya yah

    hendra

  47. hendra Says:

    oya sorry ada yang tertinggal
    info yang saya dapet juga mengatakan kita hanya memasukan SSID saja, ke Link-Sys WRT54G kita, tuk gimana lagi tuh caranya
    karena ini mau i cabai, mumpung belum beli, satu lagi info yang i terima juga lebih enak pakai alcon type yg 2xxx itu cuma pas i cek kok harganya selangit yah
    sekitar $170

    mohon bantuannya dan infonya yah

    hendra


  48. mustinya sih pake fungsi wds itu bisa.
    coba aja pake linksys repeater aja, yg fungsi nya udah jelas


  49. mustinya sih pake fungsi wds itu bisa.
    coba aja pake linksys repeater aja, yg fungsi nya udah jelas

  50. ary Says:

    ehh.. bisa tolongin aku gak?…
    seting wds mikrotik dengan wds senao
    ecb3220… makacih.. banget

  51. ary Says:

    ehh.. bisa tolongin aku gak?…
    seting wds mikrotik dengan wds senao
    ecb3220… makacih.. banget

  52. Andy Says:

    Adakah cara untuk merubah Mac Address Outdoor Wireless? Misalkan Wifi client ingin masuk pada AP yg sudah di Filter? Apakah benar tidak ada konflik pada Mac Address yang saman? Terima Kasih

  53. Andy Says:

    Adakah cara untuk merubah Mac Address Outdoor Wireless? Misalkan Wifi client ingin masuk pada AP yg sudah di Filter? Apakah benar tidak ada konflik pada Mac Address yang saman? Terima Kasih

  54. Roy Says:

    MAC address yang dimasukkan itu MAC addressnya apa ?Router, Local Network atau Wireless ?Sy sdh cari Fitur WDS pada linksys WRT54GL, tp blm menemukan.Apakah Access Point tsb bisa digunakan sbg repeater ?Sy jg tdk menemukan Cr mengaktifkan Wireless Bridging pd Access Point tsb, mohon petunjuknya…ya ?! plz bantuin donk…..Thanks.

  55. Roy Says:

    MAC address yang dimasukkan itu MAC addressnya apa ?Router, Local Network atau Wireless ?Sy sdh cari Fitur WDS pada linksys WRT54GL, tp blm menemukan.Apakah Access Point tsb bisa digunakan sbg repeater ?Sy jg tdk menemukan Cr mengaktifkan Wireless Bridging pd Access Point tsb, mohon petunjuknya…ya ?! plz bantuin donk…..Thanks.


  56. Pertanyaan pertama jawabannya udah jelas:
    4. Pastikan MAC Address repeater sudah diijinkan untuk konek pada Access Point utama.

    Untuk LinkSys, musti diflush pake firmware dari OpenWRT dulu, kl Belkin udah ada dari beli.

    WRT54GL bisa sbg repeater kl dah pake OpenWRT.


  57. Pertanyaan pertama jawabannya udah jelas:
    4. Pastikan MAC Address repeater sudah diijinkan untuk konek pada Access Point utama.

    Untuk LinkSys, musti diflush pake firmware dari OpenWRT dulu, kl Belkin udah ada dari beli.

    WRT54GL bisa sbg repeater kl dah pake OpenWRT.

  58. Roy Says:

    Pak Dicky, thank atas jawabannya…tp sy msh belum jelas, bgmn cara flush pake firmware dari OpenWRT ?Makasih bnyk, mas…

  59. Roy Says:

    Pak Dicky, thank atas jawabannya…tp sy msh belum jelas, bgmn cara flush pake firmware dari OpenWRT ?Makasih bnyk, mas…

  60. Andria Says:

    P’ Dicky pengen nanya klo OpenWRT dengan DD-WRT itu apa bedanya?
    dan kira-2 fitur bagusan mana yah?
    Saya lagi mo coba ke Linksys WRT54GL V1.1 (DD-WRT V23 SP2) lg nyoba-2 confurasi WDS..

  61. Andria Says:

    P’ Dicky pengen nanya klo OpenWRT dengan DD-WRT itu apa bedanya?
    dan kira-2 fitur bagusan mana yah?
    Saya lagi mo coba ke Linksys WRT54GL V1.1 (DD-WRT V23 SP2) lg nyoba-2 confurasi WDS..

  62. Andria Says:

    P’ Dicky pengen nanya klo OpenWRT dengan DD-WRT itu apa bedanya?
    dan kira-2 fitur bagusan mana yah?
    Saya lagi mo coba ke Linksys WRT54GL V1.1 (DD-WRT V23 SP2) lg nyoba-2 configurasi WDS..

  63. Andria Says:

    P’ Dicky pengen nanya klo OpenWRT dengan DD-WRT itu apa bedanya?
    dan kira-2 fitur bagusan mana yah?
    Saya lagi mo coba ke Linksys WRT54GL V1.1 (DD-WRT V23 SP2) lg nyoba-2 configurasi WDS..


  64. beda project, tp kl gak salah sih ampir mirip2 …
    dua2nya pake Linux …

    http://en.wikipedia.org/wiki/DD-WRT

    http://en.wikipedia.org/wiki/OpenWrt

    kayaknya yg masih terus rajin develop si openwrt


  65. beda project, tp kl gak salah sih ampir mirip2 …
    dua2nya pake Linux …

    http://en.wikipedia.org/wiki/DD-WRT

    http://en.wikipedia.org/wiki/OpenWrt

    kayaknya yg masih terus rajin develop si openwrt

  66. Dicky Says:

    pak Dicky, saya mo tanya itu radio yg di jadikan AP+WDS (repeater) itu gak bs dijadikan client yah? cuma sebagai repeater tok kan? maaph saya baru d bidang ini… thanks.

  67. Dicky Says:

    pak Dicky, saya mo tanya itu radio yg di jadikan AP+WDS (repeater) itu gak bs dijadikan client yah? cuma sebagai repeater tok kan? maaph saya baru d bidang ini… thanks.


  68. setau saya gak bisa ….

    kl dah jadi client kan … artinya musti bisa otentikasi … setting ip … etc etc …

    mungkin ada brand yg udah bisa … tp aku gak tau :D


  69. setau saya gak bisa ….

    kl dah jadi client kan … artinya musti bisa otentikasi … setting ip … etc etc …

    mungkin ada brand yg udah bisa … tp aku gak tau :D

  70. syaiful Says:

    Aku mau pasang LAN yang jaraknya krng lebih 50 – 100 m, pake AP apa yang mendukung LAN aku tsb dan perangkat apa saja yang aku siapkan. Tlng yach mas Dicky.

  71. Andy Says:

    saya punya 2 bh AP jaht wp4001br2,mau dipakai digedung 2 lt, posisi AP1 di lt2 untuk repeaternya(AP2) dilt1,minta tolong gmn cara setting AP1&AP2 untuk bisa sbg WDS,menu pilihannya ada APmode,Station Adhoc,station infrastructure,AP Bridge point2point,AP Bridge Point2multipoint,AP Bridge WDS dan Universal repeater.Thanks ya sebelumnya…

  72. adyyy6750 Says:

    mas Dicky, saya juga punya permasalahan yang sama dengan mas Andy, merknya juga sama, tetapi saya sudah berhasil mengkoneksikan AP1 dengan internet dan AP2 yang saya fungsikan sebagai station-Infrastructure juga bisa koneksi ke internet, dari AP2 saya sambungkan ke Router TP-Link, tetapi TP-Linknya gak mau koneksi ke Internet, sedangkan kalau di PING dari TP-Link ke AP2 dan ke AP1 serta gatewaynya mau. mohon bantuaannya udah 2 bulan blon berhasil di utak atik, dan terimakasih sebelumnya

  73. JackTheRabbit Says:

    mas Dicky mo nanya dikit nih, maklum sangat2 nubie…
    rencananya aku mo bikin koneksi inet dirumah aku pake wifi, dirumah langganan fastnet dan aku punya DLink DWL-G700AP (WAP).. gimana caranya biar bisa bagi koneksi inetnya ke 2 lapie aku?

    IP DLinknya 192.168.0.50 kok gak bisa muncul yah?

    mohon pencerahannya dong masDicky..

    thanks sebelumnya…

  74. ipunk Says:

    Pak dicky tolong bantu saya..untuk pertama saya ga tau tentang wireless sama sekali,nah saya dapat tugas buat set linksys WRT54G or WRT300N untuk semntara buat 10 pc n buat kabelnya juga pake 10 pc dengan switch cisco catalyst,apakah ada sedikit panduan buat set koneksi itu?trus apa perbedaan WRT54G n WRT300N?kalo cuman buat router biasa mending yang mana?sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  75. ipunk Says:

    Pak dicky tolong bantu saya..untuk pertama saya ga tau tentang wireless sama sekali,nah saya dapat tugas buat set linksys WRT54G or WRT300N untuk semntara buat 10 pc n buat kabelnya juga pake 10 pc dengan switch cisco catalyst,apakah ada sedikit panduan buat set koneksi itu?trus apa perbedaan WRT54G n WRT300N?kalo cuman buat router biasa mending yang mana?sebelumnya saya ucapkan terima kasih


  76. pake wrt54g aja, 300N itu utk class-N yg jelas masih mahal. (fungsi sama aja)
    setting linksys mending ngikutin CD yg ada didalemnya.
    ya tinggal design koneksi fisik nya aja ;)


  77. pake wrt54g aja, 300N itu utk class-N yg jelas masih mahal. (fungsi sama aja)
    setting linksys mending ngikutin CD yg ada didalemnya.
    ya tinggal design koneksi fisik nya aja ;)

  78. ryosaeba Says:

    om.. wap yg bisa jd repeater yg paling murah tp bagus dan bisa di kawinin sm punya linksys apa ya ..???

  79. ryosaeba Says:

    om.. wap yg bisa jd repeater yg paling murah tp bagus dan bisa di kawinin sm punya linksys apa ya ..???


  80. belkin palingan … yg 2 antene … kl gak JAHT


  81. belkin palingan … yg 2 antene … kl gak JAHT

  82. Coekai Says:

    Pak Dicky, bantuin donk…ini saya mo tanya Gimana cara merubah MAC address AP oudoor atau ada gak Program untuk merubah MAC Radio Akses Point kebetulan AP yang saya Pake Smartbridges SB2510. kalau ada bantu dimana saya dapatkan link nya.

  83. Coekai Says:

    Pak Dicky, bantuin donk…ini saya mo tanya Gimana cara merubah MAC address AP oudoor atau ada gak Program untuk merubah MAC Radio Akses Point kebetulan AP yang saya Pake Smartbridges SB2510. kalau ada bantu dimana saya dapatkan link nya.


  84. waduh belum pernah ngoprek ginian :D
    maap ya ;)
    entar kl dah pernah en sukses, bakal ditulis deh


  85. waduh belum pernah ngoprek ginian :D
    maap ya ;)
    entar kl dah pernah en sukses, bakal ditulis deh

  86. hidayat Says:

    AP indoor yang bagus dan murah merek apa yach ? Kalo gak salah AP indoor bisa buat outdoor, gi mana nih caranya

  87. hidayat Says:

    AP indoor yang bagus dan murah merek apa yach ? Kalo gak salah AP indoor bisa buat outdoor, gi mana nih caranya


  88. indoor, pake aja belkin / dlink.
    dipake buat outdoor ? ya tergantung kemampuan sinyal aja … kl seri N biasa kan cuman 100m max itu pun tanpa halangan.


  89. indoor, pake aja belkin / dlink.
    dipake buat outdoor ? ya tergantung kemampuan sinyal aja … kl seri N biasa kan cuman 100m max itu pun tanpa halangan.

  90. Iyank Says:

    Mas mo tanya, aku punya WRT 3com 4 trus yang 3 mo dijadiin AP udah ikutin semua petunjuk mas, aku pakai IP Static ketika di ping kok koneksinya gak bagus, padahal jaraknya cuma sekitar 10 meter membetuk segi 4, mohon pencerahannya mas…

  91. Iyank Says:

    Mas mo tanya, aku punya WRT 3com 4 trus yang 3 mo dijadiin AP udah ikutin semua petunjuk mas, aku pakai IP Static ketika di ping kok koneksinya gak bagus, padahal jaraknya cuma sekitar 10 meter membetuk segi 4, mohon pencerahannya mas…


  92. gw gak terlalu tau teknis nya
    tp mungkin sinyal nya saling mengganggu.

    bagusnya sih garis lurus aja … en mungkin cukup 2 aja … ditaroh pas tengah2 (membagi 2)


  93. gw gak terlalu tau teknis nya
    tp mungkin sinyal nya saling mengganggu.

    bagusnya sih garis lurus aja … en mungkin cukup 2 aja … ditaroh pas tengah2 (membagi 2)

  94. Iyank Says:

    Mas, aku beli WRT 4buah karna sudah keperluan untuk di area yang luas. aku hanya lakukan simulasi saja. bisa gak kasih tau konfigurasi yang bagus agar 3 wrt tersebut jadi repeater?

  95. Iyank Says:

    Mas, aku beli WRT 4buah karna sudah keperluan untuk di area yang luas. aku hanya lakukan simulasi saja. bisa gak kasih tau konfigurasi yang bagus agar 3 wrt tersebut jadi repeater?


  96. berhub gak ada wrt 3com nya … jd gak bisa ngasih saran.
    yg jelas sih … kl mo wifi lebih stabil, pisahin fitur dhcp, dns, firewall ke tempat laen … misal pc sendiri.
    dijamin wifi lebih stabil


  97. berhub gak ada wrt 3com nya … jd gak bisa ngasih saran.
    yg jelas sih … kl mo wifi lebih stabil, pisahin fitur dhcp, dns, firewall ke tempat laen … misal pc sendiri.
    dijamin wifi lebih stabil

  98. Coekai Says:

    Pak Dicky, saya mau memanfaat kan Komputer Pentium II saya yang lama. setelah saya installkan Mikrotik dan saya mau membridgenya, satu saya pakai ethernet card dan satu lagi pakai PCMCIA adapter dengan PCMCIA cardnya Orinoco Wireless card( sayang kalau tidak digunakan ). apakah bisa saya bridge dari ethernet dan PCMCIA card ini, dan bagaimana kalau PCMCIA ini dijadikan saja Akses Point ( AP ). bantuin dong langkah apa yg perlu saya lakukan untuk menset mikrotiknya? karena sya sudah coba otatk atik belum berhasil. ( maklum baru belajar Mikrotik ) terimakasih atas bantuannya.

  99. Coekai Says:

    Pak Dicky, saya mau memanfaat kan Komputer Pentium II saya yang lama. setelah saya installkan Mikrotik dan saya mau membridgenya, satu saya pakai ethernet card dan satu lagi pakai PCMCIA adapter dengan PCMCIA cardnya Orinoco Wireless card( sayang kalau tidak digunakan ). apakah bisa saya bridge dari ethernet dan PCMCIA card ini, dan bagaimana kalau PCMCIA ini dijadikan saja Akses Point ( AP ). bantuin dong langkah apa yg perlu saya lakukan untuk menset mikrotiknya? karena sya sudah coba otatk atik belum berhasil. ( maklum baru belajar Mikrotik ) terimakasih atas bantuannya.


  100. waduh … belum pernah nyoba jg.
    kl pake pII, mo pake linux ? memorynya brp ya … kasian aja kl dipakein distro2 yg baru … ;))
    kl ada alatnya, mungkin bisa ta’ cobain :D


  101. waduh … belum pernah nyoba jg.
    kl pake pII, mo pake linux ? memorynya brp ya … kasian aja kl dipakein distro2 yg baru … ;))
    kl ada alatnya, mungkin bisa ta’ cobain :D

  102. Coekai Says:

    kalau memorynya saya rasa sudah bisa dibilang cukup, karena memorynya saya kasih 128MB. dan kalau 2 ethernet card sudah bisa di brige. apakah card PCMCIA ini tidak bisa di bridge ya?

  103. Coekai Says:

    kalau memorynya saya rasa sudah bisa dibilang cukup, karena memorynya saya kasih 128MB. dan kalau 2 ethernet card sudah bisa di brige. apakah card PCMCIA ini tidak bisa di bridge ya?

  104. indah Says:

    mas dicky sy mo nanya nih,bisa ga buat wifi sendiri tuk di rumah,sy lihat di tv anak murid di daerah jkrt(sy lupa nama sklhnya,.)mereka bisa membuat wifi dgn alat rumah tangga,contohnya pakai panci sbg pemancarnya,.kalau bisa gmn cara membuatnya & alat2 nya apa saja?tQ

  105. indah Says:

    mas dicky sy mo nanya nih,bisa ga buat wifi sendiri tuk di rumah,sy lihat di tv anak murid di daerah jkrt(sy lupa nama sklhnya,.)mereka bisa membuat wifi dgn alat rumah tangga,contohnya pakai panci sbg pemancarnya,.kalau bisa gmn cara membuatnya & alat2 nya apa saja?tQ


  106. o ya ?
    logika nya sih, wifi itu perlu rangkaian elektronik dan board dengan chipset khusus … bukan sesuatu yg dapat dirakit dr peralatan rumah tangga.
    kl antena nya aja digantikan oleh panci … emang bisa.
    nalar aja … kl orang bikin wifi pake driver biar bisa dipake ama windows … kl pake panci doank, drivernya sapa yg bikin ya? chef deden? :D


  107. o ya ?
    logika nya sih, wifi itu perlu rangkaian elektronik dan board dengan chipset khusus … bukan sesuatu yg dapat dirakit dr peralatan rumah tangga.
    kl antena nya aja digantikan oleh panci … emang bisa.
    nalar aja … kl orang bikin wifi pake driver biar bisa dipake ama windows … kl pake panci doank, drivernya sapa yg bikin ya? chef deden? :D

  108. charlie Says:

    saya mo tanya dong pak dicky saya sudah pasang antena griet untuk jarak kurang dari 2 km saya dua-duanya mengunakan antena griet saya sudah samakan arahnya dan mengunakan linksys wap54g (access point) dua-duanya dan kenapa tidak bisa konek ( connect nya mati hidup ) bagaimana cara ngepointing antena tanpa mengunakan gps dan untuk kabel dc nya saya mengunakan kabel biasa langsung keatas tidak pakai kabel utp apa pengaruh pak dicki ok thank

  109. charlie Says:

    saya mo tanya dong pak dicky saya sudah pasang antena griet untuk jarak kurang dari 2 km saya dua-duanya mengunakan antena griet saya sudah samakan arahnya dan mengunakan linksys wap54g (access point) dua-duanya dan kenapa tidak bisa konek ( connect nya mati hidup ) bagaimana cara ngepointing antena tanpa mengunakan gps dan untuk kabel dc nya saya mengunakan kabel biasa langsung keatas tidak pakai kabel utp apa pengaruh pak dicki ok thank

  110. deni Says:

    mas dicky saya mohon bantuannya saya punya wrt54g ver.7 saya koneksikan ke internet ok dan wap 54g saya sambungkan mac adres nya wrt54g ke wap 54g ok untuk internetnya tapi permasalahan saya kok saya koneksikan wap54g yang satu lagi gak bisa koneksi internet mas dan selalu limited or conectivity giman mas ya caranya untuk koneksikan yang satu lagi itu mohon penjelasannya mas terima kasih atas bantuannya mas

  111. johan Says:

    mas bisa ga WRTG54G dijadiin AP Utama dan JAHT WP4001BR untuk repeater? Gimana cara settingnya..tolongin banget nih mas..bisa juga balas via email yah..makasih banget kalo mas mau menjawabnya…Regards.

  112. johan Says:

    mas bisa ga WRTG54G dijadiin AP Utama dan JAHT WP4001BR untuk repeater? Gimana cara settingnya..tolongin banget nih mas..bisa juga balas via email yah..makasih banget kalo mas mau menjawabnya…Regards.


  113. JAHT support WDS kl saya liat di web nya.
    cara setting nya sama kayak yg udah ditulis koq ;)


  114. JAHT support WDS kl saya liat di web nya.
    cara setting nya sama kayak yg udah ditulis koq ;)

  115. Anggy Says:

    Mas Dicky saya mau tanya, memangnya bisa yaa seting WDS tapi SSID nya beda?
    Bukannya klo mau konekin 2 AP melalui WDS mesti disamain dulu SSID nya..
    Thx

  116. Anggy Says:

    Mas Dicky saya mau tanya, memangnya bisa yaa seting WDS tapi SSID nya beda?
    Bukannya klo mau konekin 2 AP melalui WDS mesti disamain dulu SSID nya..
    Thx


  117. anggy: terakhir coba sih bisa tuh pake belkin + jaht


  118. anggy: terakhir coba sih bisa tuh pake belkin + jaht

  119. Rizal Says:

    coba kunjungi Website ini

    http://panyoet.page.tl/Linksys-DD_WRT-WRT54G-s-GS-s-GL-Sebagai-Repeater–k1-WDS-k2-.htm

    untuk melihat lebih detail tentang Repeater/WDS di DD-WRT Linksys WRT54G/GL/GS.

  120. Rizal Says:

    coba kunjungi Website ini

    http://panyoet.page.tl/Linksys-DD_WRT-WRT54G-s-GS-s-GL-Sebagai-Repeater–k1-WDS-k2-.htm

    untuk melihat lebih detail tentang Repeater/WDS di DD-WRT Linksys WRT54G/GL/GS.

  121. herusss Says:

    bosss saya sudah inject wrt54gl pake openwrt tapi bikin bingung, gimana caranya supaya bisa balik lagi ke firmware aslinya biar bisa di inject sama ddwrt(agak mudah settingnya)..PLEASE DEH BOSSS TULUNGIN

  122. herusss Says:

    bosss saya sudah inject wrt54gl pake openwrt tapi bikin bingung, gimana caranya supaya bisa balik lagi ke firmware aslinya biar bisa di inject sama ddwrt(agak mudah settingnya)..PLEASE DEH BOSSS TULUNGIN

  123. Ricko Says:

    buat ellen, coba download manual book Alcon ASU-24005g di http://www.alcon-stc.com.tw/support_download.htm
    semua complet buat ngereset tuh AP

  124. Ricko Says:

    buat ellen, coba download manual book Alcon ASU-24005g di http://www.alcon-stc.com.tw/support_download.htm
    semua complet buat ngereset tuh AP

  125. Kioswireless Says:

    kalo mau kita ada perangkat wireless dah outdoor, support WDS, harganya cuma 900rb, kalo minat bisa japri ajah ke YM kioswireless.

  126. Kioswireless Says:

    kalo mau kita ada perangkat wireless dah outdoor, support WDS, harganya cuma 900rb, kalo minat bisa japri ajah ke YM kioswireless.

  127. moengoet Says:

    Pak Dicky, mo numpang nanya,
    klo ada lebih dari 2 ap (misal. 5) mo digabungkan menggunakan WDS gmn ya settingnya?

    masing2 dimasukkin 2 mac address ap yg lainnya?
    koq malah error, di ping suka RTO stlh 1 menit nyala!

    tq seblmnya

  128. pEmUla MikROTIk Says:

    mas minta tolong donk….. Saya punya alat Routerboard 133 (2bh) lengkap dengan antena grid, tadinya untuk dipasang menjadi AP dan Client. dan hotspot menggunakan wireless-g EOC-3220. Minta caranya atau kalo bisa dimana saya bisa dapat referensi itu….. rahman_idp@yahoo.com… trims’s

  129. pEmUla MikROTIk Says:

    mas minta tolong donk….. Saya punya alat Routerboard 133 (2bh) lengkap dengan antena grid, tadinya untuk dipasang menjadi AP dan Client. dan hotspot menggunakan wireless-g EOC-3220. Minta caranya atau kalo bisa dimana saya bisa dapat referensi itu….. rahman_idp@yahoo.com… trims’s

  130. roh7100 Says:

    mas lam kenal,
    saya punya tplink wr642 sebanyak 2 (dua) buah. rencana yang satu dibuat repeater dari yang lainnya. mohon petunjuk bagaimana caranya? trims

  131. wan fahmi Says:

    mas minta tolong, saya punya AP outdoor merk Linko yang dijadikan AP utama, trus AP WAP54G, gmn kira2 bisa gak WAP54G dijadikan reapeter


  132. guys … sorry gw belum ngoprek sejauh kalian … oprekan gw baru sebates yg gw tulis di sini ;)

  133. Farhan Says:

    Saya pakai Asus WL500W (Rp. 1.100.000,- Mei 2008)
    dijadikan Ap Utama dengan channel Auto

    Dan dua buah AP Repeater TPLink TL-WA601G (Rp. 400.000,- Mar 2009)

    Bisa berjalan baik, tinggal Set Repeater (WDS=on) ada juga option Universal Repeater (WDS Off) dan masukkan MAC Ap Utama di AP Repeater.

    Duh maaf belum coba2 yg laen …(misal pake channel sama) soalnya pas lagi setting ehh laptop nya panas (Toshiba A70, P4 3.0 GHz) Metong deh …

    Iklan : Dapet dollar dari internet Klik saja

    http://bux.to/?r=nahraf

  134. dhikadhuan Says:

    mas,gw mo pake belkin universal repeater F5D7132 mo dijadikan dia sebagai repeater dan dwl 2100 sgb.AP utama. Ada yang bingung dg SSID dan Parent AP SSID yang terdapat dlm settingan belkin, kalau parent AP SSID itu kan ssid ap utama dan ssid adalah id si repeater tsb. Yang jadi pertanyaan apakah ssid dan parent ap ssid harus sama atau boleh beda? lalu nanti yang dipake oleh client ssid repeater atau parent ap ssid?


    • tiap merk en tipe kadang punya pengertian beda2 ya …
      tp di percobaan selama ini … SSID tidak perlu sama …

      ada bbrp wifi yg baru menggunakan metode repeater baru bukan WDS … tp menjadi client utk AP utama dan sekaligus menjadi access point utk sharing …
      jd kayak internet sharing …


  135. Bisa ndak ya, AP dengan Senao SL2611CB3+ , trus Repeater menggunakan WAP52G?..
    kalo bisa…
    kasih tutorial nya dong…
    terima kasih


  136. Mau tanya nich…. saya ada dua buah access point yg satu Senao ECB-3220 satu lg Senao EOC-2610. saya mw tanya apa munkin salah satau AP tersebut bisa di jadikan Repeater??jika y yang mana??kl gag salah dua2nya sudah support WDS. yg jadi mslh satau lg AP utama IP nya DHCP. ap bisa saya gunakan repeater supaya signalnya bsa bagus di tempat saya??saolnya skrng ituch ada gedung sama pohon yg ngalangin jadi saya gunakan repeater. jaraknya cuma 500 meter. jika ingin lihat detailnya silahakna klik link ini….

  137. entoz Says:

    saya mau tanya pak.. apakah alat yang dipake buat repeater bisa juga langsung jadi AP? maaf, baru main wifi..


  138. WDS itu klo ga salah..ip yg di detect di ap utamanya adalah mac ap nya, bukan mac clientnya..jadi klo ada authentikasi di server ga bisa jalan…
    kecuali di set semua mac nya di ap wds nya…kalo client banyak repot juga..
    dan bandwidthnya turun dah..klo da rame usernya pasti drop bandwidth dan sinyalnya..

    nice tutorial and info..

  139. arif Says:

    met sore pak?
    blh tanya tdk?saya minim sekali mslh ini
    Saya punya minitar mwgar,kira2 bisa tdk digunakan untuk merepeater hotspot indor milik salah satu dinas pemerintah di daerah saya,,kebetulan saudara saya rumahnya dekat dinas tersebut,rencana mau ssaya tempatkan disana.
    nah kalau bisa kira2 perangkat apa lagi yg dibutuhkan untuk membuat repeater tersebut?kemudian bagaimana cara settingnya?mohon sekali bantuannya..akses internet daerah cuma disitu

  140. PUSHING Says:

    WAH SEMUA TANYA SIAPA YANG JAWAB NICH…

  141. uya Says:

    mau tanya. sy punya alcon asu 24005g. tapi lupa username dan passwordnya… ada solusi ??

  142. hanniego Says:

    mas diky tolong kasi tau, gimana matikan user yang connect ke 1 AP. ya buat jahil aja……hehe….tolong kirimin ke email saya yah

  143. bowie Says:

    mas, mo tanya nih. saya beli linksys wag160n, tp jaraknya masih kurang, trus saya beliin belkin range extender 2 pcs jd adsl linksysnya saya taruh ditengah2. saya sudah setting belkinnya tapi kenapa ya sudah bs dideteck di laptop bisa tapi kok ga bisa masuk ke internetnya??? please ditunggu jawabannya. thx a lot ya.

  144. rumahagnes Says:

    Mas salam kenal ya, kemarin saya baru seting untuk rt i-net dengan antena standard milik Linksys WRT54GL yang saya sudah Upgrade firmwarenya menjadi tomato version 2.5, yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana cara seting JAHT BR4001 yang nantinya saya fungsikan sebagai pengguat sinyal dari WRT54GL agar daerah yang minim sinyal bisa ter-recover oleh repeater tersebut.
    Terima Kasih ya Mas.

  145. Heri Says:

    Mas mau tanya…jarak maksimum jangkauan ALCON ASU 24005g brp ??

    Gmn cara ngeset jarak jangkaunnya ?

  146. alex Says:

    mas…. klo wrt54g ver.7 bs nggak d upgrade jd dd-wrt… soft ny bs gw dapetin dmana ya… tengkyu ya mas

  147. kamal Says:

    siang boos, mo nanya berapa jumlah maksimal AP yang bisa direpeater. (saya punya kerjaan masang wifi di area resort. area yang harus di cover wifi adalah aulanya. router ada di recepsionis. jarak antara aula dan recepsionis sekitar 120m. lapangan terbuka banyak pohon.) jadi pertanyaan saya kira2 berapa jumlah AP yang saya butuhkan, dan bisa gak dari Repeater 1 di repeat lagi ke AP yang selanjutnya, dan lagi . . . tanks banget kalo bisa kasih solusi.


    • setau saya sih gak ada batasan jumlah nya … asal sinyal nya masih ok aja …
      utk jumlah AP yg diperlukan … harus dicoba lsg di lapangan …

      1. perhatikan kemampuan si access point nya dulu … brp meter kualitas sinyal masih ok (saran sih kl pake windows masih Good / Very Good)
      jgn dipaksa di batas plg jauh …

      2. a — b — c — d … ini seharusnya bisa ;) tp hrs dicoba … mungkin tiap merk ap suka beda2 juga … limitasi dr firmware nya

  148. indra Says:

    Sorri mas, saya udah punya sena 2610 dan JAHT 4001BR, apakah itu bisa dijadikan main AP( senao 2610) dan Repeater ( JAHT 4001BR)

  149. Aldy's Says:

    Mas mau tanya nih klo seting WDS Repeater di AP Power king 1 Wat…mohon bantuannya waduh mentok nih ^-^

  150. Cinhau Says:

    Bos, kalau saya di rumah mau pasang repeater gitu untuk wifi gimana ya?

    Wifi Router yg sudah ada tipe-nya : 3com 3CRWER20075 Access Point + Router 4 Port 108 Mbps Wireless

    apa perlu beli 1 lagi dengan tipe yang sama?
    Trus settingan-nya ribet ga ya kira”?

    Thanks…

  151. Gunta Akhiri Says:

    Barusan saya bikin konfigurasi repeater. AP Utama: SMC, AP Repeater:TP-Link WR5110G. Kelihatannya sih berhasil, besok mau dicek lagi….

  152. iswanto Says:

    Pak Dicky saya langganan internet Fastnet tapi saya keliru beli yang Linksys WAG160N yang untuk ADSL, bisakah alat tersebut tetap saya gunakan untuk hotspot

  153. kiky Says:

    Mas, mau tanya..
    saya mempunyai belkin N1 sbg router (di lantai 1) & belkin universal repeater F5D7132 sebagai repeater (di lantai 2).
    permasalahannya untuk SSID yg sama (default) dari keduanya, client tdk bisa deteksi repeater (hanya router saja) sehingga sinyal tetap low, padahal status keduanya (router&repeater) sudah konek.

    jika saya ganti SSID repeater (SSID parent tetap sama), client dapat mendeteksi repeater dan konek ke internet, tapi hanya beberapa saat, koneksi terputus dan kadang2 tersambung kembali. begitu seterusnya..

    apa yg kurang ya mas..?? mohon pencerahannya, terima kasih.

  154. devianto Says:

    mas mohon bantuannya.
    saya punya rb133 dan linksys wap54g
    saat ini saat buat aksespoint dengan linksys wap54g
    saya ingin menjadikan rb133 untuk manajemen usernya. caranya gimana ya?

  155. azizk Says:

    cara setting nembak hotspot dengan AP WA5110G gimana sih detailnya?….pusing nih 1 minggu blm bisa bisa… padahal dah dapet signal 20-30 db dan security OFF…..
    di survey dan di save..dinamic, tp gak nyambung2/connect2

    help me
    aziz Kurniawan

    aziz.kurniawan@yahoo.co.id

  156. ibhe Says:

    gaan ane punya masalah nih.ane punya 2 wifi router belkin dengan fastnet gimana caranya biar bisa konek 22 nya

  157. adhy Says:

    gan ane punya masalah… ap utama wa5110g..
    ap kedua wa501g sedangkan ap ketiga wa5110g

    nah servernya rb750 … masalahnya muncul ketika,.,, ap ketiga ane mau di repeater dari ap kedua.. eh ga bisa – bisa…
    padahal di ap utama di repeater ap kedua udah berjalan sukses.. tinggal ap ketiga… apakah mode yang harus saya pake mas ??
    semua ap merek Tp-link ..

  158. nurbaut Says:

    mas mo tanya sy punya tp link wa701nd, sy setting sbg client mode berhasil/bisa internetan. Waktu sy setting sbg repeater kok ga bisa ya….tolong dibantu cara nyettingnya…AP utama pakai linksy wrt310n…trims

  159. Aziz.k Says:

    cara setting nembak hotspot dengan AP WA5110G gimana sih detailnya?….pusing nih 1 minggu blm bisa bisa… padahal dah dapet signal 20-30 db dan security OFF…..
    di survey dan di save..dinamic, tp gak nyambung2/connect2

    help me
    aziz Kurniawan

    aziz.kurniawan@yahoo.co.id

  160. Aziz.k Says:

    cara setting nembak hotspot dengan AP WA5110G gimana sih detailnya?….pusing nih 1 minggu blm bisa bisa… padahal dah dapet signal 20-30 db dan security OFF…..
    di survey dan di save..dinamic, tp gak nyambung2/connect2

    help me
    aziz Kurniawan

    aziz.kurniawan@yahoo.co.id

  161. alfian Says:

    haaloo saya mau tanya, saya mau pasang jaringan wireless untuk hotel berlantai 3, tp link 5110g jadi setiap lantai saya pasang 3 buah bagai mana caranya menset setiap lantainya agar tidak bentrok dengan lantai 2 dan 3 jadi setiap lantai diberinama lantai1,2,dan3 dengan menggunakan wds tolong dibritahu caranya dong pless

  162. fijarjack Says:

    mas mau nanya kalo misalnya salah satu gak punya fitur WDS bisa gak tuh?

    kalo misalnya gak bisa, kalo update dd-wrt bisa gak tuh?\

    thanks sebelumnya mas.

  163. jool lena Says:

    mas numpang nanyak,,,,,apa beda d-link dwlg-700ap dengan wrt 54 g


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

